Perhatikan Persiapan Keuangan Bila Mau Menikah Tahun Ini

Seringkali menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan pernikahan membuat calon mempelai stress. Bagi pria stress yang dirasakan sering berdampak pada pekerjaannya. Simak tips menjelang pernikahan bagi pria berikut!

Asuransi

Pernikahan merupakan momen istimewa dalam hidup seseorang. Banyak sekali dari Anda yang berusaha untuk mempersiapkan diri secara mental dan finansial sebelum mengikatkan dirinya terhadap tali abadi pernikahan bersama sang pasangan.Ê
Ê
Bagi kaum Adam, melangkah ke jenjang pernikahan dengan segala persiapannya dapat membuat mereka stres dan pusing. Oleh karena itu, berikut ini ada berbagai ulasan mengenai pernikahan dan tips menjelang pernikahan bagi pria yang perlu Anda ketahui!
Ê

Menikah

Menikah adalah suatu upacara pengikatan janji untuk menikah yang dilaksanakan oleh dua orang dengan meresmikan ikatan pernikahan. Pada dasarnya, pernikahan adalah menerima perbedaan. Beberapa perbedaan mungkin sudah bisa terlihat saat berpacaran, tapi perbedaan lainnya akan muncul setelah Anda menikah.Ê
Ê
Untuk itu, banyak sekali dari Anda yang berusaha untuk mempersiapkan diri baik secara mental maupun finansial sebelum mengikatkan dirinya terhadap tali abadi pernikahan bersama sang pasangan. Maka dari itu, Anda tentu akan sibuk mengatur keuangan sejak dini sebelum menikah serta melakukan perencanaan keuangan dan persiapan mental secara matang.
Ê
Ê

Tips Menjelang Pernikahan Bagi Pria

Bagi kebanyakan pria, menyiapkan berbagai hal menjelang pernikahan sering membuat stres. Padahal momen ini seharusnya merupakan momen istimewa yang dipersiapkan secara sukacita. Selain itu, menyiapkan persiapan untuk pernikahan bersama wanita Anda tentu selayaknya dipenuhi rasa bahagia.Ê
Simak tips menjelang pernikahan bagi pria berikut agar Anda tetap ceria dalam menyiapkan keperluan pernikahan:

1. Komitmen

Komitmen merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan. Ini menjadi salah satu tips menjelang pernikahan bagi pria, karena sebagai bentuk kesadaran pria bahwa ketika menikah komitmen merupakan hal utama.
Ê
Masalah komitmen ini harus harus dibicarakan sebelum pernikahan dilakukan, terutama mengenai bagaimana pasangan Anda memandang komitmen pernikahan serta apakah dia benar-benar sudah siap memegang komitmen tersebut.
Ê

2. Tujuan Pernikahan

Hal ini juga harus dipersiapkan menjelang pernikahan, karena sebagai kepala keluarga, pria harus memastikan tujuan dan cita-cita pernikahannya bersama pasangan.
Ê
Tentukan dan bicarakanlah dengan pasangan mengenai apa yang Anda berdua inginkan dari pernikahan Anda. Anda dan pasangan juga harus saling mengerti dan memahami cita-cita masing-masing dari pernikahan, tentunya sebelum pernikahan dilakukan.
Ê

3. Siapkan Dana Tabungan dan Investasi Bersama Pasangan

Pada dasarnya, dana tabungan dan investasi untuk pernikahan tidak wajib hanya pria yang menyiapkan. Jadi Anda tidak perlu stres untuk masalah ini. Bicarakanlah dengan pasangan mengenai dana tabungan, investasi, dan pengelolaan keuangan saat menikah.
Ê
Mungkin ada baiknya Anda berdua merencanakan untuk menyisihkan dana dan membeli investasi untuk ditabung atas nama Anda berdua. Sisihkan dana awal sebesar 25% – 40% untuk tabungan ini.
Ê
Selain itu, ingatlah untuk selalu berkomitmen dalam mempersiapkan dana tabungan dan investasi, yang tentunya akan berguna bagi keluarga Anda di kemudian hari.
Ê

4. Pesta Pernikahan

Berbagai keperluan pesta pernikahan juga kerap kali membuat pria pusing. Tips menjelang pernikahan bagi pria ini dapat membantu Anda mengatasinya. Pertama, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan.
Ê
Bicarakanlah semua yang menjadi perhatian Anda, mulai dari biaya pesta pernikahan sampai dengan keperluan untuk pesta. Lalu diskusikan, apakah Anda dan pasangan akan menanggung biaya pesta pernikahan dengan membaginya secara separuh bersama pasangan atau dengan cara lain.Ê
Ê
Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan pesta pernikahan jauh-jauh guna meminimalisir budget yang akan Anda keluarkan.
Ê

5. Tempat Tinggal

Masalah tempat tinggal juga menjadi salah satu hal yang membuat kaum Adam stress menyiapkan pernikahan. Hal ini karena begitu Anda mengikatkan diri dengan tali pernikahan maka Anda membutuhkan tempat tinggal.
Ê
Bicarakanlah dengan pasangan, apakah Anda berdua lebih memilih untuk menyewa apartemen, mengontrak rumah atau membeli rumah sendiri. Lalu, hitunglah budget yang tersedia.
Ê
Hitung juga apakah keputusan Anda mengenai tempat tinggal tersebut mengganggu budget untuk keperluan lainnya.
Ê

6. Bicarakan Urusan Keuangan dengan Calon Istri

Tips menjelang pernikahan bagi pria yang terakhir adalah bicarakan urusan keuangan dengan calon istri. Bicaralah secara transparan mengenai penghasilan Anda dengan calon istri, kemudian buatlah kesepakatan urusan keuangan setelah menikah nantinya.
Ê
Jadi, semuanya harus transparan demi menjaga kelancaran hubungan pernikahan Anda berdua, termasuk juga mengenai urusan keuangan.
Ê

Persiapan Keuangan Bila Mau Menikah Tahun Ini

Menyiapkan keuangan agar menikah tahun ini memang terlihat sulit. Tapi, tenang saja berikut ini tips agar Anda tetap bisa melangsungkan pernikahan tahun ini! Bagi Anda yang ingin menikah tahun ini, Anda bisa mulai menyiapkan keuangan dengan cara berikut ini:

1. Memisahkan alokasi gaji untuk pernikahan.

Jika Anda ingin menikah tahun ini, maka Anda hanya punya hitungan wkatu yang sedikit. Lalu, bagaimana cara menyiapkan keuangan dengan waktu yang cenderung singkat ini? Pertama, alokasikan gaji untuk pernikahan. Karena waktu pernikahan yang sudah dekat, usahakan mengalokasikan lebih besar untuk kebutuhan pernikahan dibanding kebutuhan lain yang masih bisa ditunda.
Ê

2. Batasi pengeluaran untuk kencan dan acara senang-senang lainnya.

Batasilah pengeluaran Anda yang tidak penting dan menabunglah untuk menambah tabungan pernikahan Anda. Ingatlah selalu bahwa jika Anda ingin menikah tahun ini Anda harus berkomitmen untuk menyiapkan segera
mungkin, jadi kurangilah acara senang-senang dan pengeluaran tidak penting lainnya.
Ê

3. Carilah pekerjaan tambahan untuk tabungan pernikahan

Anda bisa mencari pekerjaan tambahan atau freelance untuk menambah tabungan pernikahan Anda. Berkomitmen untuk menikah tahun ini maka Anda harus siap untuk lebih giat berjuang menyiapkan biaya pernikahan.
Ê

4. Mencicil membeli perabot rumah yang murah.

Mulailah untuk mencicil perabot rumah yang murah. Anda bisa berburu perabot rumah murah jika ada bazar atau diskon. Dengan demikian, Anda juga turut menyiapkan kebutuhan finansial karena mampu menghemat untuk membeli perabot rumah.
Ê
Tips ini akan membantu Anda dalam menyiapkan keuangan Anda bila Anda mau menikah tahun ini. Karena dana Anda tentu lebih terkelola dengan baik. Persiapkanlah semua kebutuhan pernikahan Anda dengan sebaiknya. Tapi, kelola sebaik mungkin agar tidak membuat Anda berdua stres.
Ê
Momen bahagia ini tentu akan menjadi kenangan istimewa dengan persiapan yang baik. Tips menjelang pernikahan bagi pria di atas tentu akan membantu Anda.
Ê

Leave a Reply