Dapat Tiket Murah? Jangan Senang Dulu Cek 3 Hal Ini!

Saat ini naik pesawat lebih mudah. Banyak tiket murah yang ditawarkan. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat dapat tiket murah. Apa saja?

Berapa harga pesawat ke Eropa saat ini? Untuk pesawat regular, tiket ke Jakarta-Paris misalnya PP per orang biasanya Rp15 jutaan. Namun dengan tiket murah, harga satu orang itu bisa untuk berdua atau bahkan bertiga. Itulah mengapa saat ini banyak turis mandiri (backpacker) yang berkeliling ke luar negeri.

Tentu ini sangat menyenangkan bagi orang yang ingin bepergian ke luar negeri dengan harga terjangkau. Tapi untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda cek ulang. Apa saja?

Efisiensi Waktu dan Perlindungan Saat Terjadi Keterlambatan

Biasanya pesawat berbiaya promo atau yang masuk dalam kategori low cost carrier, harus melewati sejumlah transit. Inilah salah satu yang perlu Anda perhatikan. Misalnya, berapa lama transitnya atau berapa kali harus berhenti di bandara tertentu. Belum lagi jika kemungkinan mengalami keterlambatan. Pada saat menunggu itu biasanya tidak ada fasilitas yang diberikan. Anda harus membeli makanan sendiri, atau juga menginap di hotel dekat bandara yang biasanya harganya cukup tinggi.

Berapa Jatah Penyimpanan di Bagasi Pesawat

Biasanya untuk pesawat low cost carrier tidak memberikan jatah penyimpanan di bagasi pesawat. Padahal sering kali saat pergi jauh kita membawa banyak oleh-oleh. Akhirnya kita harus membayar biaya lebih mahal karena ongkos bagasi cukup tinggi. Belum lagi jika sampai terjadi keterlambatan bagasi atau mengalami masalah dengan bagasi. Hal semacam ini perlu Anda pikirkan.

Ada Asuransi Jika Mengalami Masalah di Perjalanan

Pesawat low cost carrier biasanya tidak menyertakan asuransi perjalanan sebagai bagian dari tiket yang sudah dibayar. Karena itu jika mengalami masalah di perjalanan, misalnya pesawat terlambat, Anda tidak bisa mendapatkan penggantian yang berhubungan dengan keterlambatan itu.

Pernah mengalami salah satu atau bahkan ketiga kondisi di atas? Berbagai kondisi tersebut bisa diatasi jika Anda memiliki asuransi perjalanan. Berikut beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan:

  • Jika ada biaya tambahan akibat pesawat terlambat, uang Anda bisa diganti asuransi perjalanan.
  • Jika ada masalah dengan bagasi, Anda juga akan mendapat sejumlah uang penggantian. Misalnya Anda mengalami kehilangan bagasi yang berisi laptop. Perusahaan asuransi akan mengganti biaya kehilangan jika Anda bisa membuktikan barang yang hilang tersebut. Jumlah penggantiannya senilai harga barang atau senilai maksimal sesuai perjanjian.
  • Jika ada masalah di perjalanan, Anda bisa mendapat sejumlah kompensasi. Saat pesawat batal berangkat, ada uang lebih yang bisa dibayar asuransi untuk mengganti selisih ongkos tiket yang harus Anda beli. Selain itu, jika Anda sakit di perjalanan, juga akan mendapatkan biaya penggantian perawatan dengan menunjukkan dokumen dokter atau tagihan biayanya.

Dengan membeli asuransi perjalanan, Anda bisa mendapatkan sejumlah fasilitas tambahan yang tidak diberikan oleh pesawat berbiaya murah Anda.

Leave a Reply