Mengapa Premi Asuransi Tinggi? Ini Alasannya!

Asuransi

Anda mungkin pernah bertanya, mengapa biaya premi asuransi kesehatan saya lebih mahal dibanding teman sebaya lainnya? Ternyata, ini dia penyebabnya.  

 

Saat membanding-bandingkan harga asuransi kesehatan yang Anda bayar dengan teman sekantor, mungkin Anda penasaran, mengapa biaya premi Anda lebih mahal? Ternyata, ini beberapa hal yang berpengaruh pada harga premi Anda.

  • Perbedaan Usia

Makin tua, orang cenderung lebih mudah sakit dan masa sakitnya lebih lama. Karena itu orang yang usianya lebih tua biaya polisnya rata-rata lebih mahal.

  • Riwayat Kesehatan Kurang Bagus

Jika Anda pernah sakit keras, dirawat di rumah sakit, atau harus dioperasi, biasanya preminya akan lebih mahal. Ini karena Anda dianggap punya risiko kesehatan lebih tinggi.

  • Berjenis Kelamin Laki-Laki

Menurut Iskandar Kasir dalam bukunya Dasar-dasar Asuransi Jiwa, Kesehatan, dan Anuitas, laki-laki dianggap berisiko berumur lebih pendek dari perempuan. Itulah penyebab biaya premi laki-laki lebih tinggi dari wanita.

  • Punya Pekerjaan Berisiko Tinggi

Pekerja lapangan yang rawan kecelakaan biasanya preminya lebih mahal. Misalnya pekerja bidang tambang, lebih mahal preminya dibanding orang yang bekerja di balik meja di kantor. Sebab risiko kerja yang dihadapi keduanya berbeda.

  • Punya Gaya Hidup yang Berisiko Tinggi

Gaya hidup seperti suka merokok dan minum beralkohol bisa membuat premi orang lebih tinggi. Sebab, seseorang dianggap lebih berpotensi terserang penyakit. Bukan itu saja, gaya hidup seperti hobi berisiko tinggi seperti suka naik gunung atau menyelam juga membuat premi asuransi akan lebih tinggi karena hobi tersebut rawan kecelakaan.

 

Dengan mengetahui beberapa faktor di atas, semoga Anda sudah paham mengapa premi asuransi kesehatan Anda lebih tinggi dibanding yang lain.

Leave a Reply