7 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

AsuransiAsuransi Mobil

Berkendara mobil saat hujan bisa jadi sangat menakutkan sekaligus berbahaya. Jadi, saat Anda berada di tengah perjalanan sebaiknya tetaplah berhati-hati.

 

Selain mematuhi berbagai peraturan untuk tetap aman selama berkendara, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat perjalanan aman berkendara mobil saat hujan. Cara aman yang bisa Anda lakukan ini mulai dari persiapan sebelum perjalanan hingga bagaimana Anda berhati-hati selama berkendara mobil saat hujan di jalan.

Demi keselamatan Anda dan mengingat akhir-akhir ini cuaca begitu sering diguyur hujan, Futuready menyiapkan beberapa cara aman berkendara mobil saat hujan untuk Anda. Setidaknya bila Anda memang khawatir berkendara mobil saat hujan Anda bisa mengikuti cara-cara aman ini. Bila, Anda sudah terbiasa dan percaya diri menempuh perjalanan, cara aman ini bisa jadi pengingat untuk Anda kembali mengecek segala halnya.

 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Jaga Kaca Mobil Tetap Bersih dan Jelas

Selama berkendara, pandangan yang jelas adalah salah satu cara Anda bisa mengendarai mobil dengan aman. Terlebih di saat hujan yang akan membuat pandangan kurang jelas juga mengurangi jarak pandang Anda untuk melihat sekitar.

Cara terbaik untuk memastikan kaca mobil tetao bersih:

  1. Bersihkan kaca mobil di bagian depan dan belakang untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel.
  2. Bila saat hujan kaca mobil mulai berembun sebaiknya hidupkan ac dan arahkan ke bagian kaca atau bila memungkinkan Anda bisa sedikit membuka kaca mobil untuk membuat aliran udara berjalan.

Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Cek Lampu Mobil

Lampu mobil akan membantu pandangan Anda menjadi lebih jelas saat berkendara. Jadi, cara aman berkendara mobil saat hujan yang kedua ini adalah pastikan untuk mengecek kondisi semua lampu mobil. Setelah pengecekan Anda akan tahu apakah semua lampu dalam kondisi yang baik atau ada yang harus diganti. Sebaiknya, gunakan jasa mekanik bila Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Cara terbaik untuk memastikan lampu mobil dalam kondisi baik:

  1. Cek juga kondisi pelindung lampu dalam kondisi bersih dari debu dan kotoran yang bisa mengurangi efektivitasnya.
  2. Pastikan juga semua lampu mobil berada dalam kondisi arah yang tepat. Anda memang membutuhkan contohnya headlights untuk lebih jelas melihat sekitar dan orang lain melihat kendaraan Anda. Tapi jangan sampai headlights yang Anda gunakan malah menggangu penglihatan pengendara lainnya. Ingat lho, di saat yang sama ketika hujan pengedara lain dan juga Anda mengalami gangguan pandangan yang sama.

 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Berkendaralah Hanya Saat Dibutuhkan

Ya, Anda tak salah baca untuk poin penting yang satu ini kok. Sebelum Anda keluar rumah dan berkendara, Anda bisa mengecek cuaca atau mencari tahu update terbaru kondisi jalan yang ingin Anda lalui. Kalau alasannya bukan sesuatu yang urgent tidak ada salahnya menunda, kan? Lagian, selama Anda menunggu bisa sambil menikmati secangkir teh atau cokelat hangat sampai hujan reda.

Terdengar lebih menyenangkan daripada Anda harus melawan hujan dan berkendara. Kita tak akan pernah tahu risiko-risiko buruk yang akan terjadi, kan?

 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Jaga Jarak Kendaraan

Jarak pandang yang kabur, jalanan licin, ditambah bila Anda kebetulan berkendara mobil saat malam hari dan hujan jalanan akan jadi gelap. Maka, sebaiknya Anda menjaga jarak kendaraan selama berkendara. Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak yang cukup sekitar enam detik dari mobil Anda.

Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Jangan Berkendara di Sisi Jalan

Struktur jalan sebenarnya tidak selalu sama. Seperti jalan-jalan yang biasa Anda lalui, jalan raya atau jalan-jalan kecil satu arah, keduanya memiliki struktur yang berbeda. Triknya yang harus Anda ketahui adalah ketika berkendara mobil saat hujan sebaiknya hindari berkendara di bagian sisi pinggir jalan. Sebab di bagian tersebut strukturnya lebih rendah dibandingkan bagian tengah jalan. Tahu kan kalau di saat hujan, jalanan pasti basah bahkan terkadang bila hujan sangat deras akan timbul genangan air. Nah, untuk menghindari genangan air tersebut bagian tengah jalan ini yang biasanya lebih kering atau tidak terlalu dalam genangannya.

 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Perhatikan Lubang Jalan, Genangan Air, Hingga Sungai

Dari jalanan mungkin Anda hanya bisa melihat genangan air sekilas dari permukaannya saja. Namun, siapa sangka bila genangan tersebut ternyata berasal dari lubang jalan yang lumayan dalam dan besar. Kurangi kecepatan saat melewati jalan dengan genangan air di jalan. Atau bila sungai di kanan atau kiri jalan meluap jangan paksakan diri melintas. Setiap tahunnya, banyak mobil yang terjebak akibat mengira aliran air sungai yang meluap ke jalan cukup kecil, namun saat melintas ternyata bisa membuat mobil terbawa arus.

 Cara Aman Berkendara Mobil Saat Hujan

Jika Hujan Terlalu Lebat, Berhentilah!

Jika Anda merasa hujan semakin lebat dan jarak pandang semakin pendek atau ketika wiper sudah tidak bisa menjaga kaca depan cepat kembali jernih, hal itu adalah tanda Anda harus berhenti dari menyetir. Jangan memaksakan diri untuk terus berjalan jika pandangan tidak bisa terlihat akibat derasnya hujan. Menepilah di tempat yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Jika dirasa perlu, tidak ada salahnya untuk menyalakan lampu hazard untuk memberitahukan bahwa Anda sedang menepi.

cara aman berkendara mobil saat hujan

Bila Anda sudah melakukan berbagai cara aman berkendara mobil saat hujan dari Futuready, satu hal preventif lain yang  bisa Anda lakukan. Yes, Sahabat Futuready cara untuk mempermudah Anda melindungi kendaraan kesayangan adalah dengan mendapatkan asuransi mobil murah dan aman. Mengajukan asuransi mobil sangat mudah bisa akses secara online di Futuready. Ada beragam pilihan produk asuransi mobil tersedia di Futuready. Broker asuransi retail online Futuready, memudahkan Anda untuk mendapatkan asuransi mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain mudah, hanya di Futuready Anda juga bisa membandingkan harga setiap produk asuransi mobil terpercaya yang ditawarkan. Mendapatkan asuransi mobil di Futuready juga aman dan terpercaya sebab Futuready sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ayo, ajukan sekarang juga!

Leave a Reply