Buah Murbei: Ini Manfaat dan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

AsuransiAsuransi KesehatanHealth

uah murbei memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Kira-kira apa saja manfaat dari buah ini? Berikut ini ulasannya.

Memiliki nama latin Morus, buah murbei merupakan jenis buah yang memiliki rasa asam manis dan akan menjadi lebih manis lagi ketika telah berwarna kehitaman. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini layak untuk dikonsumsi. Mengutip Wikipedia, murbei adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud Asuransi Penyakit Kritis?

Meksipun buah ini berasal dari Asia, tapi kebanyakan masyarakat khususnya di Indonesia masih belum mengetahui jenis buahh ini memiliki banyak manfaat. Sebab, pada umumnya tanaman ini hanya dimanfaatkan pada daunnya yang dipergunakan untuk usaha ulat sutra, sedangkan buahnya kurang diminati karena mudah hancur. Nah, agar pengetahuan Anda mengenai buah ini semakin luas, berikut ini manfaat-manfaat dari buah murbei yang masih belum banyak diketahui.

Manfaat Buah Murbei

manfaat buah murbei

Terdapat banyak nutrisi alami yang terkandung dalam buah murbei. Berikut ini adalah manfaat buah murbei untuk kesehatan, sebagai berikut.

Mengurangi Risiko Kanker

Murbei memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk mengurangi stres oksidatif dalam sel dan jaringan. Stres oksidatif adalah kondisi dimana jumlah radikal bebas melebihi batas yang bisa diatasi oleh tubuh dan meningkatkan risiko sel-sel kanker tumbuh.

Sebuah penelitian pada hewan menyatakan bahwa jus murbei dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko kanker. Penelitian lain yang dilakukan di Korea pada tahun 2017 menyatakan bahwa senyawa tertentu pada murbei dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor pada tikus.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Buah ini pun dipercaya sebagai obat kanker tradisional dalam pengobatan Tiongkok, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan manfaat murbei sebagai pencegah kanker.

Membantu Mengontrol Level Gula Darah

Murbei memiliki kandungan 1-deoxynojirimycin (DNJ), yaitu enzim yang membantu mengurai karbohidrat dan menjaga kadar gula darah. Buah yang sekilas mirip beri ini juga dipercaya menjadi cemilan sehat penderita diabetes tipe 2 karena kandungannya menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Mengontrol Kadar Kolesterol

kegunaan buah murbei

Sebuah studi pada hewan menyatakan bahwa ekstrak murbei dapat membantu mengurangi lemak berlebih di tubuh, menurunkan kadar kolesterol, serta menyeimbangkan level LDL atau kolesterol jahat dan level HDL atau kolesterol baik.

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang. Mengkonsumsi ekstrak buah bercita rasa kecut manis ini adalah dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar kolesterol. Walaupun begitu, uji klinis masih dibutuhkan untuk mendukung pernyataan tersebut.

Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah penelitian di Taiwan menyatakan bahwa senyawa tertentu dalam ekstrak buah ini dapat mencegah penumpukan lemak, membantu memecahkan lemak agar keluar dari liver, serta menurunkan produksi asam lemak.

Studi lainnya juga menemukan bahwa kandungan dalam murbei dapat menjaga kesehatan hati atau liver yang berperan penting dalam tubuh untuk pembekuan darah, menyaring racun, dll. Penelitian masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat buah ini secara uji klinis. Anda harus tetap menjaga kesehatan liver dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Menurunkan Berat Badan

Murbei adalah buah yang rendah kalori namun padat nutrisi. Murbei juga mengandung serat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dilakukan pada hamster menunjukan bahwa murbei memiliki efek anti-obesitas dan menurunkan berat badan, namun penelitian pada manusia belum pernah dilakukan untuk membuktikan uji tersebut.

Membantu Melancarkan Sirkulasi Pernapasan

fungsi buah murbei

Manfaat buah ini yang selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan sirkulasi pernapasan. Buah ini mengandung zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Agen Antiinflamasi

Antiinflamasi adalah senyawa yang dibutuhkan untuk mengurangi efek peradangan pada tubuh. Buah ini memiliki sifat antiinflamasi untuk menekan peradangan terhadap penyakit kronis. Sementara manfaat teh murbei adalah untuk meredakan nyeri radang.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Murbei mengandung zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan retina, degenerasi makula, katarak, serta menjaga kesehatan visual secara umum.

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, A, B6, B9, B12, C, dan E untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan asupan harian yang dibutuhkan tubuh Anda. Vitamin dapat membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi dan penyakit.

Satu porsi buah ini mengandung vitamin C yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga disarankan untuk menyeimbangkan konsumsi nutrisi dan mineral lain, serta rajin berolahraga demi menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Murbei mengandung vitamin K, kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan masalah tulang lainnya.

Baca juga: Cashless dan Reimbursement dalam Asuransi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Murbei

Jika dilihat banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh buah ini, karena disebabkan kandungan nutrisi yang banyak pula dari buah ini. Berikut ini adalah kandungan nutrisi murbei jika dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi jus berikut ini.

  1. 85-88% air
  2. 7,8-9,2% karbohidrat
  3. 0,4-1,5% protein
  4. 0,4-0,5% lemak terdiri dari asam lemak linoleat, stearik, dan asam oleat
  5. 1,1-1,9% asam lemak bebas
  6. 0,9-1,4% serat, dan
  7. 0,7-0,9% mineral
  8. 43 kalori setiap 100 gram
  9. 36,4 mg vitamin C setiap 100 gram
  10. 1,85 mg zat besi setiap 100 gram
  11. sejumlah vitamin A, E, dan K, B1, B2

Comments are closed.