Ini Dia yang Membuat Asuransi Rumah Jadi Penting

Asuransi

Apa itu asuransi rumah? Apakah Anda perlu memilikinya? Baca lebih jauh untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini!

Sudah beberapa kali banjir besar terjadi di Jakarta. Banyak rumah di beberapa wilayah terendam banjir. Kerugiannya sangat besar. Dari kerusakan barang elektronik, kehilangan barang akibat terbawa arus, hingga kerusakan bangunan. Bukan hanya banjir. Kebakaran juga beberapa kali terjadi. Apalagi di pemukiman yang padat. Api dengan cepat bisa menghanguskan puluhan rumah dalam sesaat.

Tak ada yang bisa menjamin kejadian seperti di atas tidak terulang lagi. Namun ada cara untuk mengurangi kemungkinan rugi atas musibah, yakni dengan memiliki asuransi rumah.

Apa saja keuntungan memiliki asuransi rumah? Asuransi akan:

  • Mengganti kerugian akibat bencana seperti banjir, gempa bumi, atau kebakaran.
  • Mengganti kerugian akibat kerusakan barang dalam rumah.
  • Mengganti harta benda yang hilang karena bencana, kecurian, atau perampokan.
  • Memberi rasa aman karena adanya perlindungan terhadap rumah yang ditinggali.

Tentu semua perlindungan itu berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan. Agar mendapatkan perlindungan yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Pastikan apa saja hal yang dijamin dalam perjanjian asuransi

Hal pertama yang harus dipahami adalah risiko yang dilindungi dan yang tidak dilindungi perusahaan. Anda harus tahu misalnya asuransi tersebut hanya mengganti kerusakan rumah atau beserta isinya.

Berapa besar nilai pertanggungan rumah

Biaya penggantian biasanya berupa jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perbaikan rumah ke kondisi semula. Sebagai contoh hitungan biaya membangun rumah per meter persegi adalah Rp3,5 juta. Jadi perlu biaya Rp350 juta untuk membangun rumah seluas 100 meter persegi. Sebaiknya nilai ini yang menjadi nilai pertanggungan. Bila terlalu kecil, Anda perlu dana tambahan jika harus membangun kembali.

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

Pilih perlindungan yang sesuai kebutuhan

Ada dua jenis perlindungan asuransi rumah, yaitu standar dan perluasan. Asuransi standar umumnya menjamin risiko kebakaran, ledakan, sambaran petir, dan kejatuhan angkutan udara. Asuransi perluasan memberikan perlindungan tambahan akibat angin topan, badai, dan air. Maka, jika rumah Anda berisiko terkena  banjir, memilih jaminan perluasan dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Berapa kemampuan Anda membayar premi

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi nilai pertanggungan dan perluasan jaminan yang diambil, biaya premi semakin mahal. Untuk itu Anda perlu menghitung kemampuan keuangan dan menyisihkan uang lebih besar agar risiko rumah mengalami bencana tetap dilindungi asuransi.

Kemudahan klaim asuransi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membeli asuransi adalah membaca polis asuransi. Cara ini diperlukan untuk mengetahui aturan klaim asuransi yang benar. Tanyakan informasi tersebut kepada perusahaan asuransi, baik melalui agen atau call center yang tersedia. Selain itu Anda bisa mencari informasi di internet atau bertanya pada relasi yang sudah memiliki asuransi rumah, tentang rekam jejak perusahaan saat membayar klaim. Bila mudah dalam melakukan pembayaran klaim, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan.

Semoga dengan penjelasan di atas Anda makin paham pentingnya asuransi rumah dan bisa memutuskan asuransi rumah terbaik apa yang akan dipilih.

BACA JUGA: Dapat Tiket Murah? Jangan Senang Dulu Cek 3 Hal Ini

Leave a Reply