Kualitas Cat dan Proses Pengecatan Bodi Mobil di Max Motor

AsuransiAsuransi MobilMobil

Kualitas dan proses pengerjaan menjadi hal penting bagi Max Motor yang harus diutamakan agar kualitas cat yang dikerjakan menjadi sangat optimal.

Sebagai bengkel body repair, kualitas cat dan proses pengecatan bodi mobil menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab, jika ada kesalahan sedikit hasil dari proses pengerjaan itu tidak mencapai titik maksimal dan tentu pelanggan akan kurang puas dengan hasil yang diperoleh.

Oleh karena itu, bagi Max Motor, selalu menjaga kualitas dan juga memperbaharui proses pengecatan yang lebih modern. “Sebab, kualitas cat baik atau tidaknya ditentukan dari bengkel itu sendiri,” pungkas Alia.

Proses Pengerjaan Cat Bodi Mobil

bengkel max motor

Pada dasarnya, untuk pengecatan bodi disetiap bengkel memiliki alur proses yang sama. Perbedaannya hanya terdapat pada bahan baku dan juga alat-alat yang digunakan. Ada yang masih menggunakan alat tradisional ataupun mengikuti perkembangan zaman dan menggantinya menjadi lebih modern.

“Di sini, kami menggunakan oven merk Blowtherm dari Italia. Oven ini sudah terbukti kualitasnya di dunia khusus untuk pengecatan body mobil sebagai automotive spray booth dengan teknologi terbaik di kelasnya. Tentu saja perawatan oven ini juga perlu dimaintain dengan baik, bukan hanya demi menghasilkan kualitas pengecatan yang baik, oven yang memadai dan dimaintain kebersihannya juga mempengaruhi kesehatan painter atau tukang cat,” tambah Alia.

Alia menjelaskan, untuk pengerjaan cat mobil di Max motor tergantung pada kerusakan mobil tersebut dan jumlah panelnya. Apakah kerusakan berat yang memerlukan las/ketok, atau hanya baret yang dapat langsung dilakukan pendempulan. Perbaikan kerusakan ringan hingga medium (1-3 panel tanpa las/ketok) kurang lebih setengah hari kerja untuk persiapan pembersihan permukaan panel, pendempulan hingga epoxy (cat dasar).

Untuk pengecatannya sendiri kira-kira 1-2 jam. Selanjutnya untuk tahap finishing harus menunggu cat kering pengerjaannya sekitar 2-3 jam. Jadi total estimasi pengerjaan sekitar 2-3 hari kerja, tergantung jam berapa unit masuk bengkel dan mulai dikerjakan. Beda halnya untuk pengecatan full body light repair (kerusakan ringan) estimasi pengerjaannya 14-15 hari kerja.

bengkel body repair max motor

Setiap pengerjaan tentu ada saja kendala atau hal-hal yang membuat proses pengerjaan menjadi lebih lama. Alia menjelaskan bahwa kasus perbaikan yang unitnya sudah dalam pengecatan sebelumnya di beberapa panel, tapi hasil warnanya berbeda dengan warna awal, sehingga terlihat belang. Hal ini cukup membingungkan tinter untuk pembuatan warna untuk menyamakan warna asli mobil.

Namun, Alia optimis bahwa setiap kasus tersebut selalu ada jalan keluarnya. Namun, jika hasilnya memang tidak sesuai dengan yang diharapkan, Max Motor sendiri memberikan garansi perbaikan selama tiga bulan sejak unit selesai perbaikan dan diterima oleh customer. “Kami bersedia melakukan perbaikan ulang untuk masalah pengecatan dengan ketentuan bila dalam waktu tiga bulan tersebut warna berubah extreme, cat luntur, atau warna belang dan telah disetujui tinter pihak glasurit sebagai pembuat warna tersebut,” tutup Alia.

Bengkel Max Motor

Telepon: 081285128182 /  (021) 7290402

Alamat: Jalan Sultan Iskandar Muda No.28 A, RT.4/RW.7, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 12240

 

Comments are closed.