Ini yang Harus Anda Perhatikan Bila Baru Pertama Kali Membeli Asuransi

AsuransiAsuransi Kesehatan

Asuransi memang sangat penting, tetapi jangan asal membeli asuransi untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli asuransi.

Sebagai seorang pemula, tentunya memilih produk ataupun perusahaan asuransi yang terbaik butuh pengetahuan yang matang. Mungkin nantinya Anda akan dihadapai oleh berbagai pilihan produk dan agen-agen asuransi yang berlomba-lomba menawarkan dengan manfaat atau keuntungan yang berlimpah. Sangat manusiawi sekali jika pada akhirnya Anda akan memilih agen asuransi yang akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Namun, tidak sedikit agen asuransi yang hanya obral janji tetapi kenyataannya tidak sperti apa yang dijanjikan. Ada banyak hal yang nyatanya tidak akan Anda dapatkan. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sekali.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai orang awam yang belum begitu paham tentang asuransi, Anda harus banyak mencari tahu terlebih dahulu, apa itu asuransi, bagaimana cara proses membelinya, manfaat pasti yang Anda dapatkan, dan lain sebagainya. Untuk lebih dalam lagi apa saja yang harus Anda lakukan, berikut ini ulasannya.

Futuready Insurance Broker adalah pionir broker asuransi online di Indonesia yang berada di bawah pengawasan dan telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1.2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready Cara Cerdas Berasuransi

Pahami Prinsip Dasar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda harus benar-benar memahami prinsip dasar sebelum membeli asuransi. Pasalnya hal ini sangat penting. Bukan hanya sebagai pengetahuan saja tetapi untuk pengambilan keputusan nantinya. Secara umum, ada dua jenis dasar asuransi jiwa di Indonesia, yaitu asuransi jangka warsa dan asuransi seumur hidup. Pengertian dari asuransi jangka warsa adalah polis asuransi yang hanya digunakan pada periode tertentu dengan biaya yang cukup murah. Tanggang waktunya biasanya didasari dari nasabah itu sendiri dengan berdasarkan kententuan masing-masing perusahaan asuransi. Misalnya Anda ingin mengambil jangka waktu 5 tahun, 10 tahun, atau 15 tahun.

Sedangkan untuk asuransi seumur hidup, yaitu jenis polis asuransi yang akan memberikan perlindungan seumur hidup, maksudnya jiwa Anda akan dilindungi semasa hidup hingga meninggal dunia. Namun, untuk biaya preminya tentunya jauh lebih mahal dibandingkan asuransi jangka warsa.

Rekam Jejak Perusahaan

Untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi itu yang terbaik dan memang bagus. Anda juga harus cerdas dalam mengamati rekam jejak perusahaan tersebut. Bukan hanya dari review para nasabah yang sudah tergabung saja, tetapi Anda juga harus perhatikan bahwa perusahaan itu memang sudah diakui atau dimonitori oleh suatu lembaga. Di Indonesia, lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah, untuk rekam jejak ini, masih minim sekali perusahaan asuransi dan broker yang mendaftarkan diri ke OJK. Untuk mengetahui perusahaan asuransi mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Anda bisa mengecek di laman website di www.ojk.go.id atau menanyakan langsung ke layanan konsumen OJK di telepon (021) 500655.

Sesuaikan Kebutuhan

Memilih jenis produk asuransi maupun memilih perusahaan penyedia asuransi tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda ingin mempunyai KPR atau memenuhi pendidikan anak-anak hingga tingkat tinggi, maka pilihlah asuransi term life. Namun, jika Anda menginginkan pembiayaan penuh bagi anak maupun pasangan Anda selama seumur hidup, maka pilihlah asuransi whole life.

Bijaksana Dalam Menilai

Bagi Anda yang mengharapkan keuntungan asuransi, sebaiknya jangan membandingkan nilai asuransi dengan uang tunai. Cukup pikirkan manfaat asuransi sebagai solusi terbaik pada saat terburuk dalam hidup Anda. Sehingga, sekalipun Anda meninggal, tidak akan ada masalah finansial yang mengganggu keluarga.

Hitung Nilai Asuransi

Penting bagi Anda untuk menghitung nilai asuransi yang Anda miliki. Hitung pula target asuransi Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mencatat nama dan alamat asuransi Anda. Begitu juga dengan nomor polis, nilai manfaat kematian, data ahli waris, nama agen asuransi, nomor telepon, dan alamatnya, serta tanggal aktif polis yang Anda miliki.

Cara mudah berasuransi di Supermarket Asuransi, Futuready.com ya hanya satu: Cari, bandingkan, pilih, dan langsung bayar.

Tak perlu lagi repot-repot ke luar rumah atau menyediakan banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan asuransi Anda. Dari satu akses digital, Anda akan menemukan semua kabutuhan yang selama ini Anda cari.

Cara cerdas berasuransi hanya di Futuready.com, Supermarket Asuransi yang hadir untuk menjawab semua kebutuhan Anda! Sebagai broker retail asuransi onlineFutuready.com menyediakan saluran distribusi asuransi yang tersebar merata ke seluruh nasabah di mana pun dan kapan pun dan menjadi Supermarket Asuransi bagi Anda Terlebih dengan sistem digital dan website, Anda bisa mengaksesnya di dunia yang serba digital. Akses langsung www.futuready.com dari smartphone Anda.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply