Tip Menyusun Bingkai Foto yang Indah dan Elegan

Asuransi

Pola penyusunan bingkai foto yang menarik membuat penghuni dan pengunjung mendapatkan kesan nyaman dan juga menampilkan kesan mewah serta elegan.

Bagi sebagian besar orang, foto merupakan bukti sejarah. Foto menjadi sebuah pengingat akan momen tak terlupakan. Namun, setelah berhasil mencetak foto yang “meaningful” seringkali kita tidak mahami bagaimana menyusun bingkai foto yang pas agar menjadi sebuah titik fokus.

Ya, tujuan adanya bingkai foto di dalam sebuah ruangan adalah menjadi titik fokus, sehingga perhatian tamu pertama kali memasuki ruangan adalah foto tersebut. Karena itu dari mulai bentuk bingkai sampai penataannya harus sempurna agar timbul kesan mengagumkan dan tak terlupakan.

Rata-rata orang Indonesia akan menyusun bingkai foto dengan cara memakunya di tembok. Namun cara ini sudah kuno karena membuat dinding terlihat monoton. Bahkan jika terlalu banyak frame menimbulkan kesan berantakan.

Tips Menyusun Bingkai Foto

Meskipun hanya sebuah bingkai, tetapi memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tidak sedikit dari Anda yang sengaja membuat bingkai foto dengan kualitas bahan yang baik. Selain mengutamakan keawetan, bingkai foto dengan kualitas bagus juga menghasilkan kesan yang mewah dan elegan.

Oleh karena itu, meskipun hanya sebuah bingkai foto, tetap barang ini menjadi salah satu aset di dalam rumah yang perlu dilindungi. Ada asuransi properti yang bisa memberikan perlindungan untuk barang-barang berharga Anda di rumah.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Seputar NJOP untuk Urusan Properti!

Kini, Futuready telah menghadirkan produk baru untuk Anda yang ingin melindungi barang-barang berharga di dalam rumah ataupun properti Anda. Yuk, dapatkan asuransi properti yang Anda butuhkan di Futuready.

Menyusun Kolase Foto

Kolase foto adalah kumpulan berbagai foto yang dibingkai menjadi satu. Karena foto kolase kemungkinan berukuran besar, maka bingkainya juga akan memenuhi ruangan. Namun, untuk memastikannya Anda perlu membuat rancangan penyusunan bingkai foto agar hasilnya sempurna.

Cara terbaik untuk merencanakan tata letak penyusunan bingkai foto adalah dengan menggunakan selembar kertas besar (atau banyak potongan kertas yang disatukan). Kemudian cukup letakkan bingkai di atas kertas, untuk menciptakan tampilan yang Anda sukai, Sebelum memindahkan foto, cobalah di foto terlebih dahulu untuk memperkirakan hasilnya. Simetris atau tidak, bisa menarik perhatian atau tidak, atau justru memberi kesan berantakan.   Selanjutnya, pastikan lubang yang akan di bor sudah sesuai dengan tempatnya. Pastikan jarak pada setiap frame sudah sama sehingga hasilnya sempurna.

Tips Menyusun Bingkai Foto

Agar sebuah bingkai foto dapat berfungsi layaknya karya seni, Anda harus tahu posisi yang bagus untuk membuatnya jadi pusat perhatian. Memang rumah Anda bukanlah galeri seni, tapi memperlihatkan dinding yang tertata rapi memberikan kesejukan dan ketenangan. Berikut adalah beberapa tips yang layak di praktikkan untuk menyusun bingkai foto di rumah.

Lihat Ukuran Foto dan Ruangan

menyusun bingkai foto dengan benar

Setidaknya ada 3 aturan menyangkut foto dan lebar ruangan yang menjadi tempat penyusunan foto, berikut diantaranya:

  • Upayakan berjarak minimal 1,5 m dari lantai

Ada aturan standar yang digunakan Galeri Seni soal penyusunan bingkai, yaitu harus 60 inci atau 1520 mm dari lantai ke tengah gambar. Ini memungkinkan gambar diposisikan pada ketinggian mata rata-rata orang sehingga titik fokus gambar tepat di garis mata. Ini hanyalah aturan dari galeri seni, kalau kondisi rumah Anda tidak memungkinan jangan dipaksakan.

Saat menggantung satu foto, cobalah untuk mempertimbangkan ukurannya dengan dinding yang dijadikan titik untuk menggantung. Hindari menempatkan foto berukuran kecil di tengah dinding. Tempatkan saja foto berukuran sedang atau besar untuk menarik perhatian di ruang terbuka.

  • Susun di pusat ruangan

Pusat ruangan ini maksudnya adalah area pertama yang dilihat para tamu ketika memasuki rumah kita. Posisi ini membantu membuat ruangan tampak lebih besar dan punya nilai seni. Namun, trik ini tidak bisa dipraktikan jika ruangan Anda bergaya minimalis karena akan membuat kesan sempit. Jika rumah Anda berukuran kecil pilih koleksi foto berukuran sedang.

Baca juga: Kegiatan Seru #Dirumahaja yang Sangat Menyenangkan

Buat Multiple Picture Frame

Trik Multiple Picture Frames adalah memanfaatkan ruang dan tata letak perencanaan. Tangga adalah pilihan yang umum digunakan dalam trik ini. Jika Anda sering berkunjung ke rumah bertingkat, biasanya banyak foto yang terpajang di tembok samping tangga. Tujuan diletakkannya foto ini, supaya ketika Anda menaiki anak tangga, terdapat pemandangan indah disampingnya hingga sampai ke lantai berikutnya. Pada umunya, bingkai foto yang dipasang tersebut selalu setinggi wajah orang dewasa. Untuk setiap ukuran dan bentuk bingkai, pilih bingkai yang proporsional untuk menyeimbangkan tampilan dan membuat jumlah simetri.

Buat Kombinasi dengan Hiasan Lain

Jika tak ingin dinding terkesan monoton jangan hanya menampilkan bingkai foto, tapi juga kombinasikan dengan hiasan dinding lain, seperti jam dinding, papan tulisan, art print, jam, tanaman gantung, hingga cermin. Namun, jangan buat dinding terlalu penuh karena membuat tamu kehilangan fokus pada frame foto. Selain itu, untuk kombinasi hiasan, pilih ukuran lebih kecil dari bingkai, agar frame foto tetap terlihat menonjol dan menjadi fokus utama para tamu.

Gunakan Sudut Ruangan

menyusun bingkai foto

Menyusun bingkai foto tak melulu harus berada di tengah dinding, cobalah posisi lain seperti sudut ruangan atau pojok ruangan. Namun, jika memilih posisi ini pastikan areanya kosong karena menjadi spot yang kemungkinan kurang tertangkap mata. Atau agar lebih menarik buat pola berbentuk hati. Pilihan lain adalah dengan menggantungnya menggunakan media tambahan berbentuk persegi panjang atau limas segi lima, sehingga ada kesan karya seni didalamnya.

Manfaatkan Pintu dan Meja

Pintu dan meja sebenarnya bisa menjadi tempat yang bagus untuk menyusun kolase foto, asalkan ukurannya disesuaikan dengan lebar pintu dan juga tinggi mata para tamu yang melihatnya. Sementara untuk foto di meja bisa menggunakan media kaca tembus pandang, sehingga para tamu bisa melihat rekam jejak kebahagiaan yang pernah Anda lewati dengan orang-orang terdekat.

Baca juga: Ikuti Feng Shui 2020 Supaya Rezeki Melimpah

Itulah beberapa trik menyusun bingkai foto yang layak untuk dicoba. Pilih bingkai foto berkualitas untuk membuat suasana ruangan terkesan lebih mewah.

Comments are closed.