Tips Belanja di Grand Bazaar Istanbul

Asuransi PerjalananTravel

Jika Anda mencari pasar yang punya sentuhan seni Grand Bazaar Istanbul di Turki adalah jawabannya. Selain menyuguhkan penganan dan souvenir khas Turki, pengunjung juga dimanjakan dengan arsitektur pasar yang indah.

Dikenal sebagai pasar kuno tertua di dunia, Grand Bazaar Istanbul menjual beragam pernak perik khas Turki. Setiap harinya ada sekitar 400ribu pengunjung dari berbagai negara mengunjungi pasar ini. Dibangun oleh Sultan Mehmed II pada tahun 1455, Grand Bazaar Istanbul telah menjadi pasar kuno bersejarah dengan pengunjung terbanyak, yakni mencapai 91 juta turis.

Pasar yang sudah berusia lebih dari 500 tahun tersebut, berlokasi di kompleks kota tua Istanbul, tepatnya di Distrik Fatih, dekat dengan Masjid Biru dan Museum Hagia Sophia. Anda cukup berjalan kaki dari Masjid Biru jika ingin berkunjung ke Grand Bazaar Istanbul atau jika malas ada trem yang siap mengantar.

Namun, setelah sampai di sana tak jarang banyak turis yang akhirnya bingung akan membeli apa dan standar harga disana. Nah, di sini ada beberapa tips yang bisa Anda praktikan saat berbelanja di Grand Bazaar Istanbul. Sebelum mengetahui trik berbelanja di sana, Anda yang berencana mengujungi Turki, jangan lupa untuk melengkapi liburannya dengan asuransi perjalanan yang sesuai kebutuhan. Futuready.com menghadirkan berbagai macam jenis travel insurance yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Keliling Turki Akan Semakin Lengkap dengan Asuransi Perjalanan ke Turki

Tips Belanja di Grand Bazaar Istanbul

Awas Tersesat!

Pasa yang punya luas 4000 meter persegi ini memiliki 21 pintu masuk dan 61 jalan tertutup dengan desain bangunan yang mirip, sehingga membuat pengunjung bingung dari mana mereka datang dan kemana jalan pulang. Jalan-jalan dipasar ini juga sangat berliku dan serupa, pengunjung seperti berjalan ditengah labirin. Beruntungnya, pasar ini sangat rapih sehingga sudah terbagi dalam beberapa kompleks.

Kompleks ini menunjukkan beragam barang yang berbeda, misalnya kompleks kain, kompleks souvenir dan makanan. Anda cukup mengingat apa kompleks pertama yang dimasuki dari saat memasuki pintu masuk.

Perhatikan Jam Buka Pasar

Tidak seperti pasar-pasar besar lain di dunia yang buka setiap hari, Grand Bazaar ternyata mempunyai hari libur sama seperti pekerja kantoran yakni hari minggu. Jadi pastikan Anda tidak berkeliling kesana dihari minggu karena akan pulang dengan tangan kosong. Jam Buka (Hari Kerja) : Mulai pukul 08.30 – 19.00, Sabtu mulai pukul 08.30 – 19.00. Jika bisa datanglah sepagi mungkin, karena para pemilik toko biasanya memberikan potongan harga yang lumayan besar bagi pembeli pertama mereka.

berbelanja di Grand Bazzar Istanbul

Tidak Boleh Merokok

Grand Bazaar melarang keras aktifitas merokok didalam pasar, pun tak ada ruang smooking area karena para pedagang disini rata-rata bukan perokok. Bila Anda tipikal yang tidak bisa merokok sebaiknya tidak berlama-lama berkunjung kemari. Siapkan list barang yang akan dibeli untuk menghemat waktu sehingga Anda dapat kembali ke penginapan lebih awal.

Belanja di Akhir Pekan

Akhir pekan adalah waktu paling ramai di Grand Bazaar. Biasanya para pedagang akan mengadakan diskon besar-besaran. Berbeda dengan hari biasa yang cenderung sepi dan sebagian besar penjual justru akan menaikkan harga barang, sebab pembeli terlampau sepi. Tapi jangan tergoda untuk membeli banyak barang hanya karena ada potongan harga. Bijaklah dalam membeli karena tidak semua barang yang Anda bawa nanti benar-benar dibutuhkan.

pusat perbelanjaan Grand Bazzar Istanbul

Pandai Menawar

Pedagang di Grand Bazaar terkenal sering mematok harga tinggi untuk para turis asing. Karena itu jangan ragu untuk menawar sampai setengah harga. Tenang saja, mereka sudah terbiasa menghadapi pembeli yang menginginkan harga sangat rendah, sehingga mereka tidak akan marah apalagi memaki jika Anda menawarkan harga yang kelewat murah.

Baca juga: Jurus Jitu Tawar Menawar Belanja di Pasar

Jika ingin mencari banderol paling rendah, carilah toko yang letaknya paling jauh dari pintu masuk. Karena posisi mereka yang tak terlihat pengunjung biasanya harga yang diberikan jauh lebih rendah. Jangan malas untuk berkeliling dan membandingkan harga ya, jangan kepincut dengan harga murah tapi nyatanya barang yang didapat kualitasnya tidak sesuai harapan.

Buah Tangan Khas

Jika Anda berkunjung ke Turki tak lengkap rasanya jika pulang tanpa buah tangan khas. Karena itu jangan lewatkan sesi berbelanja di Grand Bazaar untuk mendapatkan souvenir maupun penganan asli Turki. Grand Bazaar atau yang dalam bahasa lokal dikenal sebagai Kapalıçarsi merupakan satu-satunya pasar di Turki yang menjual berbagai benda khas negara kesultanan Islam ini.

Perhiasan, keramik yang dilukis dengan tangan, karpet, sulaman, rempah-rempah dan toko barang antik bertebaran di lorong-lorong pasar yang kaya akan nilai arsitektur Turki. Harga souvenir khas di sini juga terbilang murah. Beberapa barang seperti magnet kulkas, gantungan kunci atau dompet kain bisa Anda dapat dengan harga 1-5 Lira.

Oleh-oleh khas Grand Bazzar Istanbul

Souvenir favorit di Grand Bazaar di antaranya anting-anting, gelang, dan sejenisnya. Ada sebuah souvenir yang menarik bergambarkan mata yang dalam bahasa Turki disebut “Nazar Boncugu”. Benda ini bagi masyarakat Turki dipercaya bisa menolak bala dengan jalan menyerap energi buruk atau niat jahat.

Anda akan menemukan souvenir ini bertebaran di mobil, pintu, meja kantor, tembok, dan menggantung di leher anak kecil. Mereka juga biasa memberikan Nazar Boncugu kepada tamu sebagai kenang-kenangan. Selain souvenir unik tersebut, biasanya para turis juga berburu emas dan perak di sini, karena harganya yang tergolong murah. Ada pula keramik-keramik khas Turki yang dibuat secara tradisional dijual dengan harga murah.

Turki, Destinasi Wajib Dikunjungi

Sebagai salah satu negara Asia yang berada di dua benua berbeda, yakni Asia dan Eropa, Turki memiliki keunikan tersendiri dari segi budaya dan bahasa. Berkunjung ke sini adalah perjalanan yang penuh dengan sejarah. Anda harus setidaknya sekali dalam hidup mengjungi Turki karena beberapa alasan ini:

Makanan yang Beragam

Setiap wilayah di Turki memiliki budaya dapur sendiri, termasuk bahan-bahan berbeda dan resep yang dihasilkannya. Dengan demikian, masakan Turki jauh lebih dari kebab dan baklava yang lezat, termasuk makanan laut segar dan meze, hidangan klasik Ottoman, hidangan sayur, dan banyak lagi.

Pantai yang Indah

Bodrum, Antalya, Izmir, dan Fethiye adalah beberapa pantai terindah di Turki dengan spektrum yang mencakup semuanya, mulai dari teluk-teluk kecil terpencil hingga pesta pantai yang mengasyikkan. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan pantai di Turki dan Mediterania atau Pantai Aegean adalah dengan naik Blue Cruise.

Baca juga: 6 Pusat Perbelanjaan Murah Meriah di Singapura

Pemandian Turki

Pemandian di Turki atau yang biasa disebut dengan hamam sudah menjadi Ikon Turki dan merupakan favorit di antara banyak pengunjung. Di pemandian ini punggung Anda akan digosok dan kemudian dicuci dan dipijat dalam busa sabun. Ini akan menjadi pengalaman mandi yang spektakuler.

Situs Arkeologi

Turki memiliki sejumlah besar situs arkeologi yang tersebar di seluruh negeri. Dari istana dan masjid Istanbul hingga reruntuhan Ephesus hingga kota-kota bawah tanah di Cappadocia, Turki adalah surga bagi para penggemar arkeologi dan sejarah.

Comments are closed.