Pentingnya Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka yaitu jenis asuransi yang memiliki keunggulan dibanding proteksi lainnya. Berikut jenis, keunggulan dan manfaat asuransi jiwa berjangka.

Asuransi

Asuransi jiwa berjangka merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang memiliki keunggulan tersendiri dibanding poduk proteksi lainnya.

Oleh: Prita Ghozie Perencana Keuangan

 

Setiap manusia akan mengalami siklus hidup yang sama. Diawali dari lahir dan melalui masa kecil, bersekolah, bekerja, berkeluarga dan memiliki serta membesarkan anak, hingga pada akhirnya memasuki masa emas yaitu pensiun. Hingga memasuki usia pensiun, seseorang yang masih dalam masa produktif, memilki penghasilan dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan seperti membeli rumah, berlibur, melihat anak lulus menjadi sarjana, menyaksikan anak menikah dan lainnya.

Meski setiap orang dapat berencana, namun risiko atas kejadian yang tidak diinginkan mungkin dapat terjadi. Itu sebabnya memiliki proteksi finansial dalam sebuah keluarga memiliki posisi yang sama penting dengan berinvestasi. Salah satu proteksi finansial ini dapat dipenuhi melalui produk asuransi jiwa.

 

Apa Itu Asuransi Jiwa?

Asuransi Jiwa adalah polis asuransi yang akan memberikan sejumlah pertanggungan berupa klaim tunai kepada penerima tanggungan (beneficiaries) atau ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia.

Pembeli asuransi jiwa biasanya akan mendapatkan polis asuransi jiwa yaitu dokumen yang memuat mengenai manfaat asuransi, aturan pembayaran premi dan pembayaran klaim. Polis merupakan perjanjian yang mengikat antara Anda dengan perusahaan asuransi yang menerbitkan polis (bukan dengan agen asuransi).

Tujuan membeli polis asuransi jiwa adalah jika si pemegang polis mengalami musibah yang menyebabkan kematian, polis asuransi jiwa dapat membantu untuk menutupi sebagian, jika tidak semua, dari penghasilan tertanggung atau dapat membantunya dalam memenuhi tujuan tertentu. Namun, tentu saja bagaimana polis asuransi jiwa tersebut dapat membantu bergantung kepada bentuk perlindungan yang Anda beli.

Itulah sebabnya membeli polis asuransi jiwa seperti membeli produk yang kita harapkan tidak pernah dipakai. Karena tentu saja kita mengharapkan kematian itu tidak terjadi dan rasanya sangat tabu untuk memperkirakan kapan kematian itu akan datang. Fenomena ini yang menyebabkan masih banyak masyarakat merasa tidak perlu memproteksi finansial keluarga atau membeli polis asuransi jiwa dengan nilai pertanggungan di bawah kebutuhan (under-insured).

Pembelian polis asuransi jiwa, merupakan salah satu titik penting dalam perjalanan keuangan seseorang. Sebagai sarana proteksi atas keuangan keluarga, jangka waktu perlindungan dapat bervariasi antara 1 tahun hingga seumur hidup.

 

Jenis Asuransi Jiwa

Di Indonesia dikenal beberapa jenis produk asuransi jiwa diantaranya adalah asuransi berjangka atau term life insurance. Asuransi jiwa ini memberikan manfaat perlindungan murni, tanpa adanya manfaat tambahan seperti menabung atau investasi. Disebut berjangka karena Anda dapat membeli perlindungan untuk jangka waktu tertentu mulai 1 tahun, 5 tahun, sampai 20 tahun. Sederhananya, apabila risiko kematian atas pemilik polis asuransi terjadi selama durasi polis berlaku, ahli waris yang ditunjuk akan mendapatkan manfaat klaim tunai senilai uang pertanggungan. Sedangkan, apabila pemilik polis asuransi masih hidup hingga masa polis jatuh tempo, maka secara umum tidak ada dana tunai yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi.

 

Keunggulan Asuransi Berjangka

Asuransi jiwa berjangka memiliki berbagai keunggulan dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya. Apa saja?

  • Premi asuransi jiwa berjangka umumnya lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya yang memberikan tingkat perlindungan yang sama. Namun hal ini sebanding dengan perlindungan asuransi jiwa berjangka yang hanya memberikan perlindungan dengan jangka waktu terbatas, yaitu mulai dari 1 tahu, 5 tahun, hingga 20 tahun.
  • Durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebenarnya, kebutuhan proteksi atas risiko kematian paling utama adalah di masa produktif pencari nafkah. Asuransi jiwa berjangka memberikan fleksibilitas bagi sebuah keluarga untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Untuk jenis asuransi jiwa berjangka syariah, masih memiliki fitur bagi hasil di akhir masa asuransi jika tidak terjadi klaim alias tidak terjadi kematian.

 

Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Asuransi Lain

Perbedaan mendasar dengan asuransi jiwa lain adalah tidak adanya fitur tabungan. Sehingga, kekurangan dari membeli asuransi jiwa berjangka adalah tabungan dan investasi harus dijalankan secara terpisah.

Kebutuhan asuransi jiwa sangat bergantung kepada situasi masing-masing individu. Untuk banyak orang, asuransi jiwa menjadi bagian yang sangat penting dari perencanaan keuangan. Untuk mengetahu jumlah nilai pertanggungan asuransi jiwa yang dibutuhkan, silakan cek dengan bantuan kalkulator ini!

 

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Jiwa?

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, pastikan Anda sudah mengetahui berapa kebutuhan nilai pertanggungan untuk keluarga. Selain itu, pastikan juga Anda mampu untuk membayar premi asuransi karena pembelian polis asuransi jiwa adalah komitmen. Bila pembayaran premi terlewat, risikonya perlindungan finansial Anda tidak berlaku lagi. Jangan lupa juga untuk membaca dan memahami isi polis asuransi jiwa.

Ok, semoga info di atas dapat bermanfaat. Silakan bagikan informasi ini kepada teman lewat fitur jejaring sosial di bawah ini.

 

Live a Beautiful Life!

 

Leave a Reply