Kenali Asuransi Kesehatan Paling Pas dengan 5 Cara Ini

Asuransi

Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan asuransi yang paling murah atau paling mahal.

Mungkin Anda pernah berpikir produk  asuransi mana yang paling cocok bagi Anda. Tapi ketika membandingkan antara satu produk asuransi dengan produk asuransi lainnya, Anda masih merasa bingung mana yang paling pas dan cocok. Daripada menerka-nerka, kami berikan ciri-ciri asuransi yang pas bagi Anda.

Perhatikan lima hal di bawah ini untuk menentukan produk asuransi mana yang paling cocok bagi Anda:

Besar Nilai Pertanggungan

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan adalah nilai pertanggungan. Berapa nilai pertanggungan yang pas buat Anda? Anda sendiri yang bisa memperkirakannya. Nilai pertanggungan harus dihitung berdasar risiko penyakit. Misalnya saja Anda mempunyai potensi penyakit seperti jantung, hepatitis, atau stroke, idealnya Anda memiliki asuransi dengan nilai tinggi atau asuransi yang menanggung risiko penyakit tersebut. Asuransi penyakit kritis adalah contoh asuransi yang menanggung penyakit kritis.

Lokasi Rumah Sakit Rekanan

Cari asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan rumah sakit yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal Anda. Seandainya terjadi kondisi darurat, Anda bisa segera mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut. Bila rumah sakit mitra asuransi jauh dari tempat tinggal Anda, hal tersebut bisa merepotkan ketika akan berobat.

Fasilitas Untuk Peserta Asuransi

Teliti lebih jeli mengenai manfaat apa saja yang diberikan oleh asuransi kesehatan tersebut. Sebelum menandatangani persetujuan polis dan melakukan pembayaran premi, pastikan Anda sudah memahami fasilitas apa saja yang diberikan. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa saja pengecualian-pengecualian dari polis tersebut. Tanyakan berapa nilai maksimal penggantian rawat jalan dan perlindungan rawat inap di rumah sakit. Pahami hal-hal seperti ini secara mendetail agar Anda tidak menemui kesulitan saat mengajukan klaim.

Kemudahan Proses Klaim

Mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi adalah hak dari peserta asuransi. Perusahaan asuransi dilarang mempersulit tertanggung dalam mengurus asuransinya. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di dunia maya dan cari informasi mengenai perusahaan asuransi yang proses pengajuan klaimnya mudah.

Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Anda perlu mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi tersebut. Pastikan perusahaan asuransi yang menjual produk  asuransi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK rekam jejaknya lebih jelas secara hukum. Anda sebaikya juga mencari informasi rekam jejak perusahaan asuransi tersebut dari sumber lain misalnya dengan membaca surat pembaca di media atau blog yang membahas produk dan layanan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.

Leave a Reply