Cara Cerdas Memilih Asuransi Perjalanan Ke Schengen

Syarat utama dalam membuat visa schengen adalah asuransi perjalanan. Selain menjadi syarat utama, asuransi perjalanan juga berfungsi melindungi Anda ketika bepergian.

Asuransi

Bagi Anda yang ingin pergi ke Eropa harus menyiapkan dokumen penting, salah satunya Visa Schengen. Berikut cara memilih asuransi perjalanan ke Schengen.
Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan, tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar kata asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan diperuntukkan bagi Anda ketika melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan ini tidak hanya berguna untuk melindungi Anda, tetapi juga berguna untuk melindungi keluarga Anda, ketika hal terburuk terjadi menimpa Anda.
Mengapa? Sebab asuransi perjalanan memiliki manfaat yang sangat luas, mulai dari melindungi Anda dari berbagai gangguan kesehatan melalui biaya pengobatannya, kehilangan barang bagasi saat penerbangan, atau bahkan dapat melindungi Anda jika terjadi kematian. Selain manfaat tersebut, asuransi perjalanan juga menjadi salah satu persyaratan untuk membuat visa jika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri.
Misalnya saja Anda ingin melakukan perjalanan ke Eropa, Anda akan membutuhkan asuransi perjalanan. Visa Schengen merupakan salah satu visa yang mensyaratkan seseorang untuk memiliki asuransi perjalanan terlebih dahulu, jika Anda memang ingin mengajukan visa tersebut.

Visa Schengen

Apa itu Visa Schengen? Visa Schengen merupakan sebuah dokumen yang diberikan oleh pihak imigrasi kepada orang yang ingin melakukan perjalanan ke daerah Schengen. Awal adanya Visa Schengen terbentuk dari perjanjian Schengen, yang dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa pada tahun 1985 di Luxemburg. Di mana isi perjanjian ini adalah membuat kebijakan penghapusan pengawasan perbatasan di antara negara-negara kesatuan Eropa yang mencangkup berbagai aturan dan kebijakan yang berlaku bersama untuk izin masuk jangka pendek.

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu saja ini juga dapat memudahkan para turis masuk ke benua Eropa. Karena Visa Schegen mensyaratkan adanya asuransi perjalanan, tentunya Anda juga tidak bisa memilih asuransi perjalanan secara asal. Berikut adalah cara memilih Asuransi Perjalanan terbaik untuk Visa Schengen:

1. Kenali Asuransi yang Akan di Gunakan

Sebelum Anda membeli asuransi perjalanan, ada baiknya Anda ketahui dulu mengenai perusahaan asuransi yang akan Anda pilih tersebut. Apakah asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik dalam melayani nasabahnya atau tidak.
Sebaiknya Anda tidak cepat tergiur dengan berbagai penawaran premi dengan harga murah, perhitungkan dengan proteksi yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Pahami juga jangkauan dari perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, karena ini berkaitan dengan klaim asuransi yang nantinya akan Anda ajukan jika terjadi hal tak diinginkan saat perjalanan.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Setiap produk asuransi perjalanan mempunyai penawaran yang berbeda. Secara umum asuransi perjalanan menjamin perlindungan diri dari kecelakaan selama perjalanan, biaya pengobatan saat perjalanan, penggantian tiket bila terjadi keterlambatan transportasi, perlindungan bagasi atau barang pribadi, dan perlindungan rumah atau tempat tinggal saat ditinggalkan.
Meskipun perusahaan asuransi tersebut menawarkan berbagai macam produk asuransi terlengkap lainnya, ada baiknya Anda membeli asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan salah mengambil asuransi perjalanan, misalnya, ketika Anda ingin melakukan perjalanan ke Eropa bersama keluarga. Sebaiknya tanyakan, apakah asuransi perjalanan tersebut memang bisa mencakup keluarga atau perorangan.

3. Durasi Cakupan

Memilih asuransi perjalanan juga sebaiknya sesuaikan dengan durasi cakupan, karena polis asuransi perjalanan bisa hanya berlaku untuk perjalanan tunggal atau lebih dari satu perjalanan dalam satu tahun.
Sebaiknya Anda periksa kembali berapa hari durasi yang dibutuhkan dalam perjalanan Anda ke luar negeri, untuk mengantisipasi waktu perjalanan yang lebih lama dari rencana. Ada baiknya memilih jangka waktu yang sedikit lebih lama dari rencana, periksa juga apakah polis menawarkan fitur perpanjangan dalam hal durasi perjalanan tersebut. karena fitur ini, dapat membantu Anda dalam menghemat premi.
Asuransi perjalanan, tidak hanya menjadi syarat utama dalam membuat Visa Schengen. Tetapi asuransi perjalanan juga berguna dan bermanfaat untuk melindungi diri Anda, ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, ketika Anda membeli asuransi perjalanan sebaiknya pahami dan ketahui terlebih dahulu mengenai keuntungan apa saja yang didapatkan dari asuransi perjalanan tersebut.

Leave a Reply