Ketahui Rate Premi Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Sudahkah Anda yakin dengan pilihan jenis asuransi mobil Anda? Atau Anda justru sedang bingung memilihnya? Simak ulasan mengenai asuransi all risk, biaya rate premi asuransi mobil, dan penjelasan lainnya berikut!

AsuransiAsuransi Mobil

Pilih asuransi yang terbaik untuk kendaraan mobil dengan premi yang terjangkau oleh anda. Ketahui semua rate premi asuransi mobil TLO dan all risk ini.

Jenis Asuransi Mobil

Bagi Anda yang baru saja membeli mobil, mungkin mulai memikirkan proteksi atau perlindungan bagi mobil Anda. Beragam jenis asuransi mobil, baik untuk mobil baru maupun bekas bisa Anda pilih sesuai pertimbangan terbaik Anda.
Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil Anda yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu. Dengan memiliki asuransi berarti Anda memindahkan resiko kepada pihak perusahaan asuransi. Jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.
Hal ini tentunya sangat penting jika Anda tinggal di kota yang padat penduduk terutama sekali Jakarta karena jumlah mobil kendaraan yang lalu lalang sangat padat! Kita memang tidak pernah berharap terlibat dalam suatu kecelakaan atau kemalingan mobil, namun yang namanya nasib siapa yang tahu?Ê
Asuransi mobil akan sangat membantu Anda dalam hal ini. Bagi Anda yang belum paham betul tentang asuransi mobil, mungkin ada baiknya untuk mengambil asuransi mobil jenis all risk karena asuransi jenis ini akan meng-cover biaya perbaikan mobil sekecil apapun.
Sedangkan jenis total lost only hanya akan meng-cover jika mobil Anda hilang atau rusak parah hingga 75%. Umumnya asuransi jenis all risk pasti lebih mahal daripada TLO, hal ini wajar karena cakupan perlindungannya juga jauh berbeda.Ê

Pengertian Jenis Asuransi Mobil All Risk

Tahukah Anda pengertian asuransi all risk? Asuransi all risk adalah jaminan atau ganti rugi oleh perusahaan asuransi atas kerugian sebagian atau keseluruhan mobil akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas.
Kewajiban dari peserta asuransi yaitu membayar premi dengan nilai sesuai dengan kesepakatan dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak asuransi. Hak dari konsumen ini adalah menerima pembayaran klaim sesuai dengan tingkat kerusakan objek.

Kesalahan Masyarakat Mengenai Jenis Asuransi Mobil All Risk

Hingga saat ini masih banyak anggapan masyarakat yang salah mengenai asuransi all risk. Apa sajakah itu?
  1. Preminya mahal tapi tak sebanding dengan manfaatnya atau tak sesuai yang dibutuhkan
  2. Terlalu banyak mengambil manfaat, padahal belum tentu manfaat itu dibutuhkan sehingga uang yang dikeluarkan jadi sia-sia
  3. Sebagian masyarakat menganggap memiliki asuransi all risk bisa membuat nilai tambah saat ingin menjual kendaraan. Ini merupakan anggapan yang salah, polis asuransi menjadi batal dengan sendirinya begitu kendaraan Anda dijual.
  4. Sudah beli produk salah, eh manfaatnya sama sekali tak dibutuhkan.
  5. Menyamakan asuransi sebagai produk investasi di mana berharap ketika tidak ada klaim, uangnya bisa balik.

Biaya Rate Premi Asuransi Mobil Baru dan Bekas All Risk

Memilih asuransi untuk mobil baru memang perlu pertimbangan. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah premi. Premi merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.
Besarnya jumlah premi yang Anda bayarkan tergantung dari beberapa hal yaitu:
  1. Nilai mobil
  2. Tahun mobil
  3. Jenis nomor plat
Biaya rate premi mobil bekas dan mobil baru bisa disebut tidak ada bedanya. Asuransi jarang menetapkan rate premi asuransi berdasarkan status objek pertanggung itu mobil baru atau bekas. Perusahaan asuransi menetapkan rate harga pasar berdasarkan situasi dan kondisi yang berlaku terkini.
Sudahkah Anda paham mengenai asuransi all risk setelah membaca ulasan di atas? Tentu pemahaman Anda mengenai biaya rate premi jenis asuransi mobil untuk mobil baru dan bekas all risk ini akan bermanfaat saat memilih asuransi mobil yang tepat.

Leave a Reply