Ini Dokumen Klaim Asuransi Mobil yang Harus Anda Siapkan!

AsuransiAsuransi MobilLifestyle & Leisure

Jangan pernah lupa untuk menyiapkan dokumen klaim asuransi mobil jika Anda hendak mengajukan klaim. Pasalnya, perusahaan asuransi akan mempertimbangkan klaim Anda diterima atau ditolak salah satunya darii dokumen tersebut

Sudah menjadi hal wajar jika pemengang polis mengajukan klaim untuk meminta ganti rugi dari perusahaan asuransi akibat musibah yang dialami terhadap mobil. Baik itu dikarenakan pencurian, kecelakaan, ataupun kerusakan lainnya. Jika musibah ini terjadi dan Anda memiliki asuransi mobil, keuntungan yang didapatkan, Anda tidak perlu khawatir dan cemas untuk urusan biaya. Pasalnya semua biaya ganti rugi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, meskipun begitu, ada prosedur-prosedur yang harus dilakukan oleh pemegang polis agar klaim yang diajukannya tidak ditolak oleh perusahaan asuransi.

SEMUA DAPAT SUBSIDI! Berkendara ke mana pun dan di mana pun, rasakan keamanan maksimal dengan asuransi mobil terbaik di Futuready.com Gunakan kode subsidi MOBIL25P dan langsung dapat SUBSIDI 25%!

dokumen klaim asuransi mobil

Menghubungi Perusahaan Asuransi

Jika mobil Anda dicuri atau mengalami kecelakaan, hal pertama yang haraus Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi mobil yang bersangkutan dalam waktu kurang dari 3×24 jam. Anda bisa menghubungi via sms, telepon, ataupun langsung datang ke perusahaannya. Hal yang perlu digaris bawahi, Anda jangan sampai melewati batas waktu yang sudah ditentukan untuk melaporkannya. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar klaim Anda akan ditolak.

Memberikan Bukti

Untuk prosedur yang satu ini biasanya dilakukan jika Anda ingin mengajukan klaim dikarenakan mobil mengalami kecelakaan. Anda harus mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan mobil Anda pasca kecelakaan. Apalagi kondisi kerusakan pada mobil Anda sangat rusak berat dan memang tidak bisa dikendarai lagi. Namun, jika Anda mobil mengalami kerusakan ringan dan masih bisa dikendarai, Anda bisa langsung membawa mobil tersebut ke salah satu bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Mengisi Formulir

Setelah itu, Anda juga diharuskan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi. Isi formulir selengkap dan sejelas mungkin agar proses klaimnya berjalan dengan lancar.

Memberikan Informasi Secara Jelas

Pasti Anda akan dimintai keterangan terkait musibah yang dialami. Usahakan untuk memberikan keterangan dan alasan sejelas-jelasnnya. Jangan ada yang dikurang-kurangi atau ditutup-tutupi. Pasalnya, hal ini akan menjadi pertimbangan perusahaan asuransi utnuk menentukan apakah klaim yang Anda ajukan diterima atau ditolak.

Menyiapkan Dokumen Klaim Asuransi Mobil

Prosedur yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan semua dokumen klaim asuransi mobil yang dibutuhkan. Adapun beberapa dokumen klaim asuransi mobil yang harus disiapkan sebagai berikut.

  • Formulir klaim yang telah diisi. Proses klaim baru akan dilakukan oleh perusahaan asuransi ketika Anda selaku pemegang polis sudah mengisi formulir klaim yang diajukan dengan lengkap.
  • Fotokopi polis asuransi mobil. Dokumen klaim asuransi mobil ini sebagai bukti bahwa pemegang polis memang benar-benar menjadi nasabah pada perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, dokumen ini juga untuk mengetahui apakah premi telah dibayar sesuai perjanjian atau belum.
  • Fotokopi SIM. Dokumen ini untuk mengetahui benar tidaknya pemegang polis sudah mengantongi surat izin mengemudi yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian.
  • Fotokopi STNK. Ini juga menjadi bukti mobil tersebut miliknya atau bukan.
  • Surat keterangan dari kepolisian. Anda harus minta surat keterangan dari kepolisian. Dokumen klaim asuransi mobil ini juga menjadi pertimbangan perusahaan untuk memberikan ganti rugi atau tidak.
  • Dokumen tanggung jawab pihak ketiga (jika ada pihak ketiga). Surat pernyataan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini menjadikan jaminan bahwa memang benar pemegang polis yang mengakibatkan kerusakan terhadap mobil pihak ketiga. Surat pernyataan tidak ada asuransi. Biasanya ada beberapa perusahaan asuransi tidak akan ganti rugi jika pihak ketiga memiliki asuransi mobil. Oleh karena itu, dokumen klaim asuransi mobil ini menjadi syarat yang penting.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply