Mengenal Lebih Lengkap Premi Asuransi

Asuransi

Sebelum beli asuransi Anda harus mengenal dulu berbagai hal mengenai premi asuransi, mengenai besaran harga premi yang harus dibayarkan.

Premi asuransi merupakan iuran rutin saat Anda telah menjadi nasabah yang harus dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Hal ini berdasarkan kewajiban nasabah asuransi, berdasarkan keikutsertaan program asuransi. Mengenai besaran premi yang harus dibayarkan, akan ditulis dalam dokumen polis asuransi. Nah, premi tersebut digunakan untuk membayar biaya-biaya asuransi.

Mengenai premi asuransi ditentukan atau diukur dari tingkat risiko yang telah ditanggung perusahaan asuransi. Jadi, semakin besar risiko yang ditanggung pasti iuran yang dibayarkan juga semakin mahal.

Baca juga: Apa Saja Rincian Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Contoh:

  • Pada orang perokok akan membayar premi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa lebih mahal jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
  • Orang yang memiliki kelebihan berat tubuh seperti obesitas akan membayar premi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa lebih mahal jika dibandingkan orang yang memiliki berat badan normal.
  • Orang yang memiliki risiko pekerjaan tinggi seperti petinju, pekerja di kilang minyak, pertambangan, dan pengeboran memiliki premi asuransi jiwa lebih tinggi jika dibandingkan pekerja kantor.
  • Juga untuk orang-orang yang memiliki penyakit bawaan, pastinya memiliki premi asuransi jiwa lebih mahal jika dibandingkan dengan orang sehat.
  • Para pemiliki hobi ekstrem pun juga, seperti sky diving atau bela diri. Biasanya premi asuransi jiwa para penggemar hobi tersebut lebih mahal.

Trik Mudah Mendapatkan Premi Asuransi Murah

contoh premi asuransi

Ilustrasi

Dapatkan Premi Asuransi Murah Sejak Muda

Jangan ragu untuk membeli asuransi meskipun usia Anda terbilang masih muda. Justru bila menunggu inilah yang sebenarnya kurang tepat, premi besar itu dikarenakan risiko yang diterima juga besar. Anda akan mendapatkan risiko yang besar ketika usia sudah tua. Oleh karena itu, usia yang lebih tua sudah pasti mendapatkan biaya premi yang tinggi. Sebaliknya, jika usia masih muda, tentu risiko yang dimiliki tidak tinggi sehingga Anda mendapatkan biaya premi asuransi murah.

Baca juga: Apakah Kartu Indonesia Sehat Sama Seperti BPJS Kesehatan?

Jangan pernah berpikir bahwa usia muda tidak terlalu penting memiliki asuransi. Mungkin saat ini Anda belum mendapatkan keuntungannya. Tetapi jika usia tua nanti atau Anda tertimpa musibah, tentunya keuntungan dari asuransi akan bisa Anda rasakan.

Asuransi Jiwa Murni

Cara kedua supaya bisa mendapatkan biaya premi asuransi murah, yaitu dengan memilih asuransi jiwa murni atau sering disebut term life insurance yang hanya memberikan proteksi jiwa saja. Meskipun sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam asuransi yang memiliki nilai investasi. Tentunya jumlah premi yang harus dibayar pasti lebih tinggi. Anda jangan mudah tergiur oleh jenis asuransi lainnya, jika menginginkan biaya yang murah.

Selektif Sebelum Membeli

Menghitung Premi Asuransi

Ilustrasi

Perlu Anda ketahui, dalam asuransi ada pilihan rider. Rider adalah manfaat tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Contohnya, seperti proteksi dari penyakit kritis dan kecelakaan. Tentunya, kedua hal itu di luar dari tujuan utama asuransi jiwa, yaitu memproteksi jiwa saja. Jika Anda menginginkan biaya premi murah, jangan pernah mengambil opsi rider tersebut karena manfaat tambahan itu tentunya akan memberikan biaya premi lebih banyak.

Memikirkan Kembali

Anda membeli asuransi seumur hidup, proteksi yang ditanggung oleh perusahaan asuransi juga seumur hidup Anda. Lantas, biaya premi yang harus dikeluarkan juga mahal. Meskipun keuntungan yang dirasa seumur hidup, tetapi makin lama usia yang dtanggungkan, maka makin mahal preminya. Jika Anda menginginkan biaya premi murah, tentunya asuransi seumur hidup ini tidak cocok dipilih.

Pengembalian Uang Sesuai Tagihan

Ada dua cara untuk mengembalikan biaya rawat inap, yaitu inner limit dan sesuai tagihan dan sesuai limit. Inner limit yaitu di mana batas maksimum yang akan ditentukan oleh pihak penanggung. Sedangkan sesuai limit, yaitu pihak penanggung akan mengganti berapa pun biaya tagihannya selama limit tahunan masih tersedia. Kedua cara ini tentunya sangat memberikan keuntungan lebih. Sehingga Anda mendapatkan biaya premi asuransi murah.

Saat Menetapkan Premi Asuransi Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan

Apakah Anda sudah memilih asuransi sebagai proteksi diri dan keluarga? Asuransi memang penting untuk menjamin stabilitas hidup. Memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan membuat Anda bisa mulai merencanakan prioritas hidup lainnya. Memilih asuransi tak sekadar melihat premi yang murah. Anda patut mempertimbangkan hal lainnya demi memastikan fasilitas yang akan Anda dan keluarga peroleh. Hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat berencana menetapkan premi asuransi?

Atur Alokasi Bulanan

Membuat anggaran bulanan untuk membayar premi asuransi Anda adalah suatu keharusan. Menurut teori perencanaan keuangan, umumnya pendapatan yang dialokasikan untuk asuransi adalah tidak lebih dari 10 persen. Membuat anggaran untuk asuransi merupakan prioritas yang harus dilakukan di awal agar Anda dapat mengalokasikan sisa anggaran bulanan untuk kebutuhan lainnya.

Tentukan Nilai Premi

Premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi tentu sebanding dengan uang pertanggungan atau maksimal klaim Anda. Misalnya, Anda dapat memilih produk asuransi kesehatan yang preminya kecil. Bisa dipastikan produk asuransi tersebut juga memiliki potensi klaim yang lebih kecil. Tak menutup kemungkinan akan terjadi under insured, di mana risiko yang Anda alami tidak bisa ditanggung secara penuh. Sementara asuransi dengan nilai premi yang terlalu besar malah bisa menjadi bentuk proteksi yang melebihi kebutuhan Anda. Demi menentukan keputusan terbaik, Anda bisa berkonsultasi secara cermat dengan tim perusahaan asuransi agar tak salah menetapkan nilai premi.

Kemungkinan Risiko di Masa Depan

Untuk menghindari kemungkinan risiko dan kehilangan yang berakibat jangka panjang, misalnya bangkrut, yang mungkin terjadi di masa depan. Risiko finansial di masa depan seperti ini adalah hal yang mesti diperhitungkan secara matang saat memilih jenis dan premi asuransi. Asuransi yang Anda pilih harus sesuai dengan risiko finansial dan kemampuan Anda dalam membayar premi.

Kini Anda sudah mengenal lebih banyak mengenai premi asuransi. Masa depan Anda harus terlindungi dengan berbagai produk asuransi pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Comments are closed.