Jangan Beli Asuransi Jiwa Sebelum Baca Artikel Ini

Asuransi

Asuransi jiwa ternyata banyak variasinya. Sebelum memutuskan membeli, kenali dan pilih asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga agar Anda tak salah beli.

Pada dasarnya ada dua jenis asuransi di Indonesia, yaitu asuransi jiwa dan asuransi kerugian (general insurance). Dari kedua jenis asuransi itu, Anda mungkin sering menjumpai berbagai perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan variasi produk dengan beragam manfaatnya.  Sebelum menentukan pilihan, akan lebih baik jika Anda memahami apa itu asuransi jiwa.

Variasi Produk

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung risiko keuangan akibat terjadinya risiko tertentu atas kehidupan tertanggung. Risiko itulah yang dilindungi agar hidup tertanggung—umumnya keluarga—bisa terjamin. Asuransi jiwa sendiri saat ini dibuat dalam berbagai variasi produk. Bahkan masing-masing perusahaan asuransi kadang memberikan nama produk asuransi jiwa berlainan, meski layanan yang diberikan sebenarnya sama.

Apa saja asuransi jiwa dan produk variasinya? Berikut beberapa di antaranya:

Asuransi Jiwa Murni

Asuransi jiwa murni biasanya menawarkan premi yang lebih terjangkau karena hanya memberi manfaat jika seseorang meninggal. Besarnya uang pertanggungan tergantung dari besarnya premi yang dibayarkan. Nilai pertanggungan ini yang nantinya akan bermanfaat untuk menyambung hidup ahli waris yang ditinggal pemberi nafkah utama keluarga. Karena itu, produk ini cocok untuk orang yang sudah berkeluarga.

Asuransi Jiwa dengan Manfaat Kesehatan

Sebenarnya cara kerja asuransi kesehatan sama dengan asuransi umum (general insurance). Tetapi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia boleh menjual produk asuransi kesehatan karena intinya, ini untuk melindungi jiwa yang sakit. Sama dengan asuransi jiwa murni, besarnya uang pertanggungan atau uang pengganti berobat tergantung dari besarnya premi yang Anda bayarkan.

BACA JUGA: Manfaat Mengasuransikan Kendaraan

Asuransi Jiwa untuk Pendidikan

Produk asuransi jiwa yang ditujukan untuk mempersiapkan dana pendidikan ini juga merupakan variasi dari asuransi jiwa. Perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan untuk biaya sekolah anak dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, misalnya pada waktu masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Syarat untuk mendapatkan pertanggungan ini adalah tertanggung harus terus membayar premi sampai periode tertentu sesuai kesepakatan. Dan jika tertanggung meninggal dunia, perlindungan jiwanya akan membuat anaknya tetap berhak mendapat biaya pendidikan..

BACA JUGA: 5 Checklist Memilih Asuransi Kendaraan

Asuransi Jiwa Berbasis Investasi

Jenis asuransi ini sering disebut asuransi unit link. Asuransi ini digabung dengan investasi tertentu. Dalam ilmu asuransi, asuransi ini sering dikategorikan sebagai asuransi dwiguna, karena selain memberi nilai perlindungan, juga memberi manfaat investasi. Namun, biasanya produk utamanya tetap asuransi jiwa. Hasil investasi dari asuransi ini baru bisa dinikmati setelah beberapa tahun, bukan beberapa bulan setelah membeli polis.

Empat asuransi di atas merupakan asuransi jiwa dengan variasinya. Anda bisa mengenali dan memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan Anda dan keluarga.

Leave a Reply