Perbandingan Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilihlah yang Lebih Baik?

Asuransi Mobil Untuk Mobil Baru

Apakah Anda memutuskan untuk membeli mobil baru? Sudahkah Anda memikirkan perlindungan bagi mobil baru Anda? Ada beberapa jenis asuransi mobil baru, sudahkah Anda memahaminya? Pernahkah Anda mempertimbangkan antara perlunya asuransi dengan kebutuhan diri Anda dan hal-hal lainnya?
Ê
Semua kendaraan tersebut butuh perlindungan. Baik asuransi mobil untuk mobil baru maupun bekas bisa Anda pilih sesuai pertimbangan terbaik Anda. Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil Anda yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu.
Ê

Pentingkah Asuransi Mobil Bagi Anda?

Lalu, sudahkah Anda memahami hakikat asuransi mobil? Asuransi mobil merupakan jenis asuransi khusus mobil, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi.
Ê
Dalam memilih asuransi mobil untuk mobil baru hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban. Jika Anda memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.
Ê
Pentingkah asuransi mobil? Tentu pertanyaan ini pernah terlintas dalam benak Anda. Jika menimbang risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda dengan manfaat yang akan Anda terima dari asuransi mobil, maka tentu Anda akan mempertimbangkan untuk segera memiliki asuransi mobil.
Ê
Ê

Perbandingan Asuransi All Risk dengan Asuransi TLO

Kendaraan Anda tentu merupakan aset, bukan? Asuransi berfungsi untuk memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.
Asuransi mobil memiliki berbagai manfaat lainnya bagi kendaraan Anda dan masa depan Anda.

1. Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk berbeda dengan asuransi TLO. Asuransi mobil all risk disebut juga asuransi komprehensif atau keseluruhan. Jenis asuransi mobil yang satu ini akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.
Ê
Sedangkan asuransi TLO, asuransi jenis ini tidak akan menanggung kerusakan dalam skala kecil yaitu hanya menanggung kerusakan di atas 75%. Untuk itu asuransi all risk memiliki pembiayaan lebih mahal daripada TLO.
Ê

2. Asuransi Total Lost Only (TLO)

Apa sih pengertian asuransi Total Lost Only (TLO)? Secara harfiah, total lost only (TLO) memiliki pengertian hanya jika kehilangan total. Jadi, klaim asuransi dari asuransi hanya bisa diajukan ketika terjadi kehilangan total.
Ê
Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Jika kerusakan yang dialami kurang dari itu, maka Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan.
Ê
Patokan 75% sendiri diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihannya, premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.
Ê
Ê

Asuransi Mobil All Risk atau TLO, Perbandingan Saat Mencari yang Lebih Baik?

Kedua jenis asuransi ini memang memiliki kelebihan dan jangkauan masing-masing. Biaya asuransi all risk memang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi TLO terlebih jika Anda ingin menambah perluasan perlindungan.
Ê
Jika harga mobil yang Anda miliki dikatakan tinggi sehingga butuh biaya yang besar, meskipun mengalami kerusakan ringan, maka sebaiknya Anda pilih asuransi all risk. Asuransi mobil jenis ini cocok bagi usaha rental mobil atau kursus mobil.
Ê
Ini karena risiko sekadar rusak ringan terbilang tinggi. Frekuensi pemakaian mobil berpengaruh terhadap jenis asuransi yang akan diambil. Jadi, semakin sering dipakai maka semakin besar pula kemungkinan kecelakaannya.
Ê
Apalagi jika rute yang sering digunakan merupakan jalur padat. Maka, all risk bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu, asuransi all risk merupakan asuransi mobil untuk mobil baru yang tepat bagi Anda. Sebaliknya, jika mobil lebih sering parkir di rumah daripada diajak keluar atau jarang dipakai maka lebih baik pilih asuransi TLO.
Ê
Selain itu, kecelakaan bukanlah satu-satunya faktor penentu. Tingkat kriminalitas juga perlu dicermati. Kriminalitas di daerah-daerah tertentu terbilang tinggi. Jika Anda tinggal atau sering pergi ke daerah seperti itu maka sebaiknya asuransikan mobil Anda dengan asuransi TLO.
Ê
Jadi, baik asuransi all risk maupun asuransi TLO memiliki kelebihan dan kebaikan masing-masing. Anda bisa mempertimbangkannya sesuai kebutuhan Anda. Untuk memilih asuransi mobil untuk mobil baru, Anda memang harus bisa mempertimbangkan berbagai hal dan sesuai kebutuhan Anda.
Ê

Leave a Reply