Ketahui Jenis dan Fungsi Asuransi di Indonesia

Asuransi

Asuransi membebaskan risiko ketidakpastian masa depan dengan hal nyata. Selain sebagai penyelemat di masa krisis fungsi asuransi juga sebagai alat investasi khususnya untuk jangka panjang yang tidak hanya menguntungkan seseorang namun juga sebuah negara.

Asuransi adalah kontrak antara dua pihak (penanggunfan tertanggung) di mana penanggung setuju untuk mengambil risiko tertanggung, dengan syarat tertanggung menyetorkan sejumlah premi. Sebagai imbalannya penanggung yakni perusahaan asuransi menjanjikan kompensasi sejumlah uang kepada pihak tertanggung pada terjadi peristiwa yang tidak pasti seperti kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen atau kematian.

Baca juga: 7 Hal Penting Membeli Asuransi untuk Risiko Akibat Virus

Singkatnya, asuransi berbagi tanggung jawab kolektif dengan sejumlah besar orang untuk memberikan kompensasi kepada beberapa orang jika terjadi krisis. Mengelola tanggung jawab kolektif (kumpulan orang) perusahaan asuransi bekerja sebagai wali amanat untuk mengurus tanggung jawab kolektif tersebut dan peraturan asuransi memberikan pedoman khusus untuk memastikan fungsi asuransi yang sesuai melayani masyarakat sesuai harapan nasabah.

Jadi ketika Anda membeli asuransi jiwa maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah ganti rugi ketika Anda mengalami musibah baik yang menyebabkan cacat maupun kematian.

Fungsi Asuransi

Seseorang tidak dapat mengharapkan lebih dari apa yang diasuransikan dirinya. Penting untuk dicatat bahwa fungsi asuransi apa pun tetap terbatas pada syarat dan ketentuan berbagai jenis polis asuransi.Namun ada fungsi tertentu yang berlaku untuk setiap jenis asuransi termasuk asuransi jiwa serta asuransi umum yang mencakup setiap jenis asuransi seperti rumah, mobil, perhiasan, properti dan aset berharga lainnya.

Berikut adalah fungsi Asuransi secara umum

Perlindungan Diri

Fungsi utama Asuransi adalah memberikan perlindungan terhadap risiko, kecelakaan, dan ketidakpastian di masa depan. Tidak ada asuransi yang dapat menahan risiko yang terjadi, tidak ada asuransi yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan di masa depan, tetapi tentu saja dapat memberikan perlindungan atas kerugian risiko. Berapakah volume risiko ditentukan oleh perusahaan Asuransi dengan menilai beragam faktor yang menimbulkan risiko. Tingkat premi juga ditentukan berdasarkan risiko yang terlibat.

Kepastian Masa Depan

fungsi penting asuransi

Tidak ada yang mengetahui bagaimana masa depan akan berlangsung dan berakhir. Namun dengan asuransi kita bisa meyakini kemampuan kita untuk memenuhi risiko di masa depan. Dengan kehadiran proteksi kita dapat menghadapi ketidakpastian masa depan menjadi kepastian menanggung risiko di masa depan.

Menutup Risiko Lebih Besar dengan Modal Kecil

Setiap pengusaha selalu khawatir dengan keamanan bisnisnya. Ada dua alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengurangi resiko kerugian finansial di masa depan karena hancurnya sebuah bisnis. Pertama, pengusaha yang bersangkutan harus berinvestasi dari sakunya sendiri untuk menciptakan keamanan yang tepat. Metode kedua adalah membuat bisnisnya diasuransikan. Dalam kasus seperti itu, asuransi menghidupkan kembali pengusaha dari investasi keamanan dengan membayar sejumlah kecil dalam bentuk premi terhadap risiko dan ketidakpastian yang lebih besar.

Alat Menabung dan Investasi

Banyak orang belum mengetahui bagaimana skema perputaran dana di perusahaan asuransi hingga mampu membayar jutaan klaim nasabahnya. Hal ini karena perusahaan menggunakan setoran premi nasabah untuk diinvestasikan pada bebagai produk keungan yang memberikan return tinggi seperti saham, reksa dana dan obligasi.

Pada akhir masa pertanggungan, perusahaan asuransi akan memberi profit yang mereka dapat kepada pemilik polis. Sehingga dana yang selama ini disetor kepada perusahaan dalam bentuk premi dapat berkembang dan difungsikan menjadi tabungan.Skema seperti itu juga membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Mau Tahu, Ini Istilah Asuransi yang Sering Digunakan!

Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Asuransi dengan melindungi masyarakat dari kerugian besar akibat kerusakan, kehancuran, dan kematian, memberikan dorongan bagi industri untuk terus bertumbuh meski dalam keadaan sulit sekalipun. Properti, aset berharga, manusia, mesin, dan masyarakat tidak akan kehilangan banyak akibat bencana atau kerusakan karena ada perusahaan asuransi yang menanggung kerugiannya.

Itulah beberapa fungsi umum dari asuransi, kesimpulannya selain memberi keuntungan untuk individu kehadiran perusahaan asuransi juga menjadi penopang pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Jenis-Jenis Asuransi Dasar

jenis-jenis asuransi di Indonesia

Secara umum berikut adalah jenis-jenis asuransi dasar yang ada diseluruh dunia

Asuransi Kredit

Asuransi kredit berarti mengasuransikan pembayaran hutang komersial terhadap risiko tidak dibayar oleh peminjam karena kepailitannya atau karena alasan lain. Biasanya proteksi yang satu ini diberikan untuk semua pemegang kartu kredit. Sehingga ketika mereka meninggal dunia dengan menyisakan hutang, maka beban hutang tersebut menjadi tanggung jawab pihak asuransi

Asuransi Kelompok

Asuransi Kelompok adalah  asuransi jiwa yang diperoleh seseorang sebagai anggota suatu kelompok, seperti organisasi profesional, dan bukan sebagai individu. Premi untuk asuransi kelompok ini biasanya lebih rendah namun memberikan perlindungan yang sama lengkap dengan asuransi individu. Asuransi kesehatan adalah yang paling banyak menggunakan pola asuransi kelompok ini.

Asuransi Jiwa

jenis-jenis asuransi

Asuransi Jiwa adalah kontrak di mana perusahaan asuransi atau penanggung berkewajiban untuk membayar ahli waris tertanggung jika pemegang polis mengalami cacat permanen atau meninggal dunia. Terdapat dua macam protektsi jiwa yang biasa ditawarkan oleh perusahaan yakni berjangka dan whole life. Jika Anda menginginkan asuransi yang memberikan imbal hasil di akhir masa pertanggungan pilihlah jenis whole life.

Asuransi Kelautan

Ini adalah kontrak dimana penjamin emisi terlibat untuk mengganti rugi pemilik kapal, kargo atau ketakutan terhadap kerugian dari bahaya tertentu atau risiko laut yang dapat menyebabkan kapal atau kargo mereka mengalami kerugian finansoal/ Dalam hal asuransi kelautan, jenis asuransi lainnya lazim dikenal sebagai Asuransi Reksa.

Jenis asuransi ini disediakan oleh pemilik kapal di seluruh dunia. Jenis proteksi yang satu ini memberikan perlindunga dari bahaya yang tidak tercakup oleh kebijakan kelautan. Untuk pembayaran premi biasanya ditanggung oleh pemilik kapal dan karyawan.

Baca juga: Lupa Punya Polis Asuransi? Begini Cara Mengoptimasikannya!

Asuransi Properti

Adalah kontrak ganti rugi yang digunakan oleh perusahaan asuransi untuk memperbaiki kerusakan atau kerugian akibat kerusakan gedung karena kebakaran atau perusakan oleh pihak ketiga. Biasanya didalam kontrak polis asuransi properti ada tambahan manfaat lain seperti proteksi untuk karya seni dan furniture. Sehingga Anda bisa mengajukan klaim atau ganti rugi ketika salah satu koleksi karya seni hilang atau ketika furniture mengalami kerusakan akibat banjir misalnya.

Itulah jenis-jenis asuransi dasar yang paling umum ditawarkan para agen. Sebenarnya masih banyak jenis lainnya seperti proteksi pendidikan dan perjalanan. Namun ini kurang familiar dan bersifat jangka pendek. Tunggu apalagi segera beli polis asuransi agar masa depan Anda lebih terjamin.

Comments are closed.