Panduan Penting Menggunakan BPJS Kesehatan Anda

Asuransi

Panduan penting menggunakan BPJS. Tak perlu bingung saat harus dirawat di rumah sakit karena tidak paham menggunakan BPJS Kesehatan. Ini dia panduannya!

Anda sudah memiliki BPJS Kesehatan? Banyak masyarakat Indonesia yang belakangan ini sering menggunakan BPJS Kesehatan. Asuransi kesehatan sosial yang dibentuk pemerintah sejak tahun 2014 ini membuat masyarakat bisa lebih mudah mendapat perawatan di rumah sakit, termasuk untuk perawatan penyakit kritis seperti jantung, lever, atau bahkan kanker. Banyak manfaat yang bisa didapatkan para peserta BPJS Kesehatan. Layanan pengobatan gratis adalah salah satunya. Namun, tahukah Anda cara menggunakan BPJS Kesehatan?

Ini dia langkah panduan penting menggunakan BPJS Kesehatan:

  1. Datang ke puskesmas atau klinik tempat Anda terdaftar sebagai peserta BPJS. Untuk pemeriksaan pertama, Anda harus datang ke puskesmas atau klinik tempat Anda terdaftar. Anda juga bisa mengecek klinik terdekat lokasi tempat tinggal dengan mencari infonya di sini.
  2. Bila Anda harus melakukan perawatan lanjutan ke rumah sakit, Anda harus minta surat rujukan dari puskesmas atau klinik tempat berobat.
  3. Untuk kasus-kasus yang masuk kriteria gawat darurat, Anda bisa langsung datang ke rumah sakit. Bahkan meski bukan rumah sakit rekanan, Anda bisa tetap dirawat dan akan diganti biaya setelahnya (reimburse).

BACA JUGA: 5 Alasan Biaya Rumah Sakit Anda Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Untuk mendapatkan pelayanan seperti di atas, ada persyaratan dan ketentuan yang harus Anda perhatikan seperti:

  • Membawa kartu asli BPJS dan fotokopinya.
  • Untuk rawat inap, Anda harus membawa dokumen pelengkap seperti fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP, surat rujukan, dan kartu BPJS asli. Kelengkapan tersebut diperlukan untuk mempermudah proses administrasi.
  • Kelas perawatan harus sesuai dengan kelas premi yang dibayar bulanan. Iuran BPJS ada tiga tingkatan, yakni kelas 3,2, dan 1. Jika tidak ada kamar perawatan yang sesuai kelas, maka bisa jadi Anda perlu membayar lebih saat Anda dirawat di ruangan yang lebih tinggi kelasnya.
  • Pastikan Anda tidak terlambat membayar premi bulanannya. Jika terlambat membayar, Anda tidak akan dijamin saat harus menjalani pengobatan.
  • Ada jenis penyakit yang tidak ditanggung, misalnya penyakit akibat pemakaian kosmetik atau percobaan bunuh diri.

Dengan panduan di atas, semoga saat harus berobat Anda sudah tahu apa saja yang harus disiapkan agar bisa mendapat perlindungan BPJS Kesehatan.

Leave a Reply