Pastikan Anda mengetahui Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Sebelum Memilikinya!

Asuransi

Jangan salah memilih! Sebelum Anda memutuskan untuk memiliki, pastikan dulu Anda sudah mengetahui jenis-jenis dari asuransi jiwa

Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih. Tentu jenis tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Sebelum Anda memutuskan untuk memilikinya, pastikan bahwa asuransi jiwa yang Anda pilih merupakan asuransi sesuai dengan keinginan Anda. Agar Anda lebih memahami, berikut ini penjelasan secara rinci jenis-jenis asuransi tersebut.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka atau term life memberikan proteksi jiwa dalam kurung waktu tertentu yang sebelumnya telah disepakati oleh pemegang polis dan perusahaan. Asuransi term life ini biasanya menawarkan kontrak dalam waktu 5, 10, 15 atau 20 tahun dengan jumlah premi yang bisa ditentukan sesuai kemampuan.

Fungsinya asuransi ini, tentu memberikan pertanggungan atau jaminan kepada ahli waris jika sewaktu-waktu si pemegang polis meninggal dunia dalam masa kontrak yang masih aktif.Selain keutungan, tentunya ada kekurangan dari asuransi berjangka ini. Uang pertanggungan bisa saja hilang jika dalam masa kontrak, si pemegang polis tidak terjadi masalah kesehatan atau meninggal dunia.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Jika Anda ingin melindungi kehidupan dalam kurung waktu seumur hidup, jenis asuransi jiwa yang ini pilihan yang tepat. Pasalnya, Asuransi whole life ini memberikan manfaat proteksi hingga 100 tahun dan sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menabung dalam jangka waktu panjang karena ketika kontrak berakhir, uang pertanggungan yang tiap bulan Anda bayar bisa dicarikan seluruhnya.

Keuntungan lainnya, Anda selaku pemegang polis diberikan kemudahan bila sewaktu-waktu tidak dapat membayar angsuran premi, Anda dapat membayarnya dengan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan. Sama dengan asuransi berjangka, tentunya asuransi jenis ini juga memiliki kekurangan.

Dikarenakan riwayat hidup seseorang kurang jarang ada yang 100 tahun, sehingga klaim asuransi yang akan dilakukan lebih besar sebelum masa kontrak berakhir, maka biaya angsuran premi perbulannya pun lebih besar dibandingkan asuransi berjangka (bisa saja mencapai dua kali lipat). Selain itu, nilai tunai yang akan diterima oleh pemegang polis tidak telalu besar dikarenakan bunga yang ditawarkan hanya 4% per-tahun itupun belum dipotong pajak.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Jenis asuransi yang terakhir, yaitu asuransi endowment (dwiguna). Secara umum, jenis asuransi ini sama seperti asuransi berjangka, tetapi bedanya ada pada tabungan. Maksudnya, para pemegang polis bisa mendapatkan nilai tunai dari angsuran premi yang dibayarkan setiap bulan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Nilai tunai ini bisa dicairkan berdasarkan masa kontrak berakhir atau bisa dicairkan dalam jangka beberapa tahun sekali, tetapi harus ada perjanjian terdahulu. Angsuran premi yang dibayarkan oleh pemegang polis lebih besar dibandingkan jenis asuransi sebelumnya. Meskipun biaya angusuran yang mahal, tetapi jenis asuransi jiwa dwiguna ini sangat banyak diminati oleh masyarakat khususnya kalangan menangah atas.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.