Panduan Mengurus Visa Korea Selatan

Asuransi PerjalananTravel

Punya rencana liburan ke Korea Selatan tapi bingung soal pembuatan Visa Korea? Tenang saja, Futuready berikan panduan mengurus Visa Korea di sini. 

Tak dapat dipungkiri kalau Korea Selatan kian digandrungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Korea Tourism Organization (KTO) pada rilisnya yang diberikan ke awak media menyebutkan bahwa hingga Oktober 2016 lalu, wisatawan dari Indonesia meningkat lebih dari 50 persen. Selain boyband, girlband, dan wisata kecantikannya, Korea Selatan memikat wisatawan dengan pesona empat musimnya. Setiap musimnya memiliki daya pikat sendiri yang mampu menarik wisatawan untuk terus kembali setiap tahunnya. Tertarikkah Anda untuk melihat bunga sakura bermekaran di Jeju Island saat musim semi, atau bermain salju di Korea saat musim dingin? Yuk, segera pesan tiket perjalanan Anda dan buatlah Visa Korea.

visa korea

Panduan Mengurus Visa Korea Selatan

Mengurus visa memang tidak mudah. Namun membuat Visa Korea tidaklah serumit membuat Visa Amerika atau Visa Schengen. Yang penting Anda perlu menyiapkan semua dokumen persyaratan dan mengisi formulir aplikasi visa. Ingat, jangan sampai Anda bolak-balik ke kedutaan karena dokumen yang tidak lengkap atau informasi yang salah mengenai jam kerja Kedutaan Besar Korea Selatan. Nah, berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengajukan visa perjalanan ke Korea Selatan.

Waktu Pengajuan dan Pengambilan Visa 

  • Pengajuan Visa dapat dilakukan pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 12.00.
  • Sementara untuk waktu pengambilan visa dapat dilakukan pada hari Senin hingga Jumat pukul 13.30-16.30.

Durasi Pembuatan Visa 

  • Pembuatan visa kurang lebih selama lima hari kerja jika dokumen sudah dianggap lengkap oleh kedutaan Besar Korea Selatan. Jika dokumen Anda tidak lengkap, proses pembuatan visa bisa jadi lebih dari lima hari.
  • Ada beberapa kondisi tertentu di mana memerlukan sesi wawancara sehingga proses pembuatan visa bisa lebih lama.

Biaya Pembuatan Visa

Biaya pembuatan visa sangat bergantung oleh jenis visa yang akan Anda ajukan. Berikut tarif masing-masing visa untuk keperluan wisata. Namun biaya visa ini sewaktu-waktu dapat berubah. Ada baiknya Anda mengecek secara berkala biaya pembuatan visa melalui website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.

  • Single Visa (Visa kunjungan di bawah 90 hari): Rp544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan di atas 90 hari): Rp816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun): Rp1.224.000,-
  • Double Visa (Dua kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan): Rp952.000,-

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah biaya pengajuan visa ini tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedutaan Besar Korea Selatan.

Persyaratan Dokumen untuk Pembuatan Visa

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor Indonesia.
  • Formulir Aplikasi Visa yang dapat diunduh di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan. Jangan lupa lengkapi dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto.
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan keluarga.
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja. Jika Anda tidak bekerja, tak perlu dilampirkan.
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar.
  • Fotokopi bukti keuangan. Anda bisa memilih dua dari bukti keuangan berikut:
    – Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
    – Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI.
    – Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
    – Surat keterangan dan copy kartu membership golf.
    – Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5.
    – Surat keterangan pemegang program jamsostek.
    – Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.

Catatan Penting Lainnya untuk Mengajukan Visa Korea

  • Untuk tipe visa C-3 Multiple, Anda bisa melihat persyaratan Multiple Visa di website resmi Kedutaan Besar Korea Selatan.
  • Jika Anda berstatus mahasiswa, wajib melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua.
  • Jika Anda merupakan ibu rumah tangga dan tidak memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga.
  • Bagi Anda ingin mengajak serta asisten rumah tangga, wajib melampirkan surat sponsor dari lembaga resmi (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan).
  • Jika dokumen yang telah dilampirkan dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

banner-travel

Usai Terima Visa Korea yang Telah Jadi, Jangan Lupa Siapakan Asuransi Perjalanan

Akhirnya Visa Korea Selatan Anda telah jadi! Kini Anda telah siap berlibur ke Korea Selatan. Tapi ingatlah untuk selalu menjaga diri dan barang bawaan Anda selama berlibur di Korea Selatan. Agar tidak diliputi rasa khawatir, belilah asuransi perjalanan. Anda tak akan rugi ketika pesawat delay, bagasi hilang atau rusak, bahkan tak khawatir ketika mendadak sakit saat di Korea. Cuma di Futuready, Supermarket Asuransi, Anda dapat membeli asuransi tanpa ribet. Anda bisa mengecek manfaat-manfaat setiap asuransi perjalanan dan membandingkannya. Setelah itu pilih sesuai kebutuhan Anda dan bayar! Mudah, kan? Apalagi pembayaran asuransi di Futuready kini tak hanya dengan kartu kredit, tapi juga dengan metode transfer dari 80 bank dan 65.000 ATM di seluruh Indonesia.

Leave a Reply