Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan

Tidak ada orang yang menginginkan jatuh sakit. Namun jika hal itu terjadi disinilah perlunya Anda menyiapkan dana kesehatan.

Asuransi

Ê
Menjadi sehat merupakan kebahagiaan tersendiri. Tapi kita tidak tahu apa yang ada di masa depan. Ketika sakit, bisa jadi memakan biaya yang relatif mahal. Bahkan mungkin membuat seseorang nekad meminjam uang. Jangan sampai hal ini terjadi pada kita dan keluarga. Siapkanlah tabungan masa depan dari sekarang.

Saat ini ada beberapa asuransi yang menawarkan jaminan dana kesehatan. Namun, menurut Perencana Keuangan Independen Mohammad Teguh yang dikutip dari Yahoo! News Indonesia (8/4/2014), asuransi kesehatan juga punya limitasi.

Misalnya, ketika sakit yang diderita cukup parah dan menahun hingga biayanya melampaui batasan asuransi yang Anda miliki , maka Anda tetap harus merogoh kocek sendiri. Ditambah lagi, jika asuransi kesehatan Anda memiliki pengecualian terhadap beberapa jenis penyakit tertentu.

Perencana keuangan Aidil Akbar Madjid seperti dilansir dari metrotvnews.com (17/7/2013) mengemukakan bahwa dana kesehatan mahal. Itulah alasannya yang membuat kita harus menyiapkannya. Aidil menjelaskan dua cara menyiapkan tabungan masa depan.

Asuransi Sendiri
Artinya menyiapkan tabungan masa depan secara mandiri, dengan menabung, investasi, atau menyiapkan dana darurat.

Asuransi Kesehatan
Miliki asuransi sesuai kebutuhan Anda, apakah asuransi kesehatan murni atau memilih fitur proteksi kesehatan tambahan (riders) dari asuransi jiwa. Jika hanya ingin mempersiapkan dana kesehatan, asuransi murni atau general insurance dapat menjadi pilihan. Keuntungan asuransi kesehatan Anda cukup membeli dan membayar satu premi asuransi saja, yaitu asuransi kesehatan. Keuntungannya akan mendapatkan proteksi berupa sejumlah dana atau pergantian biaya kesehatan bagi biaya pengobatan Anda sebagai pemegang polis, apabila jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Poin minusnya, dana atau pergantian biaya kesehatan tersebut hanya digunakan sebagai biaya pergantian rumah sakit dan tidak bisa diberikan untuk orang lain atau diwariskan.

Namun jika Anda ingin memilih asuransi jiwa dan ingin menambahkan keuntungan tambahan perupa proteksi kesehatan, maka Anda harus membeli asuransi tambahan (riders). Poin minusnya itu Anda harus membayar premi tambahan untuk manfaat tambahan yang akan diterima., Anda juga terlebih dahulu harus memiliki polis dasar yaitu asuransi jiwa. Manfaat yang diterima selain memperoleh dana atau pergantian biaya kesehatan bagi biaya pengobatan, Anda juga dapat memperoleh perlindungan finansial jika mengalami musibah yang menyebabkan diri Anda tak dapat bekerja lagi dan mendapatkan penghasilan yang uangnya dapat diwariskan kepada anak atau isteri sebagai ahli waris yang ditunjuk.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan terpercaya atau bertanya dengan perencana keuangan kami untuk membantu Anda menyiapkan tabungan masa depan .

Ê

Leave a Reply