Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Kesehatan yang Bagus untuk Anda

Saat ini, banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk andalannya berupa asuransi kesehatan. Asuransi ini menjamin ketenangan ketika Anda mengalami sakit atau ketika Anda membutuhkan perawatan kesehatan. Memilih asuransi saat ini tidak sulit untuk Anda lakukan, karena banyak sekali perusahaan atau agen asuransi yang berdiri di Indonesia.
Ê
Berbicara mengenai asuransi kesehatan yang bagus, tentunya Anda akan memilih jenis asuransi kesehatan yang memiliki manfaat baik untuk Anda. Oleh sebab itu, asuransi kesehatan haruslah menjamin segala kebutuhan Anda ketika Anda mengalami sakit. Mulai dari perawatan rumah sakit, resep obat, biaya dokter, dan segala bentuk biaya yang dibutuhkan saat Anda mengalami sakit.Ê
Ê

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Bagus

Jika Anda hendak memilih asuransi kesehatan, sebaiknya Anda bisa mengikuti 6 tips jitu memilih asuransi kesehatan yang bagus. Berikut daftarnya:
Ê

1. Pahami Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Ketika berbicara mengenai asuransi kesehatan, terdapat dua jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yaitu hospital benefit dan hospital cash plan. Jenis produk asuransi hospital benefit memberikan penggantian biaya secara terinci atas berbagai macam biaya yang Anda keluarkan saat melakukan pengobatan di rumah sakit.
Ê
Pada sistem klaim cashless atau non-reimbursement, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan kartu yang dapat digunakan oleh pemegang asuransi untuk bertransaksi ketika melakukan pembayaran. Kartu tersebut biasanya akan diberikan kepada petugas rumah sakit untuk dilakukan penggesekan saat pembayaran.Ê
Ê
Sedangkan jenis produk asuransi hospital cash plan merupakan jenis produk asuransi yang memberikan penggantian pada jumlah (nominal) tertentu sesuai dengan perjanjian di awal kontrak. Besar penggantian sudah disepakati di awal kontrak dengan metode klaim produk asuransi kesehatan cash plan adalah reimbursement.
Ê
Misalnya, Anda membeli produk cash plan dengan besar santunan Rp 1.000.000,00 per hari, ketika terjadi rawat inap selama 10 hari, Anda akan mendapatkan santunan Rp 10 juta, tidak peduli meski total biaya rawat inap Anda hanya Rp 6 juta atau Rp 50 juta, karena sistem ini tidak memperhitungkan total biaya rawat inap.
Ê

2. Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Perusahaan asuransi memiliki berbagai macam jenis dan produk bisa Anda pilih. Terkadang, banyaknya pilihan ini membuat Anda bingung hingga akhirnya Anda memilih asuransi kesehatan yang salah dan kurang sesuai dengan kebutuhan.
Ê
Agar mencegah hal ini, Anda harus memahami kebutuhan dan riwayat dari kesehatan Anda. Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dan meringankan beban finansial Anda dan keluarga. Asuransi kesehatan juga hendaknya tidak membebani keuangan Anda, maka diharapkan Anda bisa mengatur keuangan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi. Ê
Ê

3. Manfaat dari Asuransi Kesehatan yang Anda Dapatkan

Sebelum Anda memilih asuransi kesehatan, ada baiknya Anda mengetahui manfaat dari asuransi kesehatan yang Anda pilih. Misalnya, jaminan ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga selaku nasabah. Dengan demikian, Anda tidak perlu risau mengenai biaya kesehatan.Ê
Ê
Anda cukup melakukan klaim dengan menunjukkan dokumen atau kartu yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut atau dengan sistem reimbursement atau cashless. Manfaat lainnya ketika Anda memiliki asuransi, Anda dapat mengatur keuangan dengan baik karena Anda harus membayar premi per bulannya.Ê
Ê

4. Pilih Premi Sesuai KeuanganÊ

Memilih asuransi yang bagus tidak harus merogoh kocek yang dalam jika Anda tahu bagaimana caranya. Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
Ê
Namun, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah semakin lengkap pertanggunan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi, semakin tinggi pula premi yang harusnya Anda bayarkan.Ê
Ê
Apabila Anda ingin mempersiapkan dana kesehatan Anda, pilihlah asuransi kesehatan yang tidak mencekik keuangan Anda. Sesuaikan juga jumlah premi yang Anda pilih dengan gaji yang Anda terima, setidaknya 10% dari gaji.Ê
Ê
Ê

5. Ketahui Jaringan Rumah Sakit

Dalam memilih asuransi kesehatan, Anda harus mengetahui rumah sakit yang dapat menerima klaim dari perusahaan asuransi. Sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari semua rumah sakit atau dari rumah sakit yang dapat dijangkau dengan mudah dari tempat tinggal Anda.
Ê
Pastikan Anda mengetahui rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih, serta jenis-jenis perawatan yang ditawarkannya. Secara umum, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan asuransi kesehatanyaitu rawat jalan (out-patient) dan rawat inap (in-patient). Ada juga perusahaan asuransi yang menanggung biaya persalinan dan perawatan gigi.
Ê

6. Lihat Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asuransi adalah produk jangka panjang. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang kredibel. Cara mudahnya adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan dan proses klaimnya.
Ê
Jangan tergiur dan cepat mempercayai premi murah yang ditawarkan dengan manfaat serta jenis perawatan yang lengkap. Setiap perusahaan asuransi memiliki jenis perawatan dan premi yang berbeda-beda untuk nasabahnya dengan rincian pertanggungan yang berbeda-beda pula. Semua informasi tercantum dalam polis Anda, jadi bacalah dengan teliti.
Ê
Pada saat Anda memilih asuransi kesehatan yang bagus, perhatikan 6 tips tersebut sebagai petunjuk Anda. Jangan sampai Anda memilih asuransi kesehatan yang salah, terlebih lagi ketika mengenai iuran bulanan yang harus Anda bayarkan.
Ê
Walaupun banyak perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai keuntungan, tetapi Anda juga harus memikirkan segi keuangan Anda juga. Jangan sampai, niat awal membeli asuransi karyawan yang bagus menjadi urung karena pertimbangan yang kurang matang.
Ê

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *