Jangan Beli Asuransi Sebelum Baca Rekomendasi OJK Ini

Asuransi

Sebagai lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi lembaga keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) punya sejumlah rekomendasi untuk menentukan sehat tidaknya perusahaan asuransi. Apa saja rambu-rambunya?   

Perusahaannya Terdaftar di OJK

Anda bisa memeriksa nama perusahaan asuransi tersebut dan call center-nya di 021-2960 0000. Dengan terdaftar di OJK, berarti perusahaan tersebut sudah resmi diakui secara legal untuk beroperasi di Indonesia. Selain itu, OJK punya wewenang penuh untuk mengawasi tingkat kesehatan perusahaan tersebut.

Tingkat RBC di Atas 120%

RBC atau Risk Based Capital adalah rasio kecukupan modal yang menunjukkan tingkat kesehatan sebuah perusahaan asuransi. OJK mewajibkan RBC minimal 120% dari setiap perusahaan asuransi yang baik. Makin tinggi RBC, makin baik tingkat keuangan perusahaan asuransi tersebut.

Penerbitan Polisnya Cepat

Jika polis dan hal administratif lain lebih cepat ditangani, makin baik perusahaan tersebut. Indikator ini biasanya menunjukkan bagaimana perusahaan asuransi menangani berbagai hal terkait dengan kebutuhan . Selain itu, Anda juga bisa melihat rekam jejak perusahaan dalam menangani klaim.

Dengan melihat ketiga rekomendasi tersebut, semoga Anda bisa lebih bijak dalam memilih mana perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply