Coba Anda jalan-jalan ke beberapa mal besar di Jakarta. Saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan beberapa produknya secara ritel dan paketan. Ada beberapa yang secara gencar menawarkan paket manfaat asuransi kesehatan bagi satu keluarga dengan dua anak. Beberapa bahkan memberikan jaminan jika sudah dibayar, asuransi langsung aktif dan bisa memberikan jaminan yang cukup tinggi dengan premi yang relatif terjangkau.

Namun sudah tentu, terkait adanya sistem paket ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Terutama tentang perlindungan yang diberikan. Apa saja yang perlu diperhatikan dari manfaat asuransi kesehatan dengan sistem paket dibanding dengan sistem per individu? Berikut beberapa di antaranya:

  • Batas nilai perlindungan

Paket asuransi kesehatan keluarga ini bisa melindungi beberapa anggota keluarga sekaligus. Biasanya sekitar 4-5 anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan dua anak. Namun asuransi ini biasanya memiliki keterbatasan nilai perlindungan, sesuai dengan paket yang ditawarkan perusahaan asuransi. Artinya jika ada anggota lain yang akan ditambahkan misalnya karena anaknya lebih dari dua, akan ada perhitungan ulang yang menambah nilai premi.[1]

  • Sistem pembagian batas maksimal perlindungan

Paket asuransi kesehatan keluarga juga mempunyai sistem perlindungan yang berbeda dengan asuransi kesehatan individu. Nilai asuransi kesehatan keluarga preminya biasanya lebih kecil dari premi asuransi kesehatan individu. Namun sistem perlindungannya juga tidak sama. Sebagai contoh bila asuransi kesehatan individu nilai perlindungannya Rp100 juta, maka satu orang tersebut mempunyai jaminan sebesar Rp100 juta. Namun bila asuransi kesehatan keluarga nilai pertanggungan Rp100 juta untuk empat orang misalnya, maka nilai pertanggungan tersebut digunakan untuk empat orang. Bila salah seorang sudah menggunakan dana pertanggungan sebesar Rp40 juta, maka sisa plafon Rp60 juta tersebut digunakan untuk empat orang anggota keluarga untuk periode yang disepakati.

Untuk mengetahui manfaat asuransi kesehatan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa bertanya pada ahli asuransi dan proteksi Futuready di sini.

Sebarkan artikel ini pada relasi Anda melalui fitur jejaring sosial. Jangan lupa bagikan juga pengalaman Anda melalui kolom di bawah ini.Ê

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *