Mengenal Lebih Jauh Seputar Agen Asuransi

Asuransi

Agen asuransi merupakan pekerjaan krusial di dunia asuransi. Tanpa mereka, produk yang ditawarkan serta target penjualan akan sulit dicapai.

Patut diakui, asuransi telah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan banyak dijalankan beberapa tahun belakangan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah perusahaan asuransi yang menjalankan bisnisnya dan menawarkan produknya di tanah air. Tak hanya perusahaan yang berasal dari dalam negeri saja, nyatanya ada banyak perusahaan asuransi yang berasal dari luar negeri juga yang menjalankan bisnisnya di tanah air. Ini menjadi bukti bagaimana asuransi bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan dan laik untuk tetap dipertahankan.

Selain perusahaan, jumlah produk asuransi juga semakin hari semakin banyak. Perusahaan asuransi berlomba-lomba untuk melahirkan beragam produk di dalam layanan yang mereka berikan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa mencapai angka penjualan dan mendatangkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Banyaknya jenis produk asuransi, tentu memberikan kemudahan dan pilihan yang beragam untuk nasabah. Sebab, produk asuransi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari nasabahnya yang secara tidak langsung akan berdampak pada penjualan yang terus meningkat.

Baca juga: Ayo, Mengenal Lebih Luas Pialang Asuransi!

Tapi, berbagai macam produk tersebut tentu butuh diperkenalkan pada khalayak. Sebab, banyaknya jenis asuransi sering kali membuat calon nasabah bingung dalam memilih. Oleh karena itu, pihak perusahaan asuransi membutuhkan satu sosok yang dapat melakukan hal tersebut, yakni agen asuransi.

Siapa Sebenarnya Agen Asuransi?

Agen asuransi adalah perseorangan atau badan hukum yang berfungsi memasarkan produk-produk asuransi kepada calon nasabah. Melalui agen asuransi, akan tercipta kesepakatan antara nasabah dan juga perusahaan asuransi dalam kepemilikan suatu produk asuransi.Nantinya kesepakatan tersebut akan tertulis dan dicantumkan di buku polis asuransi.

mengenal agen asuransi

mengacu pada pengertiannya, maka ketika seseorang akan menggunakan layanan sebuah asuransi dari perusahaan asuransi tertentu, orang tersebut akan berhubungan atau berurusan dengan seorang agen asuransi yang bekerja untuk perusahaan asuransi tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwa satu agen asuransi hanya boleh memasarkan produk-produk yang terdapat pada satu perusahaan saja. Hal ini disebabkan agar agen asuransi tersebut bisa lebih memahami produk asurnasi dari perusahaan tersebut. Sehingga ketika ada banyak pertanyaan dari nasabah, mereka bisa menjawabnya dengan maksimal dan lancar.

Syarat dan Ketentuan Menjadi Agen

Berbagai macam hal mengenai ketentuan agen penjual asuransi telah diatur di dalam Pasal 27 PP No. 73 Tahun 1992 yang menyebutkan bahwa:

  1. Setiap agen hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  2. Agen  wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya.
  3. Semua tindakan agen yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang menaunginya.

Dalam mencari nasabah, seorang agen harus bisa menjelaskan produk tersebut secara benar dan jelas.Contohnya, tentang program produk asurani tersebut, ketentuan yang ada di buku polis, hak, serta kewajiban dari calon nasabah tersebut.

Beberapa poin mengenai peraturan di atas, dengan jelas mengatur kewenangan dan juga kewajiban seorang agen. Sebab, pemerintah ingin asuransi menjadi kebutuhan umum masyarakat Indonesia dan memiliki peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Oleh karena itu, pekerjaan sebagai agen asuransi cukup berat. Sebab, mereka harus bisa memegang kepercayaan dari nasabah jika sesuatu hal buruk terjadi. Kepercayaan dari klien inilah yang menjadi kunci utama dalam penjualan yang akan Anda lakukan, ketika seseorang telah percaya pada sebuah produk, maka akan lebih mudah baginya untuk melakukan action (tindakan) selanjutnya, yakni pembelian.

Memasarkan sebuah produk tidak selalu harus dilakukan dengan mengingat sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penjualan yang Anda lakukan. Namun, Anda perlu menikmati setiap proses yang terjadi di sana, sehingga semuanya terasa ringan dan Anda menikmati apa yang sedang Anda kerjakan.

Persyaratan yang Dibutuhkan

Harus Tergabung Bersama Agensi Asuransi

asuransi indonesia

Anda berniat untuk menjadi agen asuransi, langkah pertama, yaitu mendatangi perusahaan agensi asuransi yang ingin Anda pasarkan. Jadi, And atidak bisa langsung mendatangi perusahaan asuransi. Mengapa demikia? Karena pada umumnya produk asuransi akan dipasarkan melalui kantor agensi.

Pastikan Anda bergabung dengan perusahaan agensi yang memiliki kredibilitas baik dan resmi. Sebab, hal ini dilakukan untuk mempermudah Anda melakukan penjualan produk tersebut.

Kuasai Produk dengan Baik

Saat akan menjual suatu produk, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah menggunakan produk tersebut dan mengetahui dengan jelas segala manfaat dan juga keuntungan yang akan didapatkan dari produk tersebut.

Sebab, penguasaan materi suatu produk asuransi menjadi nilai plus dimata calon nasabah. Jika Anda sudah menguasai materinya, tentu akan lebih mudah melakukan pendekatan dan juga memberikan penjelasan secara detail seputar produk asuransi tersebut.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Miliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Seorang agen harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, karena hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan presentasi dan pendekatan kepada calon nasabah yang Anda temui. Bukan hanya pengetahuan mengenai produk saja, namun Anda juga perlu menguasai berbagai macam topik pembicaraan, terutama yang sedang banyak diperbincangkan di khalayak umum. Sebab, rata-rata calon nasabah adalah seorang pekerja aktif yang secara tidak langsung mengetahui perkembangan berita di Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus mengerti dan mengikuti perkembangan berita agar mampu berkomunikasi dengan calon nasabah. Ketika Anda memiliki komunikasi yang baik, maka calon nasabah akan merasa nyaman dan mudah untuk mengambil keputusan mengenai produk yang Anda pasarkan.

Jadilah Pendengar yang Baik

penjual asuransi

Bukan hanya pembicaraan yang menarik saja yang bisa Anda berikan kepada calon nasabah, sesekali mereka ingin didengar juga. Berikan kesempatan berbicara pada calon nasabah Anda, jadilah pendengar yang baik dan ketahui dengan jelas produk apa yang mereka cari dan inginkan. Dengan begitu, maka komunikasi yang terjadi bisa berjalan dengan lancar dan Anda dengan mudah dapat menganalisa kebutuhan calon nasabah Anda.

Melihat tingginya kebutuhan dan luasnya pasar dari asuransi saat ini, menjadi agen penjual asuransi bisa dibilang sebagai pekerjaan yang menggiurkan. Anda tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Hari Asuransi Nasional: Begini Perkembangan Asuransi di Indonesia

Comments are closed.