Ingin Mengurus Sendiri Visa Australia? Ini Syarat Visa Australia!

Asuransi PerjalananTravel

Meskipun ada agen perjalanan, tetapi mengurus visa dengan sendiri pun ternyata prosesnya cukup mudah. Ingin tahu syarat visa Australia apa saja yang harus Anda persiapkan?

Terkadang, orang masih beranggapan bahwa dengan hanya dengan membeli tiket pesawat saja, sudah pasti Anda bisa berangkat. Tentu itu salah besar. memang, tiket pesawat adalah item pertama yang harus Anda miliki sebelum mengurus yang lainnya. Tetapi, perlu digaris bawahi, jika Anda sudah memiliki tiket pesawat, belum tentu Anda bisa pergi ke negara yang Anda tuju. Apalagi negara tersebut yang membutuhkan persyaratan lain, seperti visa.

Australia termasuk salah satu negara yang mengharuskan wisatawan untuk memiliki visa ketika berkunjung ke negara tersebut. Visa ini merupakan jaminan untuk kehidupan Anda ketika berada di sana. Lalu, apa saja persyaratan yang harus dilengkapi? Berikut ini syarat visa Australia yang harus Anda siapkan.

Bukti Reservasi Tiket Pesawat

Tentu tiket pesawat menjadi salah satu item pertama yang Anda persiapkan. Ketika Anda sudah memiliki tiket pesawat, jangan sampai bukti reservasi tiket tersebut dibuang ya karena bukti tersebut harus Anda persiapkan sebagai salah satu syarat visa Australia.

Asuransi Perjalanan

Sebagai informasi, salah satu syarat visa Australia yang harus Anda persiapkan adalah asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan ini sangat penting dan tidak boleh terlewatkan sebab asuransi perjalanan merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki ketika pengajuan visa. jadi, Setelah membeli tiket pesawat, Anda jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebelum permohonan pembuatan visa.

Formulir Permohonan Visa Australia

Sudah beberapa tahun silam, untuk pengajuan visa ke Australia sudah tidak perlu mendatangi kedutaan besar secara langsung. Pasalnya, sudah ada lembaga yang dipercaya oleh kedutaan untuk mengurusi semua hal, termasuk permohonan visa. VFS Global merupakan lembaga resmi yang bisa membantu Anda dalam pembuatan visa.

Setelah mendapatkan asuransi perjalanan, selanjutnya adalah Anda harus mengunduh formulir permohonan visa ke Australia di website resmi VFS secara online atau Anda ingin datang langsung ke kantor VFS yang berada di Kuningan City Mall.

Siapkan Pas Foto

Setelah mendapatkan formulir, siapkan dua pas foto ukuran 3.5 cm x 4.5 cm berlatar putih dengan gaya foto formal sebagai syarat visa Australia. Pastikan telinga Anda terlihat saat difoto. Siapkan foto ini sebelum menyerahkan formulir guna mempercepat proses pembuatan visa.

Siapkan Paspor

Setiap wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri tentunya membutuhkan sebuah paspor. Paspor adalah identitas Anda selama berada di luar negeri. Siapkan paspor asli maupun fotokopi untuk diberi cap (stempel) atau disegel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara tempat kedatangan.

Bukti Keuangan

Syarat visa Australia berikutnya adalah membawa bukti keuangan dengan melampirkan rekening koran dengan jangka waktu 3 bulan terakhir. Anda dapat mencetak di bank terkait kemudian meminta legalisir. Hal ini didasarkan untuk menanggung biaya yang dibutuhkan serta bukti keadaan keuangan pemohon yang ingin ke luar negeri. Meski begitu, pihak kedutaan tidak pernah menyebutkan secara pasti jumlah saldo minimum.

Bukti Reservasi Penginapan

Anda juga harus menyerahkan bukti reservasi penginapan yang akan Anda singgahi di Australia. Bila Anda mempunyai saudara atau kerabat yang tinggal disana, Anda perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari Walikota setempat, surat pernyataan berapa lama Anda tinggal di sana serta alamat lengkap tempat Anda menginap di sana.

Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah persyaratan penting untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan. Surat ini termasuk syarat visa Australia. Surat keterangan kerja bisa menjadi bukti bahwa Anda mempunyai pekerjaan tetap di Indonesia dan akan kembali lagi ke Indonesia setelah selesai pengujungan ke Australia. Bila Anda seorang pengusaha atau profesional, Anda perlu melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha atau Profesi. Untuk Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga, Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan suami bekerja. Sementara itu bagi Anda seorang pelajar, Anda perlu melampirkan surat keterangan kampus atau sekolah terkait.

Membuat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Intinerary atau rencana perjalanan juga menjadi syarat visa Australia. Pastikan intenarary dibuat dengan sedetail mungkin baik dari hari, tanggal dan jamnya.

Ketentuan Membuat Foto untuk Visa ke Negara-Negara Populer di Dunia

Korea Selatan

Untuk mengunjungi ke Korea Selatan memang harus memiliki visa. Foto untuk visa memang menjadi salah satu persyaratan yang harus disiapkan. Dalam mengajukan visa Korea Selatan, Anda wajib melampirkan atau menempelkan foto berwarna 1 lembar dengan ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang berwarna putih.

Australia

Australia juga termasuk ke dalam negara yang memiliki kunjungan wisatawan tinggi. Tentu Anda juga memerlukan visa untuk bisa berkunjung ke sana. Dalam pembuatan visa, Anda bisa sipakan 1 lembar pas foto terbaru dengan ukuran seperti foto paspor (4,5 cm X 3,5 cm) yang sudah harus ditempelkan di halaman depan formulir permohonan.

Pastikan muka Anda menghadap ke depan dengan jelas dan berwarna. Untuk foto visa ke Australia ini tidak ada ketentuan mengenai latar belakang foto, tetapi untuk amannya sangat disarankan menggunakan warna putih.

Schengen

Visa Schengen merupakan salah satu visa yang paling banyak diajukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, hampir semua negara yang ada di Eropa tergabung ke dalam area Schengen dan hanya ada satu visa saja, yaitu visa Schengen. Visa ini jelas memiliki keunggulan dibandingkan visa lain.

Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke beberapa negara di Eropa yang tergabung ke dalam area Schengen, Anda hanya mengajukan satu visa saja karena sudah berlaku untuk ke 26 negara lainnya yang ada di Eropa. Namun meskipun hanya mengajukan satu visa saja, tetapi untuk pas foto setiap negara memiliki ketentuan masing-masing. Misalnya, untuk Belanda Anda harus menyiapkan foto berwarna ukuran 3,5 cm X 4,5 cm sebanyak 2 lembar, harus terbaru, dan latar belakang foto berwarna putih.

Untuk Perancis, Anda membutuhkan 2 lembar foto berwarna dengan ukuran 3,5 cm X 4,5 cm dengan latar belakang putih.

Jepang

Jepang termasuk negara di Asia yang mengaharuskan wisatawannya memiliki visa. Namun, kini Jepang memberikan bebas visa untuk wisatawan Indonesia yang ingin berkujung ke sana asalkan paspor yang dimiliki sudah berupa e-paspor, sedangkan untuk wisatawan yang memiliki paspor biasanya, tentu wajib untuk mengajukan visa ke Jepang.

Ketentuan foto untuk visa ke Jepang ini hampir sama dengan yang lain, yaitu berukuran 4,5 cm X 3,5 cm, terbaru, berwarna, dan latar  foto berwarna putih.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.