Ketahui Perbedaan Mendasar Sebelum Memilih Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Saat melakukan perbandingan asuransi mobil all risk dan TLO sudahkah Anda yakin memilih jenis asuransi yang tepat? Karena, jenis asuransi mobil baik all risk maupun TLO memiliki kelebihan dan jangkauan masing-masing.

Asuransi

Asuransi Mobil, Perlukah?

Asuransi mobil adalah jenis asuransi khusus mobil, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam memilih asuransi mobil untuk mobil baru hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service), dan biaya atau beban.

Jika Anda memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi. Katakanlah suatu saat Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.

Hal ini tentunya sangat penting jika Anda tinggal di kota yang padat penduduk, terutama sekali Jakarta. Sebab jumlah kendaraan yang lalu-lalang sangat padat. Kita memang tidak pernah berharap terlibat dalam suatu kecelakaan atau kemalingan mobil namun yang namanya nasib siapa yang tahu?

Asuransi mobil akan sangat membantu Anda dalam hal ini, bukan? Inilah salah satu alasan asuransi mobil tersebut memang perlu Anda miliki. Terutama saat Anda membeli mobil baru, Anda perlu memikirkan pilihan terbaik.

Manfaat Asuransi Mobil

Apa saja mafaat asuransi mobil? Apakah manfaat tersebut membuat Anda wajib memiliki asuransi mobil? Berikut beberapa manfaat asuransi mobil yang bisa menjadi pertimbangan memiliki asuransi mobil.

  1. Meminimalkan kerugian yang ditanggung pemilik mobil. Secara umum manfaat asuransi mobil adalah untuk meminimalkan kerugian yang ditanggung pemilik mobil. Misalnya saja, kerugian akibat kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan ringan atau kerusakan berat, hilang akibat dicuri dan sebagainya.
  2. Menenangkan batin dan pikiran pemilik mobil. Dengan memiliki asuransi, pemilik mobil juga akan merasa tenang secara batin dan pikiran. Ini karena asuransi memberikan jaminan jika terjadi kecelakaan atau bencana lainnya pada mobil Anda.
  3. Transfer risiko. Maksudnya, dengan membayar premi yang relatif kecil, perusahaan atau seseorang bisa mentransferkan risiko masalah jaminan proteksi kepada perusahaan asuransi.
  4. Proteksi perlindungan risiko atau kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari

Baca Juga: Kerusakan yang Ditanggung Asuransi Mobil 

Simak Perbandingan Mendasar Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Asuransi mobil all risk merupakan asuransi yang memproteksi dari segala macam kerusakan yang mungkin akan terjadi di waktu yang akan di masa datang, mulai dari kerusakan kecil seperti lecet pada body mobil, lampu pecah, dan sebagainya.

Asuransi jenis ini memiliki biaya premi lebih besar dibandingkan jenis TLO. Hal ini karena asuransi all risk bukan hanya mencakup kerusakan ringan tetapi juga memberikan proteksi pada kerusakan besar.

Sedangkan asuransi Total Lost Only (TLO) merupakan asuransi yang akan memberikan ganti rugi jika mobil yang diasuransikan tersebut mengalami kerusakan berat di atas 75%. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Memperluas Proteksi Asuransi Mobil

Jenis asuransi mobil baik all risk maupun TLO memiliki kelebihan dan jangkauan masing-masing. Perluasan pertanggungan ini meliputi hal-hal yang mungkin terjadi pada mobil yang di antaranya disebabkan oleh banjir, kerusakan, gemba bumi atau tsunami, dan terorisme.

Risiko kerusakan atau kehilangan akibat beberapa hal tersebut merupakan hal yang mungkin terjadi. Namun, untuk memperluas proteksi asuransi mobil, tentu Anda harus membayar premi yang lebih besar yaitu premi murni dan premi perluasan pertanggungan.

Jadi, sudah pahamkah Anda mengenai perbedaan mendasar asuransi mobil all risk dan TLO setelah membaca penjelasan di atas? Untuk memilih asuransi mobil untuk mobil baru, Anda memang harus bisa mempertimbangkan berbagai hal dan sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Lebih Untung Mana Asuransi Mobil All Risk atau Total Lost Only

Leave a Reply