Mengapa Anda Butuh Asuransi Jiwa? Inilah Alasannya!

Setiap orang yang bijaksana pasti memiliki rencana untuk menata masa depannya. Namun, risiko yang menghadang rencana tersebut tentu tidak bisa diprediksi secara tepat. Anda tentu tidak tahu kapan Anda tertimpa musibah, mengalami kendala dalam pekerjaan atau bisnis, serta masalah lainnya yang mengganggu kestabilan kondisi finansial keluarga.
Ê
Menurut Kasir Iskandar, risiko bisa didefinisikan sebagai keadaan yang tidak pasti. Tidak ada yang dapat menebak kapan dan di mana risiko tersebut akan menjadi kenyataan. Oleh sebab itu, Anda patut melindungi diri untuk meminimalkan dampak dari risiko tersebut. Salah satunya dengan cara memiliki jenis asuransi, seperti asuransi jiwa, sebagai bentuk perlindungan bagi kondisi finansial keluarga Anda. Beberapa alasan penting berikut ini akan mendukung keputusan Anda untuk memiliki asuransi jiwa.
Ê

Memberikan Jaminan Keberlangsungan Hidup bagi Keluarga

Asuransi jiwa akan memberikan Uang Pertanggungan (UP) kepada penerima asuransi bila pihak tertanggung meninggal dunia.[1] Hal tersebut berarti Anda sudah memberikan perlindungan terhadap kondisi finansial keluarga Anda. Risiko kematian yang dialami oleh pencari nafkah utama di keluarga bisa membuat kestabilan hidup keluarga jadi terganggu setelah kepergiannya. Sehingga, Anda patut memiliki produk asuransi jiwa dengan nilai UP yang memadai.
Ê
Metode yang disebut live value method dari Perencana Keuangan, Prita Ghozie, dapat membantu Anda untuk melakukan perhitungan UP yang dibutuhkan keluarga Anda.[2] Melalui live value method, nilai kebutuhan keluarga setiap bulan akan dikalikan dengan 12 bulan dan dikalikan kembali dengan lamanya waktu yang dibutuhkan ahli waris untuk mencapai usia mandiri (bila ahli waris yang ditunjuk adalah anak di bawah umur). Bila metode perhitungan tersebut bisa Anda lakukan dengan cermat, niscaya manfaat asuransi jiwa bagi keluarga Anda akan semakin maksimal.
Ê

Menghindarkan Keluarga dari Beban Utang

Kondisi finansial keluarga Anda juga tidak akan terbebani bila seluruh utang Anda dapat dilunasi dengan baik. Melalui UP dari produk asuransi jiwa yang Anda miliki, maka keluarga tak akan merasa kesulitan saat harus melunasi utang-utang Anda.[3] Itulah sebabnya mengapa proses kredit rumah atau kendaraan biasanya juga disertai dengan produk asuransi jiwa sebagai fitur tambahan. Jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan pada diri Anda, perusahaan asuransi akan melunasi angsuran kredit Anda sesuai dengan kesepakatan asuransi yang tertera pada polis.
Ê

Mendapatkan Manfaat Finansial Lainnya

Ada produk-produk asuransi jiwa yang dilengkapi dengan fitur tabungan. Jadi, bila tertanggung masih berada dalam kondisi hidup pada akhir masa kontrak, maka tertanggung berhak mendapatkan sejumlah uang dari fitur tabungan tersebut.[4] Dana dari produk asuransi jiwa tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menambah tabungan pensiun atau kebutuhan lainnya. Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami ketentuan dari fitur tabungan ini, dan bandingkan antara biaya yang perlu Anda keluarkan saat ini dengan potensi imbal hasil di masa depan.
Ê
Setelah mengetahui manfaat asuransi jiwa serta alasan penting di balik kepemilikan asuransi jiwa, ketahui juga jenis-jenis asuransi jiwa di sini.
Ê

Leave a Reply