Menghitung Asuransi Mobil dari Rate Premi

Asuransi

Memilih dan menentukan asuransi mobil harus harus dilakukans ecara teliti. Alangkah baiknya, jika Anda mengetahui terlebih dahulu cara menghitung rate premi. Tujuannya agar mudah dalam menghitung premi asuransi all risk dan total loss only.

Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil Anda yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu. Dengan memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi. Jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.

Hal ini tentunya sangat penting jika Anda tinggal di kota yang padat penduduk terutama sekali Jakarta karena jumlah mobil kendaraan yang lalu lalang sangat padat! Kita memang tidak pernah berharap terlibat dalam suatu kecelakaan atau kemalingan mobil, namun yang namanya nasib siapa yang tahu?

Baca juga: Ini Asuransi Mobil yang Bagus dan Murah untuk Anda

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil akan sangat membantu Anda dalam hal ini. Bagi Anda yang belum paham betul tentang produk proteksi untuk kendaraan, mungkin ada baiknya untuk mengambil asuransi jenis all risk karena asuransi jenis ini akan meng-cover biaya perbaikan mobil sekecil apapun.

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Sedangkan jenis total loss only (TLO) hanya akan meng-cover jika mobil Anda hilang atau rusak parah hingga 75%. Umumnya asuransi jenis all risk pasti lebih mahal daripada TLO, hal ini wajar karena cakupan perlindungannya juga jauh berbeda.
harga premi asuransi mobil

Opini Masyarakat Mengenai Asuransi All Risk

Hingga saat ini masih banyak anggapan masyarakat yang salah mengenai asuransi all risk. Apa sajakah itu? Preminya mahal tapi tak sebanding dengan manfaatnya atau tak sesuai yang dibutuhkan

Terlalu banyak mengambil manfaat, padahal belum tentu manfaat itu dibutuhkan sehingga uang yang dikeluarkan jadi sia-sia

Sebagian masyarakat menganggap memiliki asuransi all risk bisa membuat nilai tambah saat ingin menjual kendaraan. Ini merupakan anggapan yang salah, polis asuransi menjadi batal dengan sendirinya begitu kendaraan Anda dijual.

Sudah beli produk salah, eh manfaatnya sama sekali tak dibutuhkan.

Menyamakan asuransi sebagai produk investasi di mana berharap ketika tidak ada klaim, uangnya bisa balik.

Biaya Rate Premi Asuransi Mobil Baru dan Bekas

Memilih asuransi untuk mobil baru memang perlu pertimbangan. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah premi. Premi merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di asuransi.

Baca juga: Pembelian dan Klaim Asuransi Mobil

Besarnya jumlah premi yang Anda bayarkan tergantung dari beberapa hal yaitu:

  • Nilai mobil
  • Tahun mobil
  • Jenis nomor plat

Biaya rate premi mobil bekas dan mobil baru bisa disebut tidak ada bedanya. Asuransi jarang menetapkan rate premi asuransi mobil berdasarkan status objek pertanggung itu mobil baru atau bekas. Perusahaan asuransi menetapkan rate harga pasar berdasarkan situasi dan kondisi yang berlaku terkini.

Sudahkah Anda paham mengenai asuransi all risk setelah membaca ulasan di atas? Tentu pemahaman Anda mengenai biaya rate premi jenis asuransi kendaraan untuk mobil baru dan bekas all risk ini akan bermanfaat saat memilih produk yang tepat.

Menghitung Premi Asuransi Mobil

Tapi sebelum menghitung biaya premi, ada baiknya melihat dulu jenis-jenis asuransi kendaraan yang tersedia. Saat ini, ada jenis total loss only (TLO) dan all risk atau comprehensive. Semuanya memang ditujukan untuk melindungi dari kerugian, tetapi cakupan perlindungan antar kedua asuransi tersebut berbeda.

perhitungan premi asuransi mobil

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang bervariatif. Secara umum, cara menghitung premi TLO dan all risk didasarkan pada rate asuransi dikalikan harga mobil. Besaran rate asuransinya berbeda-beda antara satu perusahaan asuransi dengan yang lain.

Jenis, tahun, dan plat juga bisa jadi akan memengaruhi besarnya premi yang harus dibayarkan. Ada pula asuransi yang mempertimbangkan lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan, rekam jejak kredit, hingga usia pengemudi.

Baca juga: Mengapa Harus Memiliki Asuransi Kendaraan?

Rate Asuransi TLO

Untuk premi asuransi mobil TLO, rate rata-rata 0,8 – 1 persen. Misalnya, bila Anda memiliki mobil Toyota Avanza G/T Luxury seharga Rp193 juta dengan rate asuransi 0,8 persen, biaya yang harus dibayarkan sebagai berikut:

0,8% x Rp193.000.000,00 = Rp1.544.000,00

Rate Asuransi All Risk

Sementara itu, rate asurans all risk rata-rata 2,5-3,5 persen. Asuransi tertentu bahkan menyediakan rate asuransi 1,5 persen untuk mobil berharga di atas Rp500 juta.

Untuk penghitungan premi asuransi yang harus dibayarkan, misalkan Anda akhirnya lebih memilih asuransi all risk dari pada TLO, dengan harga mobil Rp193.000.000,00. Kita ambil salah satu skema rate sebuah asuransi, yaitu 2,5 persen untuk mobil seharga Rp150.000.000,00 hingga Rp300.000.000,00.

Jumlah yang harus dibayarkan adalah:

2,5% x Rp193.000.000,00 = Rp4.825.000,00

Besaran biaya premi TLO maupun all risk di atas nantinya masih ditambah dengan biaya administrasi. Biasanya biaya administrasi kurang dari Rp50.000,00.

Berdasarkan perhitungan di atas, premi asuransi all risk 312% lebih banyak dari pada TLO. Anda perlu merogoh saku tiga kali lipat dari premi asuransi TLO bila ingin mendapatkan polis asuransi all risk.

rate harga asuransi kendaraan

Perhitungan Premi All Risk dengan Perluasan Pertanggungan

Perbedaan harga sedemikian jauh dapat membuat calon pembeli polis asuransi kebingungan. Ingin yang murah tapi siapa yang akan membayar kalau terjadi kerusakan ringan? Ingin yang mahal tapi bagaimana jika uang asuransi nantinya malah hangus?

Premi asuransi memang hanya dibayarkan sekali saja, namun proteksi asuransi hanya berlaku selama satu tahun. Tingginya kemungkinan risiko kerusakan perlu dipertimbangkan dengan baik. Semakin tinggi risiko rusak parah, sebaiknya TLO lah yang dipilih. Sementara bila harga mobil terbilang tinggi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit sekalipun rusak ringan, sebaiknya pilih skema asuransi all risk.Jumlah premi asuransi yang telah dijelaskan di atas disebut dengan premi murni. Ada beberapa risiko yang tidak terlindungi oleh asuransi all risk, dan Anda bisa memutuskan untuk memperluas pertanggungan asuransi Anda.

Perluasan pertanggungan ini meliputi hal-hal yang mungkin terjadi pada mobil yang di antaranya disebabkan oleh:

  • Banjir
  • Kerusuhan
  • Gempa Bumi/Tsunami
  • Sabotase/Terorisme

Kerusakan atau kehilangan karena hal-hal di atas sangat mungkin terjadi di Indonesia. Untuk banjir saja misalnya, tiap tahun masyarakat Ibukota harus rela berhadapan dengan masalah satu ini. Besaran rate asuransi masing-masing perluasan ini berbeda-beda. Secara umum, kurang dari 0,5 persen.

Untuk menghitung premi asuransi TLO dan asuransi all risk ditambah dengan perluasan tanggungan, Anda tinggal tambahkan seluruh persentase rate asuransinya dikalikan nilai mobil. Andaikata, ada pemilik Toyota Avanza yang harganya sekitar Rp 193.000.000,00, mengambil premi asuransi TLO sebesar 0,44 persen dari harga mobil (sesuai keputusan OJK) dan asuransi mobil all risk sebesar 2,67 persen dari ukuran yang sama.

Kemudian, ia juga memutuskan mengambil perluasan tanggungan untuk risiko banjir (0,15 persen untuk all risk dan 0,05 persen untuk TLO), kerusuhan (0,35 persen untuk all risk dan 0,13 persen untuk TLO), dan sabotase atau terorisme (0,15 persen untuk all risk dan 0,05 persen untuk TLO), maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah:

simulasi perhitungan asuransi mobil

Premi Asuransi TLO dengan Perluasan:

(0,44 0,05 0,13 0,05)% x Rp193.000.000,00 = Rp1.293.100,00 Premi Asuransi Mobil All risk dengan Perluasan:

(2,67 0,15 0,35 0,15)% x Rp193.000.000,00 = Rp6.407.600,00Ilustrasi perhitungan di atas dapat ditarik kesimpulan adalah biaya asuransi kendaraan jenis all risk jauh lebih tinggi dibandingkan TLO, terlebih lagi jika Anda ingin menambah perluasan perlindungan. Apabila harga mobil yang Anda miliki terbilang tinggi sehingga butuh biaya tidak sedikit sekalipun rusak ringan, sebaiknya memilih asuransi all risk.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Asuransi jenis ini juga cocok bagi usaha rental mobil atau kursus mobil, sebab risiko sekadar rusak ringan terbilang tinggi. Frekuensi pemakaian mobil berpengaruh pada jenis asuransi yang akan diambil. Semakin sering dipakai, semakin besar pula kemungkinan kecelakaannya. Terlebih, bila rute yang sering digunakan adalah jalur padat. Lagi-lagi asuransi all risk menjadi pilihan.

Sebaliknya, kalau mobil lebih sering parkir di rumah dari pada diajak keluar, lebih baik memilih TLO. Kecelakaan bukan satu-satunya faktor penentu. Tingkat kriminalitas juga perlu dicermati. Kriminalitas di daerah-daerah tertentu terbilang tinggi. Kalau Anda tinggal atau sering lalu lalang di daerah seperti itu, pastikan mengasuransikan mobil Anda dengan TLO.

Kedua perbandingan tersebut untuk mobil baru bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda agar bisa menentukan pilihan mana yang tepat untuk kendaraan mobil kesayangan Anda. Pahami dan pikirkan terlebih dahulu mengenai asuransi-asuransi mobil tersebut.

 Masih bingung menghitung premi asuransi kendaraan Anda? Kini dengan Futuready, Anda tidak perlu repot-repot menghitung sendiri. Cukup masukkan harga mobil Anda ke website Futuready, Anda akan mendapatkan berbagai produk asuransi kendaraan dengan harga yang bsa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.