Persiapan Persalinan: Lebih Baik Menabung atau Menggunakan Asuransi?

Asuransi

Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk persiapan persalinan. Bukan hanya mental saja, tetapi ada hal lain yang tidak kalah penting, contohnya finansial.

Menantikan kelahiran sang buah hati apalagi ini merupakan anak pertama, tentunya sangat ditunggu-tunggu. Anda sebagai orang tua, pasti sudah mempersiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan untuk proses persalinan. Mulai dari mental, perlengkapan bayi dan ibu, rumah sakit yang nantinya akan menjadi tempat persalinan, dan tentunya biaya.

Berbicara biaya persalinan, semakin hari tentunya samakin mahal. Anda tidak perlu heran karena semakin hari teknologi semakin canggih dan berdampak pada biaya yang mahal. Untuk urusan persalinan, tentunya Anda harus sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Bahkan kalau perlu Anda sudah membuat anggaran biaya persalinan, meskipun istri belum positif hamil. Mengapa demikian? Hal ini supaya ketika proses lahiran tiba, Anda sudah tidak perlu memusingkan biaya persalinan tersebut.

Namun, ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan biaya persalinan. Pertama dengan menabung atau memiliki asuransi. Ini tentu dua hal yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaannya.

Menabung

Untuk cara yang ini tentunya masih banyak diminati oleh masyarakat. Anda bisa menysisihkan beberapa eprsen dari gaji per-bulannya untuk keperluan melahirkan nanti. Jika Anda memilih untuk menabung, pastinya Anda sudah memiliki estimasi berapa biaya yang harus dipersiapkan. Bukan hanya untuk persiapan persalinan saja, tetapi kebutuhan paska persalinan yang memang harus Anda persiapkan juga. Ada banyak trik yang bisa Anda lakukan supaya tabungan persalinan berjalan dengan lancar dan nanti pas hari H tidak kekurangan satu pun. Anda bisa membuat list pengeluaran rutin dan mulai sekarang ditambah dengan tabungan untuk persalinan. Otomatis ada biaya lain yang diminimalisirkan. Jika Anda dan istri sama-sama bekerja, tentunya ini menjadi keuntungan besar karena biaya tabungan per-bulannya bisa lebih besar dan kemungkinan untuk cepat trkumpulnya lebih cepat. Namun, kekurangan dari sistem menabung ini, uang tersebut bisa saja digunakan untuk keperluan lain jika Anda dalam kondisi mendesak.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

persiapan persalinan

Memiliki Asuransi

Ada cara lain yang sedkit lebih aman dana tentunya bisa membuat Anda lebih tenang, yaitu memiliki asuransi untuk persiapan persalinan. Asuransi persalinan ini sangat cocok untuk Anda pilih jika Anda dan pasangan memang sudah merencanakan kehamilan daari jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan, nasabah yang ingin mendaftar untuk memiliki asuransi kehamilan ini harus menunggu 9-12 bulan supaya dana bisa diporses. Selain dari segi teknis, tentunya dengan memiliki asuransi, Anda akan jauh lebih tenang dan tidak perlu panik jika uang simpanan terpakai. Pasalnya semua biayanya akan dicover oleh perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan membayar mayoritas biaya-biaya persalinan tersebut, dan Anda selaku pemegang polis cukup mebayar biaya minumnya saja. Tentunya ini cukup mudah dan aman kan? Dibandingkan Anda harus menabung dan belum tentu biaya persalinan yang Anda hadapi sama dengan prediksi.

Baca Juga: Persiapan Keuangan Keluarga untuk Kelahiran Bayi

Leave a Reply