Perbedaan Signifikan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Apa Saja yang Harus Diketahui?

Asuransi


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Pada kenyataannya, perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan tidak sesederhana yang dibayangkan oleh semua orang. Ada banyak perbedaan yang tentunya harus Anda ketahui.

Mungkin secara keseluruhan asuransi jiwa dan kesehatan memiliki perbedaan yang sederhana. Misalnya, asuransi kesehatan melindungi Anda secara finansial dari gangguan penyakit, sedangkan asuransi jiwa melindungi Anda secara finansial jika mengalami kematian akibat hal apa pun. Namun, nyatanya tidak sesederhana itu. Jika dirincikan ada banyak perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan yang mungkin tidak semua orang tahu. Oleh karena itu, melalui artikel ini akan dikupas perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan yang sangat perlu Anda ketahui.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sendiri memiliki beberapa perlindungan yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa poinnya:

  1. Asuransi jiwa akan memberikan perlindungan atas risiko kematian berdasakan premi yang dipilih dan tentunya kesepakatan yang telah diatur dalam polis dan ditanda tangani kedua belah pihak. Anda selaku nasabah dan satu lagi perusahaan asuransi jiwa yang terkait.
  2. Untuk harga premi biasanya akan ditentukan oleh jumlah usia Anda. Makin tua, uang preminya pun makin tinggi dan begitu pun sebaliknya.
  3. Proteksi asuransi jiwa bisa bermanfaat bagi keluarga yang masih hidup, yang akan terpengaruh secara finansial jika pemegang polis meninggal dunia. Artinya manfaat asuransi sebenarnya dirasakan bukan oleh tertanggung secara langsung, tapi keluarga yang ditinggalkan. Dalam hal ini ahli waris yang sudah dicantumkan di polis.
  4. Uang pertanggungan bisa tidak dibayarkan karena dua hal. Pertama, jika melanggar ketentuan polis, misalnya melakukan percobaan bunuh diri. Kedua, perlindungannya tidak diberikan karena termasuk pengecualian, misalnya melakukan olahraga berbahaya atau pekerjaan yang memiliki risiko besar.

Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jenis ini sering disebut dengan term life insurance, jadi asuransi ini juga bisa memberikan perlindungan dalam periode waktu yang telah disepakati antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. Contohnya saat Anda ingin terikat dengan produk ini dalam waktu 10 atau 15 tahun, maka otomatis selama periode ini jiwa Anda juga sudah terlindungi. Bila si pemegang polis meninggal sebelu masa aktif polis berakhir, maka ahli waris yang ditunjuk akan mendapatkan uang pertanggungan. Kemudian setelah melewati jangka waktu yang sudah disepakati, maka pertanggungan telah selesai dan berakhir juga masa kontrak antara perusahaan asuransi dan si pemegang polis.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup atau nama lainya ada whole life insurance memiliki sistem untuk memberikan perlindungan kepada nasabah selama hidup tertanggung hingga umur 99 atau 100 tahun. Jika polisnya selalu aktif dengan cara membayar premi maka pihak tertanggung juga akan mendapatkan perlindungan. Tapi dengan catatan, untuk melindungi cacat tetap biasanya berakhir pada usia tertentu yaitu 60 tahun.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna merupakan jenis asuransi yang terdiri dari dua bagian, yaitu sebagai perlindungan jiwa dan juga tabungan. Pada bagian perlindungan jiwa asuransi ini bisa memberi cakupan perlindungan atas kematian dan cacat tetap. Sedangkan untuk bagian tabungan, asuransi ini sangat berguna untuk mengumpulkan dana yang bisa digunakan di kemudian hari bisa untuk investasi, pendidikan anak, hingga hari tua.

Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi unit link pada sistemnya tak jauh berbeda dari asuransi jiwa dwiguna, letak perbedaannya terdapat pada fungsi investasi. Jadi, premi yang telah Anda bayarkan setiap bulannya selain untuk melindungi jiwa juga bisa digunakan sebagai modal investasi oleh perusahaan asuransi. Sehingga setiap bulannya si pemegang polis bisa mendapatkan laporan investasi, selain itu bisa juga mendapatkan imbal dari hasil investasi tersebut yang umumnya diberikan lebih kecil daripada investasi langsung.

Asuransi Kesehatan

Jika di atas sudah dijelaskan manfaat yang akan diberikan jika Anda memiliki asuransi jiwa, berikut ini akan dijelaskan manfaat dan jenis apa saja yang akan diberikan oleh asuransi kesehatan.

  1. Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan biaya perawatan kesehatan. Manfaat yang didapat beragam mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga tindakan operasi, sesuai kentuan polis yang sudah disepakati sebelumnya.
  2. Berbeda dengan asuransi jiwa, untuk asuransi kesehatan dirasakan sendiri oleh tertanggung yang tercantum di polis. Jadi hanya pemegang polis akan mendapat sejumlah penggantian biaya jika dirinya sakit. Kecuali, pemegang polis menambahkan penanggungan, yaitu anak dan istri di dalam polis.
  3. Harga preminya biasanya tergantung pada riwayat kesehatan tertanggung. Jika saat cek kesehatan ditemukan risiko sakit yang tinggi, biaya preminya pun makin tinggi.
  4. Uang pertanggungan bisa tidak dibayarkan karena dua hal. Pertama, jika melanggar ketentuan polis, misalnya menyembunyikan riwayat sakit tertentu. Kedua, perlindungannya tidak diberikan karena termasuk pengecualian, misalnya sakit kritis seperti jantung atau kanker.

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan murni adalah sebuah bentuk asuransi yang berupa perlindungan terhadap kesehatan yang ada pada polis. Jadi, asuransi ini merupakan sebuah jaminan khusus untuk kesehatan Anda. Menggunakan program asuransi ini merupakan program berjangka tahunan, yang banyak sekali kemudahan yang didapat. Seperti saat Anda merasa nyaman dan cocok, Anda bisa melanjutkan dan perpanjang. Tapi jika tidak merasa nyaman, bisa berhenti dari layanan asuransi ini saat masa berlakunya sudah habis. Jadi, jumlah total premi yang telah Anda bayarkan perbulan hanya untuk menjamin kesehatan saja bukan sebagai investasi.

Adapun kelebihan dari asuransi kesehatan murni ini, yaitu periode polis atau jaminan bisa bersifat tahunan. Hal ini membuat Anda bisa menentukan sendiri periodenya, apakah ingin meneruskan atau menghentikan asuransi tersebut. Ini berlaku saat waktu polisnya sudah habis. Keunggulan lainnya adalah asuransi kesehatan murni juga memiliki premi yang cukup rendah dan sangat cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan cukup, tetapi ingin memiliki perlindungan asuransi.

Berbicara mengenai kelebihan pasti ada juga mengenai kekurangan, yaitu periode polis yang bersifat tahunan sehingga perusahaan asuransi juga berhak untuk tidak memperpanjang asuransi tersebut. Jadi, hal ini bisa juga menjadi kerugian bagi Anda ketika tiba-tiba menderita penyakit kronis yang berdampak besar pada risiko kesehatan. Jika hal ini terjadi maka Anda harus membayar sendiri seluruh biaya penyakit tersebut tanpa jaminan dari perusahaan asuransi.

Asuransi Kesehatan Berinvestasi

Pada asuransi kesehatan berinvestasi yaitu asuransi yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk bisa menabung dan memperoleh keuntungan yang lebih. Manfaat asuransi ini tidak hanya untuk menjamin kesehatan saja, tentunya ada sejumlah uang yang bisa Anda cairkan untuk program biaya hari tua.

Hal ini yang bisa membuat sebagian besar orang yang beli asuransi lebih tertarik dengan program yang ada dalam investasi ini. Keuntungan yang didapat dari asuransi ini, yaitu periode polis yang memiliki jangka panjang sejalan dengan proteksi asuransi jiwa. Tak hanya itu, asuransi kesehatan dari investasi ini juga memberikan perlindungan secara penuh yang mampu menjamin kehidupan Anda hingga hari tua nanti. Mungkin hal yang menyangkut kekurangannya adalah biaya premi yang cukup besar. Tapi ini sebanding dengan yang akan Anda dapatkan nanti.

Comments are closed.