Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Keluarga yang Bagus

Asuransi Kesehatan Keluarga
Asuransi kesehatan keluarga sangat penting bagi yang sudah menikah dan memiliki anak. Pastikan Anda tahu ciri-ciri asuransi kesehatan keluarga yang bagus ini.
Setiap orang tidak akan pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi padanya. Setiap saat segala peluang musibah bisa menimpa atau pun terjadi pada Anda. Oleh karena itu, diperlukan persiapan untuk menghadapi segala kemungkinan dalam hidup seperti kondisi kesehatan, jiwa, pendidikan anak, masa depan seluruh anggota keluarga juga Anda, dan sebagainya. Segala perencanaan tersebut harus dibuat agar ketika tertimpa musibah Anda sudah siap untuk mengatasinya.
Salah satu cara untuk menghadapi segala kemungkinan adalah dengan memiliki asuransi. Asuransi memiliki pengertian berupa tindakan, sistem, atau bisnis yang berfungsi untuk perlindungan finansial atau ganti rugi secara finansial akibat dari suatu kejadian yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya. Di mana jika Anda teratur melakukan pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu akan mendapatkan jaminan perlindungan.
Asuransi memiliki banyak jenisnya dilihat dari fungsi dan kegunaannya. Di Indonesia setidaknya ada 91 perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk asuransi yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Indonesia, asuransi diatur dalam undang-undang No 2 tahun 1992 yang kemudian mengatur tentang mekanisme dan prosedur asuransi yang ada di Indonesia.

Apakah Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan baik rawat inap atau pun rawat jalan. Asuransi kesehatan yang bagus akan menanggung biaya pengobatan yang disebabkan oleh penyakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kesehatan yang bagus akan membayarkan biaya obat, dokter, bahkan hingga biaya cek laboratorium.
Asuransi kesehatan biasanya jadi satu dengan asuransi jiwa yang akan memberikan perlindungan finansial jika meninggal dunia. ÊBeberapa asuransi kesehatan yang bagus bahkan menanggung layanan ambulans, akomodasi ICU, cuci darah, hingga fasilitas biaya penyakit kritis.

Cara Membandingkan Asuransi Kesehatan Keluarga yang Bagus

Agar manfaat asuransi kesehatan yang Anda bayarkan bisa optimal, perhatikan hal ini sebelum membeli asuransi kesehatan yang bagus.

1. Cek Reputasi Perusahaan

Pesatnya perkembangan perusahaan asuransi di Indonesia membuat mereka berlomba-lomba menawarkan beragam promo demi menarik minat untuk menjadi nasabahnya. Namun, tak semua perusahaan asuransi memiliki reputasi bagus dan profesional dalam memberikan pelayanan. Anda bisa mempelajari reputasi mereka dari rekam jejaknya dalam melayani nasabah.

2. Bandingkan Premi

Semakin banyak perusahaan asuransi membuat persaingan mereka dalam mendapatkan nasabah semakin ketat. Ingat, jangan mudah terkecoh dengan promo iuran premi yang murah. Karena semakin murah harga premi yang harus Anda bayarkan, maka akan semakin minim layanan kesehatan yang akan Anda dapatkan.

3. Fasilitas Kesehatan

Setiap perusahaan asuransi kesehatan biasanya menjalin kerjasama dengan banyak fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit. Coba cari tahu dan pelajari daftar rumah sakit mana saja yang telah bekerjasama dengan produk asuransi kesehatan yang ingin Anda pilih. Alangkah baiknya jika rumah sakit langganan Anda dan keluarga atau rumah sakit terdekat dari tempat tinggal masuk ke dalam daftar tersebut. Jangan sampai asuransi kesehatan yang bagus telah Anda miliki tapi tidak dapat digunakan di rumah sakit mana pun saat Anda dalam keadaan darurat.

4. Bandingkan Proses Klaim

Asuransi kesehatan seharusnya dimiliki untuk memberikan rasa aman dan keringanan dalam hal pembiayaan ketika Anda sakit. Sebelum memilih produk asuransi kesehatan, sebaiknya cermati terlebih dahulu sistem klaim yang mereka tawarkan. Dalam asuransi kesehatan dikenal dengan dua sistem klaim, yaitu cashless dan reimbursement.

Manfaat Asuransi Kesehatan yang Bagus

Beberapa manfaat asuransi kesehatan yang bagus yang dapat dijadikan sebagai pengatur keuangan karena adanya premi yang harus dibayarkan per bulan secara rutin dalam periode waktu tertentu, memberikan ketenangan hidup karena kemungkinan yang mungkin terjadi dan tidak terduga sudah siap, sebagai tabungan masa depan karena dapat dijadikan investasi, memudahkan segala urusan karena ketika sudah melakukan pembayaran premi jika terjadi klaim maka yang akan mengurus segala sesuatunya adalah pihak asuransi, dan berbagai manfaat lainnya yang diatur bersama antara nasabah dengan perusahaan yang tertuang dalam polis premi.

Pilih Mana, Asuransi Kesehatan Keluarga atau Asuransi Kesehatan Individu?

Jika sudah berkeluarga, Anda tentu binggung memilih antara asuransi kesehatan keluarga atau asuransi kesehatan individu. ÊIngatlah bahwa asuransi kesehatan tidak hanya dibutuhkan untuk mereka yang sering mengalami penurunan kesehatan. Baik dalam keadaan sehat atau sakit, asuransi kesehatan perlu untuk dimiliki karena Anda tidak pernah tahu kapan kesehatan akan menurun.
Bagi Anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya pilih asuransi keluarga yang memberikan proteksi untuk Anda dan keluarga. Dalam 1 polis asuransi keluarga biasanya sudah mencakup proteksi seluruh anggota keluarga (ayah, ibu, dan 2 orang anak). Cara ini juga bisa memberikan solusi bagi Anda yang sulit untuk menabung. jika Anda memiliki dua anak dan keduanya harus menjalankan rawat jalan atau rawat inap. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan. Dengan membayar rutin premi, Anda sudah menyisihkan dana untuk mendapatkan perlindungan kesehatan di masa kini dan masa mendatang.
Jika Anda belum keluarga, asuransi kesehatan individu bisa jadi opsi tepat. Beberapa pekerja kantoran telah memilliki asuransi jenis ini karena kini banyak perusahaan yang sudah memberikan fasilitas kesehatan bagi karyawannya. Tapi tidak ada salahnya untuk menambah satu lagi asuransi kesehatan yang bagus, karena biasanya asuransi kesehatan yang dibayarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja memiliki beberapa keterbatasan fasilitas kesehatan. Kondisi ini dapat di antisipasi dengan memiliki asuransi kesehatan tambahan.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Jiwa

Sebagian dari Anda mungkin berpikir untuk apa memiliki asuransi kesehatan jika sudah memiliki asuransi jiwa. Pada dasarnya, manfaat asuransi adalah memberikan perlindungan finansial pertanggungan yang dibayarkan pihak asuransi atas risiko yang ditanggung sesuai dengan perjanjian. Manfaat ini membuat kondisi finansial Anda tetap stabil jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.
Salah satu manfaat dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan finansial untuk keluarga yang ditinggalkan jika Anda meninggal dunia. Manfaat ini sangat berarti bagi keluarga yang ditinggalkan, apalagi jika Anda adalah seorang kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah. Karena itu, asuransi jiwa bisa dikatakan sebagai bentuk kasih sayang Anda terhadap keluarga.
Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa pengecualian yang bisa menyebabkan uang pertanggungan Anda tidak bisa keluar, yaitu jika Anda meninggal dunia karena melakukan kejahatan. Untuk proses pencairan klaim asuransi jiwa, keluarga harus memberikan surat keterangan meninggal dunia dari rumah sakit.
Sedangkan asuransi kesehatan dimiliki untuk menanggung biaya kesehatan baik rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit rekanan. Cara ini dilakukan agar biaya kesehatan tidak mengurangi dana di tabungan Anda. Biaya kesehatan yang dimaksud adalah biaya tindakan operasi, biaya dokter, biaya laboratorium, biaya obat-obatan.
Namun perlu diingat bahwa manfaat yang Anda dapat dari asuransi kesehatan yang bagus tergantung dari premi yang dibayarkan. Ada asuransi kesehatan yang hanya menanggung biaya rumah sakit dan tindakan operasi, ada juga yang hanya menanggung biaya obat-obatan dan rawat jalan saja.
Dengan manfaat yang berbeda ini, artinya jika Anda memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa kedua asuransi ini akan saling melengkapi.

Leave a Reply