Ini yang Harus Dilakukan Supaya Pengajuan Klaim Asuransi Tidak Ditolak

pengajukan klaim asuransi

Ada persyaratan dan hal-hal yang harus Anda pahami dan tentunya teliti sebelum pengajuan klaim asuransi. Hal ini agar klaim yang Anda ajukan tidak ditolak.

Mayoritas masyarakat tidak ingin membeli asuransi dikarenakan proses klaim asuransi yang rumit dan bahkan seringkali ditolak. Padahal, menurut mereka sudah melakukan prosedur dan memenuhi persyaratan yang berlaku. Namun, pengajuan klaim asuransi tersebut tetap saja ditolak.

Pengajuan klaim asuransi adalah sebuah tindakan berupa permintaan resmi dari pihak nasabah kepada pihak perusahaan asuransi yang bertujuan untuk meminta perlindungan dalam segi biaya sesuai dengan perjanjian atau polis asuransi. Namun, agar masalah tersebut tidak menimpa Anda dan dalam pengajuan klaim tidak ditolak, oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengajukan klaim asuransi.

Identitas Harus Akurat

Hal utama yang harus Anda pastikan saat pengajuan klaim asuransi adalah identitas dan memeriksa kembali identitas yang diajukan apakah sudah lengkap atau belum. Hal ini tentunya sangat penting dan salah satu pengaruh besar dalam pengajuan klaim asuransi. Dalam mengecek identitas Anda harus sangat teliti, jika salah satu saja ada kesalahan, atau kurang satu huruf saja maka pihak asuransi akan menganggap nama tersebut tidak sesuai dengan polis dan pengajuan klaim asuransi akan ditolak.

Waktu Tenggang Mengurus Klaim

Pasalnya penyediakan jasa klaim atau reimburstment untuk pengajuan rawat jalan, inap, atau hal-hal lainnya ini sangat penting untuk keadaan mendesak. Hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit sehingga dalam keadaan darurat harus masuk rumah sakit, tidak memungkinkan untuk menghubungi perusahaan asuransi menanyakan kerja sama dengan rumah sakit yang berkaitan.

Untuk mengenai jangka waktu proses klaim hingga pencairan, itu semua balik lagi kepada pihak perusahaan. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki tenggang waktu berbeda dalam pengajuan klaim. Anda harus mengecek dokumen polis dan juga berhubungan dengan perusahaan asuransi sejak awal Anda dirawat. Umumnya tenggang waktu pengajuan klaim adalah 30 hari. Namun, ada juga yang bisa melayani hingga 60 hari. Itu semua tergantung syarat dan ketentuan dari perusahaan asuransi.

Cakupan Cover

Istilah cover dalam asuransi adalah penanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada para nasabahnya. Pasalnya setiap polis yang diberikan oleh satu nasabah ke nasabah lain berbeda. Hal ini dibedakan dari besar atau sedikitnya premi yang dibayarkan per-bulannya. Jika Anda membayar premi dengan besar, otomatis cakupan atau penanggungannya pun diberikan lebih banyak. Namun, sebaliknya jika premi yang dibayarkan sedikit pertanggungan yang diberikan juga lebih sedikit.

Baca dan Pahami Polis Asuransi

Hal ini yang menjadi poin utama dalam membeli asuransi. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi, jangan lupa untuk baca aturan mainnya dan pahami semua hal yang berkaitan dengan polis asuransi. Jika ada hal-hal yang kurang Anda pahami, jangan sungkan untuk bertanya kepada agen tersebut supaya Anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih dalam lagi dan Anda tentunya akan jauh lebih mengerti. Pasalnya, jika Anda tidak begitu paham, bisasaja kemungkinan pengajuan klaim asuransi bisa ditolak.

Leave a Reply