Boarding Pass Hilang? Lalu Bagaimana Cara Mengurusnya?

AsuransiAsuransi Perjalanan

Jangan panik dulu, Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika boarding pass hilang

Selain tiket pesawat ataupun paspor, boarding pass juga menjadi salah satu dokumen penting yang harus Anda persiapkan ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Untuk mendapatkan boarding pass Anda bisa print dari jauh-jauh hari ataupun on the spot ketika sudah di bandara. Saat ini, setiap bandara bahkan di terminal pemberangkat sudah dilengkapi mesin untuk mencetak boarding pass. Jadi, Anda tidak perlu cemas atau khwatir ketika lupa mencetak boarding pass.

Namun, dikarenakan boarding pass merupakan alat akses Anda supaya bisa melanjutkan perjalanan, tentu dokumen ini jangan sampai hilang bahkan berpindah tangan. Pasalnya, jika boarding pass hilang, kemungkinan besar Anda tidak bisa melakukan perjalanan dan tiket pesawat pun akan hangus begitu saja. Lalu, jika boarding pass hilang, bagaimana cara mengurusnya supaya tetap bisa melakukan perjalanan?

Cara Mengurus Boarding Pass yang Hilang

Melaporkan ke Pihak Berwajib

Ketika boarding pass hilang, sangat disarankan jangan panik. Jika Anda panik, tentu tidak bisa berpikir jenih dan sulit mencari solusinya. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mencari pihak kepolisian disekitar bandara dan melaporkan kejadian tersebut. Anda bisa menceritakan kronologisnya dengan sejujur-jujurnya. Setelah itu, Anda segera meminta surat kehilangan dari pihak kepolisian supaya bisa ditindaklanjuti oleh pihak maskapai.

Melaporkan ke Pihak Maskapai

Jika Anda sudah memiliki surat kehilangan dari pihak kepolisian, Anda bisa langsung mendatangi dan melaporkan ke customer service dari pihak maskapai yang terkait. Anda sangat disarankan untuk melaporkan secepat-cepatnya jika mengetahui boarding pass hilang.

Mengapa demikian? Supaya pihak maskapai pun bisa memberikan bantuan solusi dari masalah yang Anda hadapi. Semakin cepat Anda melapor, tentu semakin cepat juga upaya penyelesaian yang bisa diberikan oleh pihak maskapai.

Biasanya pihak maskapai akan memberikan boarding pass yang baru jika data-data yang Anda berikan memang sesuai dengan keterangan yang ada disistem. Mungkin, hal ini bisa dilakukan jika waktu penerbangan Anda cukup lama.

Solusinya, supaya boarding pass hilang tidak terulang lagi, sangat disarankan untuk memiliki satu tempat berupa clutch bag kecil yang dikhususkan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting seperti itu. Agar, semua dokumen penting berada di dalam satu tempat aman sehingga memudahkan Anda mencari dan mengambilnya.

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.