Membuat Visa ke Jepang untuk Pemegang Paspor Biasa

Asuransi PerjalananTravel

Meskipun pemiliki e-paspor sudah bebas visa ke Jepang, tetapi untuk membuat visa ke Jepang bagi Anda yang masih memiliki paspor biasa sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan Anda mengikuti trik dan tips berikut ini.

Tidak ada habisnya jika membicarakan Jepang. Salah satu negara yang kaya akan keindahan alamnya ini selalu dikunjungi ribuan bahkan ratusan wisatawan dari seluruh dunia. Jepang termasuk negara yang dilalui empat musim, tentu ini menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya untuk menarik perhatian wisatawan. Terlebih lagi dipadukan dengan keindahan alam yang luar biasa indah, bisa dikatakan apapun musimnya, Jepang akan terlihat sangat cantik.

Untuk berkunjung ke Jepang tentu membutuhkan persiapan yang cukup banyak. Selain akomodasi dan perlengkapan pribadi, Jepang juga masih mengharuskan wisatawan dari negara lain untuk memiliki visa sebagai ketentuan untuk berkunjung ke Jepang. Namun, hal ini tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia yang sudah memiliki e-paspor. Pasalnya, Jepang membebaskan visa untuk masyakarat Indonesia yang sudah menggunakan e-paspor. Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang masih menggunakan paspor biasa?

Untuk Anda yang masih memiliki paspor biasa dan ingin berkunjung ke Jepang, tentu diwajibkan untuk membuat visa ke Jepang. Meskipun terlihat rumit, tetapi membuat visa ke Jepang untuk WNI sebenarnya sangatlah mudah asalkan Anda mengikuti prosedur-prosedur berikut ini.

Pilih Jenis Visa

Sebelum Anda mulai membuat visa ke Jepang, pastikan sudah mengetahui jenis visa apa saja yang bisa Anda pilih. Pastikan visa yang Anda pilih harus sesuai dengan keperluan Anda ke Jepang. Misalnya, Anda ke Jepang hanya ingin beriwisata atau berlibur, disarankan untuk mengajukan visa kunjungan visa. namun, visa kunjungan wisata ini juga terbagi menjadi dua tipe, ada visa single entry (sekali masuk) dan multiple entry (berkali-kali). Kedua jenis visa ini memiliki perbedaan, mulai dari harga sampai dengan persyaratannya. Jadi, usahakan Anda harus mencari tahu lebih jelas dan detail lagi mengenai jenis visa ke Jepang ini.

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Membuat visa ke Jepang dibutuhkan beberapa dokumen yang harus Anda serahkan saat melakukan pengajuan. Adapun dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan visa ke Jepang adalah sebagai berikut.

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa yang bisa didownload disitus resmi JVAC (Japan Visa Application Centre)
  • Pas foto ukuran 4,5 X 4,5 cm dengan background
  • Fotokopi KTP
  • Bukti pemesanan tiket
  • Itinerary
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening koran
  • Fotokopi kartu mahasiswa jika masih berstatus pelajar
  • Fotokopi kartu keluarga dan akta kelahiran jika permohonan visa lebih dari satu.
  • Surat undangan jika di sana Anda memiliki kerabat atau sodara

Ajukan ke Japan Visa Application Center (JVAC)

Mulai per-tanggal 15 September 2017, untuk WNI yang akan mengajukan visa ke Jepang harus melalui JVAC. Sebab, Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sudah tidak melayani pembuatan visa kunjungan dan sudah memilih JVAC sebagai perantara pembuatan visa. Anda bisa mulai mengajukan visa satu bulan sebelum waktu keberangkatan.

Alamat Japan Visa Application Centre (JVAC)

Lotte Shopping Avenue (Ciputra World 1) Lantai 4 No. 4F-33
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3&5 Karet Kuningan, Jakarta Selatan, INDONESIA
Telepon Layanan Bantuan : (021) 30418715
Jam penyerahan permohonan : 09:00 – 17:00
Jam pengambilan : 10:00 – 15:00

Menunggu Hasil Pengajuan Visa ke Jepang

Untuk menunggu pengajuan visa Anda diterima atau ditolak tidak memakan waktu yang terlau lama, minimal hanya empat hari kerja saja. Nantinya pihak JVAC akan menghubungi Anda untuk memberitahu dan mengambil visa tersebut. Ini berlaku untuk pengajuan yang diterima ataupun ditolak.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.