Ini Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan adalah dua jenis asuransi yang berbeda. Anda bisa memilih salah satu atau mengombinasikan kedua jenis asuransi ini untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Apakah Anda tahu perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, selain yang satu menangung risiko gangguan penyakit dan satunya menanggung risiko kematian? Ada beberapa perbedaan dari dua jenis asuransi tersebut. Berikut ini perbandingan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Perhatikan perbedaan-perbedaan kedua asuransi tersebut di bawah ini:

Jaminan

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan atas risiko kematian sesuai kesepakatan yang telah diatur dalam polis dan ditandatangani kedua belah pihak.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjamin biaya perawatan kesehatan. Manfaat yang didapat beragam mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga tindakan operasi, sesuai ketentuan dalam polis.

Harga Premi

Asuransi Jiwa

Harga preminya salah satunya ditentukan oleh usia seseorang. Makin tua, uang preminya pun makin tinggi.

Asuransi Kesehatan

Harga preminya biasanya tergantung pada riwayat kesehatan tertanggung. Jika saat cek kesehatan ditemukan risiko sakit yang tinggi, biaya preminya pun makin tinggi.

Proteksi Tertanggung

Asuransi Jiwa

Proteksi asuransi jiwa bermanfaat bagi keluarga yang masih hidup, yang akan terpengaruh secara finansial jika Anda meninggal dunia. Artinya manfaat asuransi sebenarnya dirasakan bukan oleh tertanggung secara langsung, tapi keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi dirasakan sendiri oleh tertanggung yang tercantum di polis. Jadi pemegang polis akan mendapat sejumlah penggantian biaya jika ia sakit.

Uang Pertanggungan

Asuransi Jiwa

Uang pertanggungan bisa tidak dibayarkan karena dua hal. Pertama, jika melanggar ketentuan polis, misalnya melakukan percobaan bunuh diri. Kedua, perlindungannya tidak diberikan karena termasuk kekecualian, misalnya melakukan olahraga berbahaya.

Asuransi Kesehatan

Uang pertanggungan bisa tidak dibayarkan karena dua hal. Pertama, jika melanggar ketentuan polis, misalnya menyembunyikan riwayat sakit tertentu. Kedua, perlindungannya tidak diberikan karena termasuk kekecualian, misalnya sakit kritis seperti jantung atau kanker.

 

Dengan mengerti perbedaan kedua jenis asuransi ini semoga Anda bisa memilih atau mengombinasikan kedua asuransi ini agar mendapatkan perlindungan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply