Paspor Elektronik Bebas Visa Liburan Jepang? Ini Cara Pengajuannya!

Asuransi Perjalanan

Paspor elektronik memiliki keuntungan lebih dibandingkan paspor biasa. Anda bisa liburan di beberapa negara tanpa ribet mengurus visa jika sudah punya paspor eletronik.

Liburan tentu jadi saat-saat yang ditunggu-tunggu. Bahkan membayangkan semua kesenangannya sejak mulai membuat traveling plan saja sudah bikin senyum-senyum sendiri. Apalagi bisa liburan ke luar negeri. Sebelum berangan-angan pergi ke luar negeri, mengurus paspor mesti Anda lakukan. Kini, ada dua pilihan jenis paspor yaitu paspor biasa dan paspor elektronik (e-paspor).

Paspor adalah syarat mutlak untuk traveling ke luar negeri. Paspor akan diperiksa dari bandara keberangkatan dan kedatangan. Usai diperiksa, paspor akan dicap sebagai tanda masuk dan keluar.

Apa bedanya? Jenis paspor mana yang harus dipilih?

Jika Anda memilih paspor biasa, pengurusannya bisa dilakukan di semua kantor imigrasi. Anda bisa pergi ke kantor imigrasi kelas satu dan dua. Dari segi kelengkapan data, e-paspor terbilang lebih lengkap dan akurat. E-paspor memiliki data biometrik yang mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegang paspor yang tersimpan dalam chip dan bisa dikenali lewat pemindaian.

Data biometrik dalam e-paspor sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan di dalam paspor berbagai negara lainnya seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan negara-negara lainnya.

Para pemegang e-paspor lebih mudah mendapatkan persetujuan visa kunjungan lantaran mudah diverifikasi oleh negara yang didatangi.

Pemegang e-paspor dari Jakarta dan Bali tak perlu lagi mengantre di pintu pemeriksaan imigrasi. Anda bisa langsung menuju autogate untuk memindai e-paspor sebelum masuk ke boarding gate.

Perbedaan biaya pembuatan itu karena adanya sistem chip di e-paspor. Penyimpanan e-paspor juga harus lebih seksama agar paspor tetap bisa digunakan.

Kesempatan untuk mendapatkan bebas visa bagi pemegang e-paspor juga terbuka lebar. Salah satu negara yang menawarkan fasilitas bebas visa bagi pemegang e-paspor adalah Jepang.

Untuk Anda yang ingin membuat paspor eletronik, berikut ini beberapa persyaratan dan tata cara yang harus Anda ikuti.

Persyaratan Paspor Elektonik

Apa saja persyaratan yang harus Anda persiapkan saat ingin membuat paspor elektronik? Beberapa dokumen di bawah ini sebaiknya Anda persiapkan!

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran atau bisa juga menggunakan Ijazah atau Buku Nikah
  4. Kartu Pelajar
  5. Surat Rekomendasi
  6. Paspor Lama (berlaku untuk yang hendak mengganti paspor lama dengan e-passport)

Sebelum Anda datang ke imigrasi, pastikan dokumen-dokumen di atas sudah Anda persiapkan dan jangan lupa untuk difotokopi terlebih dahulu dalam ukuran yang besar, yaitu kertas A4.

Cara Membuat Paspor Eletronik

Pada dasarnya cara membuat paspor elektronik hampir sama dengan paspor biasa. Oleh karena itu, berikut ini beberapa proses yang harus Anda ikuti.

Daftar Online

Sekarang untuk mengajukan pembuatan paspor sudah semakin mudah. Anda bisa langsung mengajukannya secara online di website resmi www.imigrasi.go.id. Sama seperti daftar online lainnya, Anda hanya diminta untuk mengisi data-data yang diminta dengan benar dan lengkap. Jangan lupa Anda juga harus memilih jenis paspor yang diajukan dan juga kantor imigrasi terdekat Anda. Namun, untuk pengajuan paspor elektonik ini masih hanya bisa dilakukan di beberapa kentor imigrasi saja.

Melakukan Pembayaran

Setelah Anda sukses mendaftarkan secara online dan mendapatkan email yang berisikan surat untuk melakukan pembayaran, Anda langsung print out dan bawa surat tersebut ke teller bank yang ditentukan untuk melakukan pembayaran. Untuk biaya yang harus Anda bayarkan untuk paspor elektronik ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan paspor biasa. Namun meksipun mahal, tetapi Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar juga.

Menentukan Jadwal Wawancara Sendiri

Asyiknya pengajuan paspor elektronik melalui online Anda bisa menentukan sendiri jadwal wawancara. Tentu ini sangat membatu sekali apalagi untuk orang yang memiliki banyak kesibukan. Namun, untuk ke proses ini, Anda harus membayar paspor terlebih dahulu. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Anda akan dikirim e-mail lagi yang isinya url untuk diklik dan muncul jadwal wawancara yang bisa Anda pilih.

Wawancara

Jika langkah di atas Anda bisa lakukan melalui online, selanjutnya untuk proses wawancara Anda dianjurkan untuk datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang telah dipilih. Agar tidak terlalu lama mengantre, disarankan untuk datang pagi hari. Pada proses ini, bukan hanya wawancara saja tetapi juga ada proses foto untuk dipaspor nanti.

Pengambilan E-Paspor

Untuk pengambilan papsor elektronik, akan dilakukan di hari yang berbeda setelah serangkain proses pembuatan selesai. Biasanya ada jeda sekitar 4 hari kerja untuk pengambilan paspor dan biasanya dilakukan setelah jam makan siang.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.