Persiapan Masa Pensiun untuk Hari Tua yang Lebih Tenang

Masa persiapan pensiun akan otomatis membuat Anda tidak aktif bekerja seperti dulu lagi. Masa-masa ini biasanya dimulai pada usia di atas 50 tahun, setelah semua pekerjaan sebagai karyawan di kantor mulai berkurang

Asuransi

Persiapan Masa Pensiun

Ketika masa pensiun datang, pastinya Anda ingin melakukan hal yang menyenangkan. Seperti liburan ke tempat seru, bermain bersama cucu, ataupun sekadar menghabiskan waktu dengan teman-teman lama.
Masa pensiun akan sangat menyenangkan jika Anda rencanakan dengan sangat matang. Walaupun Anda saat ini masih belum memikirkan untuk pensiun, ada baiknya untuk memikirkan hal ini mulai dari sekarang.

Lengkapi Kebutuhan Masa Persiapan Pensiun Anda

Rencanakan persiapan masa pensiun Anda dengan indah. Pikirkan apa yang Anda inginkan ketika masa pensiun Anda datang agar semua keinginan tercapai. Bagaimana cara agar pensiun sama dengan liburan setiap hari? Lakukan beberapa trik berikut ini:

1. Alokasikan Gaji Sebesar 20% untuk Menabung

Sejak kecil, Anda mungkin sudah diajarkan untuk menabung oleh orang tua. Kebiasaan baik ini memiliki segudang manfaat yang bisa diambil. Dengan menabung, Anda bisa mengatur persiapan pensiun dan mewujudkan mimpi Anda.
Dana persiapan masa pensiun akan menjadi penolong saat Anda hendak melakukan kegiatan setelah tidak lagi produktif. Bisa melakukan liburan kapanpun yang Anda mau dan memiliki bisnis baru bersama keluarga sekarang bisa diwujudkan.

2. Investasikan 10 % Dari Gaji

Lebih baik berinvestasi dalam angka kecil yang dimulai dari sekarang dibandingkan dengan berinvestasi dalam jumlah besar dan sudah mendekati waktu Anda pensiun. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.
Mulai sisihkan 10% dari penghasilan Anda. Lakukan investasi dalam skala kecil seperti membeli logam mulia atau jual beli saham. Saat Anda telah melakukan investasi ini cukup lama, maka percayalah, hasil yang akan Anda nikmati dari persiapan masa pensiun ini juga tidak akan sedikit.

3. Jangan Boros

Sebagai karyawan, sudah tentu Anda akan mendapatkan balas jasa atas pekerjaan Anda setiap bulannya secara berkala. Namun, bukan berarti Anda bisa menghabiskannya semuanya sesuka hati Anda.
Alokasikan pendapatan yang Anda terima secara bijak. Pastikan pos-pos kebutuhan terpenuhi seluruhnya dan gunakan sesuai dengan kegunaan yang telah ditentukan agar persiapan masa pensiun dapat tercapai sebelum waktunya.

4. Atur Cicilan dan Keinginan

Jika Anda menginginkan memiliki barang tertentu, seperti gadget atau tas branded, Anda pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan uang kemudian membeli hal tersebut. Lakukan hal yang sama saat memenuhi dana persiapan masa pensiun.
Mulailah membuat anggaran pengeluaran setiap bulannya. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 10% dari gaji agar keinginan belanja tidak merajai pikiran Anda. Saat Anda mulai goyah, pikirkanlah masa pensiun yang gemilang, yang telah didamba-dambakan selama ini.

5. Persiapkan Dana Darurat

Melakukan persiapan masa pensiun di kemudian hari berarti juga memikirkan untuk mempertimbangkan dana darurat. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada diri Anda di kemudian hari.
Persiapkan dana darurat untuk mengantisipasi risiko dan kemungkinan buruk yang bisa menimpa Anda, kapanpun dan di manapun. Sebagaimana halnya asuransi, dana darurat juga harus Anda miliki untuk ketenangan hidup saat masa pensiun Anda tiba.
Mengatur keuangan pada masa persiapan pensiun menjadi kunci utama dalam menentukan pensiun yang gemilang. Anda harus bisa menerapkan triknya dalam kehidupan Anda sehari-hari. Hal terpenting adalah bulatkan tekad agar Anda dapat liburan setiap hari setelah pensiun.

Leave a Reply