Hari Asuransi Nasional: Begini Perkembangan Asuransi di Indonesia

Asuransi

Hari asuransi nasional dijadikan sebagai wujud nyata oleh seluruh perusahaan atau broker asuransi untuk terus meningkatkan kepedulian masyarkat Indonesia akan pentingnya asuransi sebagai perlindung disetiap perjalanan hidup.

Inisiatif penyelenggaraan sebuah “Insurance Day” pertama kali dideklarasikan pada konferensi anggota-anggota East Asian Insurance Congress (EAIC) pertengahan tahun 2006 di Brunei Darussalam. Di mana ada 11 kota yang merupakan anggota EAIC menyepakati tanggal 18 Oktober sebagai sebuah “Hari Asuransi” untuk diperingati oleh segenap anggota.

Di Indonesia sendiri, panitia Insurance Day terdiri dari perwakilan ke-6 asosiasi anggota biasa Dewan Asuransi Indonesia yaitu, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi dan Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (APPARINDO) dan Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI). Diselenggarakannya Hari Asuransi Nasional ini memiliki berbagai tujuan, yaitu berupa jangka pendek, menengah, dan panjang. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Menikmati hari asuransi nasional

Tujuan Jangka Pendek

  1. Menyelenggarakan Peringatan Insurance Day yang melibatkan regulator, masyarakat industri asuransi serta masyarakat pengguna industri asuransi secara luas.
  2. Insurance Day Awareness: masyarakat menyadari ada sebuah hari yang diperingati sebagai “Hari Asuransi” termasuk aware terhadap tema yang dikomunikasikan.

Tujuan Jangka Menengah

  1. Menciptakan kegiatan Hari Asuransi Nasional yang mampu berkesinambungan dan bisa dilaksanakan dibeberapa daerah sebagai suatu Peringatan hari nasional.
  2. Menyelengarakan sosialisasi asuransi ke masyarakat pada umunya dan lingkungan pendidikan (Insurance Goes to Campus) dengan fokus pada pengenalan asuransi dan peluang karir.
  3. Memperbaiki citra industri asuransi dan jajaran pemasarannya.

Tujuan Jangka Panjang

  1. Lingkungan/masyarakat/negara merasakan manfaat keberadaan industri asuransi di tengah-tengah mereka.
  2. Acceptable: industri asuransi dapat diterima oleh community sekitar khususnya, dan negara umumnya.
  3. Adanya pengertian/goodwill, dukungan, simpati, dan partisipasi dari masing-masing lingkungan terhadap industri asuransi.

Hari Asuransi ini secara langsung atau tidak langsung dapat mendukung bisnis perusahaan perasuransian sehingga mampu menempatkannya sebagai salah satu pilar utama perekonomian bangsa. Perlu komitmen dan dedikasi dari semua pelaku asuransi untuk menjadikan asuransi lebih populer di tanah air kita.

Perkembangan Asuransi di Indonesia

selamat hari asuransi nasional

Perkembangan dunia asuransi memang sudah berada dititik kemajuan. Seiring berkembangnya zaman, pergerakan asuransi di Indonesia bahkan di dunia juga mengalami pergerakan yang sangat cepat. Selain meningkatkan pelayanan kepada para nasabahnya, perusahaan asuransi juga melakukan berbagai macam usaha untuk bisa tetap memperluas dan memajukan bisnis yang mereka jalankan selama ini. Sebab, Masyarakat sudah semakin sadar akan pentingnya asuransi sebagai perlindung disetiap perjalanan hidup.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan cara mengeluarkan berbagai produk baru dan lebih inovatif bagi nasabahnya. Saat ini, produk asuransi tidak hanya terbatas pada jenis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan saja, karena pada dasarnya kedua produk inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Jenis-Jenis Asuransi di Futuready

Futuready memperingati hari asuransi nasional

Selaku e-broker asuransi pertama di Indonesia, Futuready selalu mengembangkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Futuready sadar akan pentingnya asuransi di zaman sekarang ini. Oleh karena itu, pengembangan dan kerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi selalu dilakukan. Hal ini terbukti dari meningkatnya ketegori asuransi yang kini ditawarkan oleh Futuready. Berikut ini jenis-jenis asuransi yang ada di Futuready.com.

Asuransi Perjalanan

Kami tahu ada banyak destinasi nasional dan internasional yang selalu jadi tujuan untuk berpetualang.  Selama perjalanan tentu saja Anda membutuhkan berbagai proteksi agar perjalanan yang Anda lakukan berjalan aman dan nyaman.

  1. Cakupan perlindungan Asuransi Perjanan:
  2. Jaminan saat terjadi penundaan dan pembatalan perjalanan.
  3. Biaya medis saat sakit dalam perjalanan.
  4. Bantuan darurat.
  5. Keterlambatan dan kehilangan bagasi.
  6. Santunan Kematian akibat kecelakaan.

Asuransi Mobil

Kami paham dengan mobilitas Anda yang tinggi, rasanya kendaraan jadi semacam rumah kedua Dengan asuransi mobil, keuanganmu akan tetap stabil di saat kendaraan Anda mengalami risiko di jalan. Apa saja pilihan asuransi mobil yang bisa Anda miliki?

All Risk

Dengan perlindungan asuransi mobil all risk, pihak asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

TLO (Total Loss Only)

Bila pilihan Anda jatuh pada asuransi mobil TLO, Anda akan mendapatkan jaminan terhadap kehilangan kendaraan saja atau jika terjadi kerusakan lebih dari 75% dari harga kendaraan.

Perluasan

Anda bisa memilih semua perluasan perlindungan yang tersedia: Gempa Bumi, Tsunami, Banjir, Angin Topan, Angin Ribut, Kerusuhan & Huru Hara, Terorisme & Sabotase, Third Party Liability (TPL), Kecelakaan Diri Pengemudi, hingga Kecelakaan Diri Penumpang.

Asuransi Kesehatan

Keadaan sakit dan sehat yang tidak bisa ditebak menjadikan pertimbangan utama bagi masyarakat Indonesia untuk melindunginya dengan asuransi kesehatan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asuransi kesehatan menjadi salah satu jenis asuransi yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Pasalnya, asuransi ini bisa melindungi Anda secara finansial jika mengalami sakit mendadak.  Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga memperluas manfaat yang didapatkan, seperti perluasan untuk penyakit kritis.

Asuransi Jiwa Berjangka

Agar masa tua bisa selalu bahagia dan nyaman, tentu saja perlu persiapan. Mumpung masih muda, Anda bisa menyiapkan kebutuhan asuransi jiwa. Cakupan perlindungan: Santunan meninggal dunia.

Asuransi Motor

Tak hanya roda empat, kesayangan Anda si roda dua juga bisa dapat perlindungan. Acara touring Anda akan semakin nyaman. Pilihan Asuransi Motor dengan produk TLO (Total Loss Only), seperti kehilangan dan kerusakaan total, plus biaya medis untuk perlindungan pengendara saat terjadi kecelakaan.

Tidak hanya promo menarik saja, para nasabah yang membeli produk asuransi melalui Futuready, Juga dapat langsung mengajukan klaim melalui customer service kami yang akan dibantu hingga proses klaim selesai. Keuntungan lainnya, para nasabah yang membeli asuransi mobil juga akan mendapatkan layanan prioritas dari bengkel rekanan Futuready Auto Partner.

Comments are closed.