Perlunya Memiliki Asuransi Perjalanan

Siapa yang tidak suka dengan traveling? Tentunya semua orang suka! Dengan melakukan traveling, Anda akan menemukan berbagai macam pengalaman. Mulai dari bertemu dengan orang baru, hingga Anda mendapatkan keseruan baru yang ada pada kota atau negara tersebut.Ê
Ê
Tidak hanya melakukan traveling saat liburan saja, tetapi melakukan perjalanan ketika kerja pun Anda akan mendapatkan keseruan lainnya. Jika Anda sering melakukan perjalanan dengan beberapa alat transportasi, maka misalnya pesawat terbang.
Akan lebih baik jika Anda melengkapi perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan yang dapat melindungi Anda saat perjalanan traveling, karena saat melakukan perjalanan jauh Anda tidak akan pernah tahu kondisi seperti apa yang akan Anda alami.
Ê

Membeli Asuransi Perjalanan Online

Katakanlan tas Anda dicuri saat traveling, atau penerbangan tertunda, bahkan kemungkinan terburuknya adalah kesehatan Anda terganggu. Semua ini pastinya akan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk Anda tanggung.Ê
Ê
Dengan menggunakan asuransi perjalanan membantu Anda, dalam menutup risiko tersebut dan mengkompensasi pemegang polis untuk kerugian yang timbul karena kejadian tak terduga selama perjalanan.
Ê

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Online Terbaik

Saat ini, banyak perusahaan asuransi perjalanan online terbaik yang menawarkan kemudahan dalam perlindungan para nasabahnya. Begitu banyaknya asuransi perjalanan online terbaik, membuat Anda merasa bingung untuk menentukan mana asuransi yang akan Anda pilih.
Ê
Agar Anda tidak merasa bingung menentukan asuransi perjalanan online terbaik, ada baiknya Anda mengikuti tips memilih asuransi perjalanan online terbaik. Berikut tipsnya:
Ê

1. Cari Tahu Seberapa Luas Jangkauan Perlindungan

Tips memilih asuransi perjalanan online terbaik adalah mengetahui jangkauan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi tersebut. ÊWisata dengan risiko tinggi, biasanya tidak bisa diproteksi asuransi perjalanan.
Ê
Misalnya saja olahraga ekstrem, wisata alam liar atau ke tempat yang dianggap berbahaya seperti ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan di luar premi asuransi perjalanan pada umumnya.
Ê
Untuk itu, sebelum memilih asuransi perjalanan, ada baiknya Anda menanyakan luas jangkauan perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut.Ê
Ê

2. Durasi Perjalanan

Polis asuransi perjalanan bisa hanya berlaku untuk perjalanan tunggal atau lebih dari satu perjalanan dalam satu tahun. Frekuensi perjalanan yang Anda lakukan akan berpengaruh dalam menentukan pilihan polis yang tepat.
Ê
Periksa pula berapa hari durasi perjalanan Anda yang terdapat dalam polis. Untuk mengantisipasi waktu perjalanan yang lebih lama dari rencana, lebih baik memilih jangka waktu yang sedikit lebih lama dari rencana.
Ê
Periksa pula apakah polis menawarkan fitur perpanjangan dalam hal durasi perjalanan yang diperpanjang. Fitur ini dapat membantu menghemat premiÊyang Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi.Ê
Ê
Ê

3. Cermati Berapa Besar Biaya yang Ditanggung Pihak Asuransi

Sebagai nasabah asuransi perjalanan, Anda harus meneliti secara detail hal apa saja yang akan ditanggung. Seringkali terjadi kondisi tumpang tindih alias dobel proteksi dari beberapa asuransi yang Anda miliki, sedangkan tertanggungnya sama. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki.
Ê

4. Cari Perbandingan

Tips memilih asuransi perjalanan online terbaik berikutnya adalah carilah perbandingan antara asuransi perjalanan satu dengan asuransi perjalanan online terbaik lainnya. Dengan melakukan perbandingan Anda mungkin, akan mendapatkan penawaran fasilitas yang lebih baik dan juga harga premi yang lebih terjangkau.Ê
Ê
Dalam hal ini Anda bisa menanyakan pendapat dari kerabat, atau teman yang pernah menggunakan asuransi perjalanan sebagai referensi. Anda juga bisa bertanya pada agen perjalanan wisata atau maskapai penerbangan, mengenai asuransi perjalanan tersebut.Ê
Ê

5. Lihat Riwayat Perusahaan Asuransi

Sebelum Anda menentukan perusahaan asuransi perjalanan online terbaik, sudah tentu Anda harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki track record yang baik dalam menangani nasabah ketika mengalami accident.Ê
Ê
Jika perusahaan asuransi tersebut memiliki track record baik pada pelayanannya, ada baiknya Anda memilih asuransi tersebut. Tapi apabila Anda menemukan asuransi tersebut memiliki citra buruk, sebaiknya Anda hindari.
Ê
Walaupun perusahaan asuransi tersebut memberikan premi yang lebih murah dibandingkan perusahaan asuransi perjalanan lainnya. Pahami juga bagaimana proses klaim pada asuransi perjalanan tersebut.
Ê

6. Perhatikan Isi dan Penjelasan Asuransi

Anda harus memerhatikan dan membaca isi mengenai penjelasan asuransi perjalanan tersebut, cermat, dan teliti menjadi poin penting dalam hal ini. Jangan sampai Anda merasa dirugikan, karena ternyata ada poin-poin atau penjelasan yang tidak sesuai.
Ê
Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dengan seksama. Sebagai contoh, Anda dan keluarga akan menggunakan asuransi perjalanan untuk keluarga. Bila Anda akan membawa anak selama perjalanan, maka pastikan apa kriteria anak yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut seperti berapa usia yang masih masuk dalam kategori anak-anak. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan asuransi mempunyai peraturan yang berbeda-beda.
Ê
Jika dirasa Anda kurang paham dalam beberapa poin, tanyakan kepada agen asuransi perjalanan tersebut.Ê
Ê

7. Cari Tahu Kondisi Kesehatan

Pahami bahwa setiap tertanggung memiliki riwayat sakit, dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur, walau sekilas nampak menguntungkan menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya.
Ê
Tetapi pada saat terjadi klaim, bisa saja klaim Anda dapat ditolak. Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan yang justru mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan Anda berbohong.
Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada tahap awal dengan sebenarnya sehingga kasus klaim ditolak tidak Anda alami.
Ê
Ê
Tips memilih asuransi perjalanan online terbaik tersebut bisa Anda jadikan satu pengalaman informasi, agar saat Anda memilih asuransi perjalanan Anda sudah mengetahui poin-poin penting yang harus Anda ketahui dan menjadi pertimbangan. Terlalu banyaknya perusahaan perjalanan online terbaik, membuat Anda harus berusaha keras dalam memilih asuransi mana yang cocok untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *