Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Asuransi

Hingga saat ini ada beberapa jenis asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih untuk melindungi kehidupan keluarga Anda. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, pastikan jenis asuransi jiwa yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi jiwa adalah perlindungan yang bertujuan memberikan penanggungan terhadap kerugian finansial tak terduga yang mengakibatkan kematian. Memiliki asuransi jiwa tentu pilihan yang tepat untuk Anda dan ini berarti Anda sangat mencintai keluarga.

Hingga saat ini, di Indonesia ada beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih. Setiap jenis asuransi memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Nah, agar tidak salah pilih saat Anda memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, pastikan Anda sudah memiliki pengetahuan lebih luas dan jelas mengenaik jenis-jenis asuransi jiwa.

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau yang sering disebut term life insurance memberikan perlindungan dalam jangka atau periode waktu tertentu. Periode ini sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis. Contohnya, Anda ingin terikat dengan produk ini dalam waktu 10 tahun, maka dalam kurung waktu tersebut, asuransi ini melindungi diri dan juga keluarga Anda jika si pemegang polis meninggal dunia akibat kecelakaan.

Perlindungan yang diberikan berupa santunan yang ditujukan kepada ahli waris sesuai polis. Namun, jika melewati jangka waktu yang disepakati, maka pertanggungan tersebut pun berakhir, sehingga tidak ada hubungan apa pun antara perusahaan asuransi dengan si pemegang polis.

Asuransi Iiwa Seumur Hidup

Selanjutnya ada asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance) atau yang lebih dikenal juga sebagai asuransi jiwa permanen/tetap. Seperti namanya, asuransi ini akan memberikan perlindungan kepada nasabah selama hidup tertanggung (hingga umur 99 atau 100 tahun) dengan catatan polis selalu aktif. Agar polis tersebut dalam keadaan aktif, Anda hanya disarankan membayar premi secara rutin tanpa tunggakan, maka tertanggung akan mendapatkan perlindungan. Namun, khusus untuk perlindungan cacat tetap biasanya berakhir pada usia tertentu, seperti 60 tahun.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Jika Anda ingin memiliki asuransi jiwa sekaligus sebagai investasi atau tabungan, pilih jenis asuransi dwiguna atau endowment. Seperti namanya, asuransi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sebagian untuk perlindungan terhadap jiwa dengan memberi tanggungan finansial atas kematian dan cacat tetap yang dialami pemegang polis, sedangkan untuk bagian tabungan, asuransi ini bisa diandalkan untuk Anda yang ingin memiliki tabungan hari tua atau pendidikan anak Anda yang bisa dicairkan jika masa berlaku polis ini habis.

Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi jiwa yang terakhir adalah asuransi unit link. Pada umumnya, jenis asuransi jiwa ini hampir sama dengan asuransi jiwa dwiguna. Namun, perbedaan yang mencolok terdapat di bagian investasi atau tabungan. Untuk jenis asuransi ini, premi yang Anda bayarkan setiap bulan untuk melindungi jiwa akan digunakan sebagai modal investasi oleh perusahaan asuransi tersebut. Setiap bulannya si pemegang polis akan mendapatkan laporan investasi yang dilakukan. Namun, jangan kaget jika hasil investasi yang diberikan jauh lebih kecil dibandingkan Anda melakukan investasi sendiri.

Produk asuransi jiwa apa pun yang akhirnya Anda putuskan untuk miliki, kesemuanya memiliki manfaat tersendiri bagi diri Anda dan keluarga. Selalu pastikan asuransi jiwa yang Anda miliki adalah asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Comments are closed.