Catat Manfaat yang Dilindungi Asuransi Kesehatan

Asuransi

Anda wajib tahu apa saja risiko yang dilindungi dan tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan manfaat asuransi secara maksimal.

Asuransi kesehatan memberikan beberapa manfaat bagi pesertanya. Masing-masing produk asuransi mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Meski begitu, secara umum ada manfaat dasar yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi yang diikuti, sebaiknya Anda mengenal berbagai manfaat dari asuransi kesehatan.

Berikut ini manfaat-manfaat yang harus Anda ketahui dan bisa didapat sebagai peserta asuransi kesehatan:

Manfaat Rawat Inap

Layanan rawat inap menjadi manfaat dasar yang bisa diperoleh peserta asuransi kesehatan. Manfaat rawat inap ini biasanya karena sakit atau karena kecelakaan. Ada plafon atau batas tertinggi untuk besaran biaya rawat inap yang ditanggung perusahaan asuransi untuk biaya rawat inap.

Manfaat Rawat Jalan

Manfaat yang satu ini adalah manfaat tambahan sebuah asuransi kesehatan dan umumnya produk asuransi kesehatan memberikan manfaat rawat jalan. Manfaat rawat jalan ini terdiri dari biaya konsultasi dokter umum, dokter spesialis, biaya obat, dan biaya laboratorium. Manfaat rawat jalan bisa juga termasuk medical check up, imunisasi, dan keluarga berencana. Namun, untuk tiga manfaat terakhir biasanya preminya lebih tinggi.

Manfaat Persalinan

Manfaat persalinan juga umum didapat dari asuransi kesehatan. Namun tidak semua asuransi kesehatan memberikan manfaat persalinan. Tergantung jenis produk yang Anda ambil dan besaran preminya. Manfaat ini bisa Anda ambil sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, manfaat ini termasuk manfaat asuransi tambahan (rider). Bila sudah memiliki anak dan sudah melakukan KB, tentu manfaat ini tidak perlu diambil.

Manfaat Penggantian Kacamata

Penggantian kacamata bisa juga menjadi manfaat tambahan dari produk asuransi kesehatan. Manfaat ini umumnya didapat sekali dalam setahun. Jadi bila Anda sudah mendapatkan manfaat ini sekali, maka Anda tidak dapat mengajukan klaim di tahun yang sama.

Manfaat Perawatan Gigi

Manfaat perawatan gigi juga menjadi bagian manfaat tambahan asuransi kesehatan. Memang tidak semua menyediakan manfaat ini, tergantung premi yang Anda pilih. Manfaat perawatan gigi umumnya hanya dibatasi perawatan medis seperti menambal gigi berlubang atau menyabut gigi. Untuk pemasangan kawat gigi umumnya sudah tidak dijamin.

Pahami manfaat dasar dan  manfaat tambahan dari asuransi kesehatan yang akan Anda pilih. Untuk memahami lebih lengkap manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh, jangan lupa untuk membaca polis asuransi.

Leave a Reply