Baca Etika Menggunakan Lampu Dim Mobil Dan Motor Anda Berikut Ini!

Lampu jauh atau biasa disebut lampu dim digunakan pada jalan raya yang minim secara penerangannya. Lampu dim mobil dan motor juga digunakan pada area yang sepi lalu lintasnya. Lalu, adakah etika penggunaan lampu jauh atau lampu dim tersebut?

Asuransi

Lampu merupakan salah satu perangkat penting dari kendaraan bermotor. Mungkin Anda sering mendengar istilah lampu jauh? Lampu jauh atau biasa disebut lampu dim mobil dan motor digunakan pada jalan raya yang minim secara penerangannya dan juga pada area yang sepi lalu lintasnya.
Ê
Penggunaan Lampu Dim Mobil dan Motor
Penggunaan lampu dim mobil dan motor cukup dilarang di jalan-jalan yang padat lalu lintas. Banyak orang yang menggunakan lampu jauh saat berkendara di malam hari dengan alasan bentangan jalanan terlihat terang hingga terlihat detailnya.
Ê
Namun, lampu dim mobil dan motor tersebut cukup memiliki pengaruh buruk bagi kendaraan yang hendak berpapasan. Akibat dari nyala yang benderang, silau pun akan menyergap pengemudi dari arah berlawanan itu.
Ê
Etika Menggunakan Lampu Dim Mobil dan Motor
Lalu, bagaimanakah etika menggunakan lampu dim mobil dan motor agar sesuai dengan peruntukkannya? Bagi Anda yang masih bingung fungsi lampu jauh dan etika penggunaannya, bacalah ulasan berikut:
Ê
1. Beri Kode Saat Berpapasan
Berilah kode saat hendak berpapasan dengan kendaraan lain. Misalnya, jika Anda berpapasan dengan mobil yang memakai lampu jauh, maka cepatlah beri kode agar mobil dari arah berlawanan segera mengganti dengan lampu pendek.
Ê
Berikan kode dengan cara memberi kedipan lampu dim mobil atau motor Anda. Jika tidak ditanggapi juga maka kurangilah kecepatan kendaraan dan pastikan jarak antara Anda berdua cukup aman saat berpapasan.
Ê
2. Hindari Penggunaan Lampu Jauh Pada Saat Bersamaan dari Arah Berlawanan
Sebaiknya hindari menggunakan lampu jauh pada saat bersamaan dengan mobil yang datang dari arah berlawanan. Ingat, pantulan balik akibat antar partikel cahaya dari kedua kendaraan berpeluang besar menciptakan kecelakaan.
Ê
Hindarilah menggunakan lampu dim mobil atau motor Anda pada saat bersamaan. Budayakan tertib di jalan agar selamat sampai tujuan.
Ê
Ê
3. Gunakan Lampu Jauh Saat Jalan Sepi
Etika menggunakan lampu dim mobil atau motor yang sebenarnya adalah menggunakannya jika keadaan jalan di depan sepi dari kendaraan lain, baik yang searah maupun berlawanan arah. Lampu jauh ini akan membantu Anda merasa terang dan terhindar dari bahaya saat berkendara.
Ê
4. Beri Kode Saat Akan Mendahului Kendaraan Lain
Jika Anda bermaksud untuk mendahului kendaraan di depan Anda baik motor maupun mobil, sebaiknya beri kode dengan sorot lampu jauh dalam waktu sebentar kemudian diikuti dengan menyalakan lampu sign kanan.
Ê
Sebaiknya jangan menggunakan lampu dim mobil atau motor dalam waktu lama saat hendak mendahului kendaraan lain. Ini karena pantulan cahaya pada seluruh kaca spion akan menyilaukan pengemudi dan membahayakan keamanan kedua kendaraan.
Ê
5. Beri Peringatan Kendaraan Lain
Jika menemui pengemudi yang membuntuti kendaraan Anda dan terus menyalakan lampu dim mobil ataupun motornya, sebaiknya Anda jangan menekuk spion mobil Anda. Karena ini membuat keadaan di belakang tidak terpantau. Cobalah geserkan sedikit posisi mobil Anda ke kiri lalu nyalakan sign kiri dan biarkan kendaraan tersebut mendahului kendaraan Anda.
Penggunaan lampu dim mobil dan motor ini memang memiliki berbagai manfaat seperti meminimalisir kecelakaan, mengurangi polusi cahaya, sopan santun. Setelah membaca etika penggunaan lampu jauh di atas, Anda tentu lebih paham dan dapat mengaplikasikannya.
Ê
Ê
Menggunakan lampu jauh kendaraan Anda sesuai etika akan membuat aman perjalanan Anda dan meminimalisir bahaya saat sedang berkendara.

Leave a Reply