Pentingnya Mengambil Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan ke luar negeri ataupun dalam negeri bisa memberikan perlindungan dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Asuransi

Apa yang akan Anda lakukan jika ditawari asuransi perjalanan saat hendak membeli tiket pesawat? Menurut Moelyadi (45 tahun), dulu ia selalu menolak halus tawaran tersebut. Sebab ia merasa, dirinya sudah terlindungi asuransi yang otomatis sudah diberikan sebagai bagian dari tiket pesawat yang dibelinya. Tapi suatu ketika, saat ia hendak pergi umrah dan mendapatkan penjelasan lebih detail tentang manfaat asuransi perjalanan ke luar negeri, ia baru memutuskan untuk membeli. Moelyadi baru mengerti, selain melindungi jika terjadi kecelakaan dan kematian, asuransi perjalanan punya banyak manfaat lain. Misalnya, memberi perlindungan jika sakit di perjalanan.

Beberapa produk asuransi perjalanan memang menyediakan proteksi bila pemegang asuransi sakit saat di perjalanan. Andry, seorang pemandu wisata sekaligus pemilik perusahaan jasa perjalanan mengatakan salah satu pelanggannya terkena demam berdarah saat berlibur ke Jepang. Ia pun membawa klien tersebut ke rumah sakit di Jepang dengan biaya pengobatan yang ternyata jauh lebih mahal dari biaya pengobatan di Indonesia. Beruntung, mereka sudah dilindungi asuransi perjalanan. Ketika kembali ke Indonesia pelanggan tersebut bisa mengajukan klaim dan semua biaya berobatnya diganti utuh (www.intisari-online.com, 13 Oktober 2013).

Memang, sebenarnya asuransi perjalanan tidak hanya melindungi seseorang jika terjadi kecelakaan atau meninggal saat perjalanan. Beberapa manfaat asuransi perjalanan lainnya adalah:

Biaya pengobatan darurat

Bila Anda membeli produk asuransi perjalanan yang menanggung biaya pengobatan saat kondisi darurat, maka hal tersebut memberikan kemudahan dalam perjalanan Anda. Siti (62 tahun), seorang ibu yang mengunjungi anaknya di Norwegia, mengalami kecelakaan ringan yang membuatnya patah tulang tangan. Jika ditotal, biaya berobatnya mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung, semua biaya berobatnya di Norwegia dan setelah kepulangannya ke Indonesia ditanggung oleh asuransi perjalanan.

Kerusakan dan kehilangan

Saat Anda bepergian, risiko kerusakan atau kehilangan barang bisa saja terjadi. Kerugian akibat hal tersebut juga bisa ditanggung asuransi perjalanan. Jumlah nilai pertanggungannya diatur oleh masing-masing perusahaan asuransi sesuai dengan jumlah premi yang dibayarkan.

Penundaan atau Pembatalan
Sering kali perjalanan harus ditunda atau dibatalkan karena beberapa alasan. Umumnya, asuransi perjalanan menawarkan perlindungan terhadap beberapa kasus seperti penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis, hingga biaya akomodasi, makanan dan minuman yang timbul akibat penerbangan yang tidak jadi berangkat (www.readersdigest.co.id, 3 Februari 2015).

Perlindungan terhadap isi rumah yang ditinggalkan

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan perlindungan bagi rumah yang ditinggalkan oleh pemiliknya selama perjalanan. Karena itu, bagi Anda yang ingin merasa aman karena meninggalkan rumah yang kosong selama beberapa waktu, Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan rumah ini dalam polisnya. Apalagi, bagi Anda yang hendak tur ke Eropa atau menjalankan ibadah umrah selama beberapa hari, asuransi perjalanan ke luar negeri yang melindungi isi rumah ini bisa jadi pilihan.

Perlindungan kecelakaan

Risiko kecelakaan adalah salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan. Perlindungan terhadap kondisi akibat kecelakaan ini adalah salah satu manfaat utama dari sebuah asuransi perjalanan. Sejumlah uang akan dibayarkan untuk kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Begitulah, banyak manfaat asuransi perjalanan yang bisa memberikan proteksi sepanjang Anda melakukan perjalanan. Mulai dari melindungi jika terjadi kematian akibat kecelakaan, melindungi barang-barang bawaan Anda, bahkan melindungi rumah yang Anda tinggalkan.

Sebarkan artikel ini melalui fitur jejaring sosial agar semakin banyak orang yang tahu manfaat asuransi perjalanan. Bagikan juga pengalaman Anda terkait dengan asuransi perjalanan melalui kolom di bawah ini.

Leave a Reply