Mobil Bekas Lebih Cocok Menggunakan Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

asuransi mobil all risk

Mobil bekas yang Anda beli juga perlu memerlukan proteksi, lalu kira-kira apa ya yang cocok untuknya asuransi mobil all risk atau TLO?

Anda yang sedang mencari mobil bekas tentu mempunyai pertimbangan khusus dalam membelinya seperti brand, jenis kesukaan, kondisi yang masih prima, track service dan perawatannya yang teruji yang pasti mencarinya dan membandingkannya dengan harga murah.

Ternyata mobil bekas juga mempunyai beberapa keunggulan dari kelas dan merk tertentu salah satunya memiliki kualitas mesin lebih ‘bandel’ ketimbang mobil keluaran terbaru. Minusnya, namanya juga mobil bekas pasti membutuhkan banyak biaya untuk perbaikan belum lagi kebanyakan mobil bekas yang dijual tidak dilengkapi asuransi.

Untuk Anda yang berniat membeli mobil bekas sangat penting juga untuk melakukan perbandingan asuransi mobil.

Cara Membandingkan Asuransi Mobil Bekas

  1. Harga dan Umur Mobil: Cara membandingkannya adalah semakin mahal harga mobil dan semakin tua  umurnya, maka rate asuransinya juga semakin murah.
  1. Polis Tidak Dapat Dibalik Nama:Jika mobil bekas Anda sudah dilengkapi asuransi, kemudian Anda ingin menjualnya yang harus dilakukan adalah harus lapor ke pihak asuransi. Anda bisa mendapatkan pembatalan polis dan pengembalian premi jika belum pernah melakukan klaim.
  1. Perhatikan Faktor Over Insured dan Under Insured: Anda bisa mengajukan nilai pertanggungan di atas harga pasar untuk memeroleh nilai pertanggungan yang lebih besar (over insured). Di sisi lain, jika ingin mendapatkan premi lebih murah, Anda bisa mengajukan nilai pertanggungan di bawah harga pasar (under insured). Konsekuensinya, nilai pertanggungan yang Anda terima untuk mobil Anda akan lebih kecil.

Membandingkan Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Mobil bekas atau baru namanya juga ingin memberikan perlindungan yang terbaik bagi kendaraan Anda. Anda juga bisa memilih antara asuransi all risk atau total loss only (TLO).

Ini yang bisa jadi masukan Anda jika mobil bekas Anda masih di bawah 5 tahun. Lebih baik menggunakan asuransi all risk untuk meringankan biaya perbaikan, walaupun hanya kerusakan kecil kalau sering-sering Anda juga bisa repot dengan urusan dompet. Tapi kalau mobil bekas yang Anda beli sudah lewat dari usia 5 tahun, untuk hematnya Anda bisa beralih ke jenis asuransi TLO. Kenapa? Karena memiliki biaya premi lebih rendah jadi bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika mobil bekas Anda sudah melewati masa usia 5 tahun, Anda bisa beralih ke jenis asuransi TLO. Jenis asuransi ini memiliki biaya premi lebih rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Apa pun pilihan Anda untuk asuransi all risk atau TLO penting juga untuk menambah perluasan pertanggungan untuk kondisi yang bersifat bencana seperti banjir, terorisme, sabotase, gempa, hingga pertanggungan pihak ketiga.

Membeli mobil bekas itu harus pintar-pintar memilih dan menceknya sebelum membeli, dan yang lebih penting saat Anda sudah mendapatkan mobil tersebut merawatnya dengan baik dan apik seperti mengganti oli secara teratur, cek kondisi spare part, mesin.

Berikan perlindungan yang terbaik untuk mobil Anda dengan menggunakan asuransi mobil hanya di Futuready. Tinggal klik  klik, cari, bandingkan, pilih, dan beli beli mudah dan aman.

asuransi mobil all risk

 

Leave a Reply