Perbandingan Premi Asuransi Kesehatan Keluarga & Individu

Premi asuransi kesehatan

Pilihlah asuransi kesehatan yang tepat untuk diri sendiri ataupun keluarga. Temukan perbandingan antara premi asuransi kesehatan keluarga dengan individu.

 

Asuransi kesehatan tidak hanya dibutuhkan untuk Anda yang sering mengalami penurunan kesehatan, namun asuransi sangat dibutuhkan oleh siapa saja. Anda tidak akan pernah tahu kapan kesehatan Anda akan menurun dan kapan keluarga Anda membutuhkan perawatan kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda setidaknya telah melindungi diri Anda dari segala kemungkinan terburuk di masa depan. Dalam melindungi kesehatan warga negaranya pemerintah pun telah menyediakan asuransi kesehatan dengan biaya terjangkau, yang diberi nama BPJS Kesehatan. Tidak hanya BPJS Kesehatan yang telah booming saat ini, tetapi perusahaan asuransi swasta lainnya pun telah banyak tersebar.

Patut Anda ketahui bahwa asuransi memiliki banyak jenis dan program yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah asuransi kesehatan. Berbicara mengenai asuransi kesehatan, terdapat dua jenis yang membedakannya yaitu asuransi kesehatan keluarga, dan asuransi kesehatan individu. Dari kedua jenis asuransi ini, memiliki beberapa perbedaan yang patut Anda ketahui. Tapi sebelum Anda mengetahui dari perbedaannya, pahami terlebih dahulu satu per satu dari jenis asuransi tersebut.

Asuransi Kesehatan Keluarga

Ini merupakan asuransi kesehatan yang memproteksi Anda dan keluarga, ketika mengalami penurunan kesehatan. Manfaat dari asuransi kesehatan keluarga jenis ini, bahwa dalam 1 polis asuransi dapat mencakup seluruh anggota keluarga.

Misalnya dalam satu keluarga terdiri dari Ayah, Ibu, dan 2 orang anak maka asuransi ini dapat melindungi seluruhnya. Biasanya asuransi ini dapat mencakup nenek dan kakek sekaligus, tetapi hal ini berdasarkan pembicaraan awal ketika Anda hendak membeli Asuransi Kesehatan Keluarga.

BACA JUGA: MEMILIH ASURANSI KESEHATAN YANG BAGUS, INILAH TIPS JITUNYA

Manfaat Asuransi Kesehatan Keluarga

Jika asuransi kesehatan keluarga dapat mencakup seluruh anggota keluarga, selain itu terdapat beberapa manfaat asuransi kesehatan keluarga lainnya yang harus Anda ketahui. Berikut daftarnya:

 

1. Tabungan Kesehatan
Berdasarkan fungsinya bahwa asuransi kesehatan dapat melindungi Anda ketika mengalami penurunan kesehatan, asuransi kesehatan pun memiliki manfaat sebagai tabungan kesehatan keluarga Anda. Dengan Anda membayar rutin dan membayar sesuai dengan premi dalam suatu periode, maka Anda sudah mendapatkan perlindungan kesehatan dimasa kini dan masa mendatang.

Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menabung, mereka terkadang hanya memikirkan kebutuhan saat ini saja. Dengan Anda membeli asuransi kesehatan keluarga, secara otomatis Anda telah menabung.

2. Meringankan Beban
Pada saat Anda dan keluarga membutuhkan perawatan medis, tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat besar. Apalagi jika membutuhkan perawatan khusus, dengan berbagai macam obat yang terbaik. Di sinilah peran dari asuransi kesehatan keluarga, yang dapat meringankan beban biaya perawatan tersebut.

3. Fungsi Rawat Inap
Dengan memiliki asuransi kesehatan, tentunya Anda mendapatkan sejumlah fasilitas perawatan untuk Anda dan keluarga. Mulai dari biaya rumah sakit, biaya melahirkan, biaya uji laboratorium, dan juga biaya darurat lainnya.

4. Penggunaan Rawat Jalan
Asuransi kesehatan keluarga juga bermanfaat untuk pelayanan rawat jalan, yang dapat mencakup pada konsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis.

Asuransi Kesehatan Individual

Jika asuransi kesehatan keluarga mencakup seluruh anggota keluarga dilindungi oleh perusahaan asuransi, sedangkan asuransi kesehatan individu hanya melindungi 1 orang saja. Asuransi jenis ini biasanya diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Anda dapat membeli asuransi kesehatan tersebut di perusahaan asuransi yang telah Anda percaya.

Mengenai manfaat dan fungsinya tidak berbeda dengan asuransi kesehatan keluarga, karena memang fungsi dari asuransi adalah melindungi nasabah atau penanggung ketika mengalami penurunan kesehatan.

Perbandingan Asuransi Kesehatan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan

Individu Berdasarkan perbedaanya antara kedua asuransi kesehatan tersebut terletak dari banyaknya cakupan atau jangkauan yang dimiliki, jika asuransi kesehatan keluarga dapat mencakup seluruh anggota keluarga hingga kakek dan nenek. Maka Asuransi kesehatan individu hanya menlindungi Anda saja atau 1 orang saja.Ê

Selain itu biaya premi yang dikeluarkan oleh asuransi kesehatan keluarga, umumnya lebih mahal dibandingkan dengan asuransi kesehatan individu. Sebab ini berkaitan dengan jumlah orang yang dilindungi oleh perusahaan asuransi tersebut ketika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami penurunan kesehatan.Ê

Dapat ditarik kesimpulan bahwa perbandingan asuransi kesehatan keluarga dengan asuransi kesehatan individu, hanya terletak di biaya premi yang Anda bayarkan setiap bulannya. Jika Anda belum memiliki keluarga, ada baiknya Anda memilih asuransi kesehatan individu. Sedangkan jika Anda telah berkeluarga, tentunya Anda harus memilih asuransi kesehatan keluarga.

Ê
BACA JUGA: BUAT KAMU YANG BELUM TAHU CARA PAKAINYA, INI DIA CARA MENGGUNAKAN BPJS KESEHATANMU

Ê

Leave a Reply