Pertanyaan Asuransi yang Harus Ditanyakan Agar Tidak Tertipu

Asuransi

Sebelum membeli asuransi, pastinya ada beberapa pertanyaan yang terbersit dalam pikiran Anda. Seperti apakah asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda? Apakah asuransi yang Anda pilih dari perusahaan terbaik? dan beberapa pertanyaan lainnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap perusahaan dan produk asuransi memiliki keuntungan dan juga kekurangannya masing-masing. Semua itu dapat disesuaikan pada kebutuhan dan keinginan Anda sebagai calon pembeli. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Berdasarkan kebutuhan tersebut, Anda bisa menentukan produk asuransi mana yang akan dipilih. Selain itu, kejelian dan juga kritis bertanya menjadi salah satu cara yang harus dilakukan sebelum membeli.

Sebagai calon nasabah, apalagi jika Anda baru pertama kali membeli asuransi, penting rasanya untuk melontarkan beberapa pertanyaan asuransi yang ingin dibeli. Baik itu seputar perusahaan, jenis-jenis asuransi, manfaat yang akan Anda terima, proses klaim jika terjadi sesuatu, dan beberapa hal lainnya yang memang harus Anda ketahui. Hal ini dilakukan agar di kemudian harinya, Anda tidak merasa tertipu dikarnakan tidak teliti saat ketika membeli. Kalau begitu, apa saja pertanyaan asuransi yang harus ditanyakan ketika Anda berencana membeli asuransi?

Cari Tahu Pertanyaan Asuransi yang Sering Ditanyakan!

Pertanyaan-pertanyaan ini memang perlu ditanyakan karena sebenarnya membeli asuransi sangatlah menguntungkan. Saat Anda merasa tertarik pada suatu perusahaan asuransi dan ingin beli asuransi, baik itu asuransi mobil, kesehatan, perjalanan, atau kecelakaan diri pastikan pertanyaan-pertanyaan pada daftar ini ditanyakan terlebih dahulu kepada agen asuransi.

Baca juga: Perbedaan Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Bagaimana Rekam Jejak Perusahaan Asuransi Tersebut?

Salah satu indikasi dari perusahaan asuransi yang sehat adalah keuangannya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk Anda mencari tahu laporan keuangan tahunan dan juga rekam jejak dari perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut termasuk ke dalam salah satu perusahaan terbaik di Indonesia, apa saja penghargaan yang sudah diraih selama ini, dan beberapa hal penting lainnya yang harus Anda ketahui.

Selain itu, Anda juga perlu lihat siapa saja pemegang saham saat ini. Bagian mana pemengang saham terbesar-nya dan bagaimana perkembangan perolehan premi asuransi dari perusahaan tersebut. Apakah perusahaan aktif bergerak dan melakukan penetrasi market atau cenderung pasif namun perolehan premi besar dan dari mana perolehan preminya? Kalau ternyata perolehan premi besar namun Anda tidak melihat adanya aktifitas perusahaan tersebut, maka ada kemungkinan bahwa perolehan premi tersebut berasal dari anak perusahaan atau group perusahaan tersebut.

Apakah Produk atau Program Asuransi yang Ditawarkan Sesuai dengan Kebutuhan Anda?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa produk asuransi banyak ragamnya. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatanperjalanan, asuransi mobil, dan lain-lainnya. Setiap asuransi tersebut memiliki program dan produk yang berbeda-beda. Berdasarkan fakta ini, Anda bisa tanyakan apa dampak dan manfaat produk asuransi yang ditawarkan agen asuransi untuk Anda. Seorang agen asuransi yang baik biasanya selalu sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang Anda lontarkan dan memiliki niat baik untuk membantu Anda mengetahui produk-produk asuransi yang mereka tawarkan.

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dibuat oleh pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah yang mengajukan asuransi (tertanggung). Dalam isi perjanjian tersebut menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan, misalnya keuntungan yang didapatkan oleh si tertanggung. Selain itu di dalam polis juga tertera berapa besar biaya klaim yang bisa Anda dapatkan serta jumlah premi yang harus dibayarkan perbulan atau pertahunnya. Dengan adanya polis, maka kedua belah pihak akan terikat dan harus melakukan kewajiban yang tertera di dalamnya hingga masa polis berakhir. Jika ada salah satu pihak yang tidak memenuhi kewajibannya, maka si korban bisa memperkarakan kasus ini ke pihak yang berwenang karena polis asuransi menjadi bukti tertulis yang sah dan kuat di mata hukum.

Fungsi Polis untuk Nasabah Asuransi

  1. Polis menjadi alat bukti tertulis atas jaminan berupa sejumlah uang pertanggungan dari berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung. Pastikan kerugian tersebut sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.
  2. Polis juga menjadi bukti pembayaran sejumlah premi yang sesuai dengan polis dan telah diberikan kepada pihak perusahaan asuransi selaku penanggung.
  3. Polis menjadi bukti paling otentik untuk menuntut penanggung, jika sewaktu-waktu penanggung tidak dapat memenuhi jaminan yang menjadi yang diberikan. Padahal risiko tersebut termasuk ke dalam kerugian yang akan ditanggung.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Pada Polis Asuransi yang Anda Miliki?

Perhatikan ini! Sebagai agen yang baik, pasti akan menjelaskan secara detail tentang polis asuransi yang telah Anda beli. Mulai dari risiko yang dijamin, risiko yang dikecualikan, prosedur klaim, kondisi yang dapat merugikan nasabah, hingga poin-poin lainnya, seperti revisi kontrak. Polis asuransi biasanya menggunakan bahasa hukum. Inilah penyebab para nasabah enggan untuk membacanya. Padahal membaca polis sangatlah diharuskan, mengingat polis asuransi akan menjembatani kepentingan dari pihak perusahaan asuransi dengan nasabah itu sendiri. Untuk memahami isi di dalam polis asuransi, Anda bisa meminta penjelasan dari pihak asuransi mengenai masing-masing poin agar benar-benar mengerti hal-hal yang tertera di dalam polis asuransi.

Bagaimana Jika Anda Tidak Membayar Premi Asuransi Tepat Waktu?

Pertanyaan ini penting untuk diajukan sebelum Anda membeli jasa asuransi suatu perusahaan. Bagaimana jika Anda terjebak dalam situasi utang dan Anda tidak dapat membayar premi tepat waktu? Tanyakan juga tentang masa tenggang perusahaan asuransi yang ditawarkan dalam konteks ini, karena idealnya sebuah perusahaan akan menawarkan masa tenggang sekitar enam puluh hari. Jadi keraguan Anda akan menjadi jelas mengenai hal ini.

Apa Saja Manfaat yang Didapatkan?

Tujuan Anda membeli asuransi tentu ingin mendaptkan perlindungan dari kejadian-kejadian tak terduga dan setiap produk asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda menanyakan apa saja manfaat dari produk asuransi yang ingin Anda miliki. Apakah semua hal-hal yang Anda butuhkan ada di dalam asuransi tersebut.

Baca juga: Pilihan Investasi Jaminan Hari Tua: Sudahkah Anda Merencanakan?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Berapa Lama Masa Aktif produk Asuransi?

Pada umumnya, setiap produk asuransi memiliki masa aktif satu tahun, tetapi tidak semua jenis produk asuransi memiliki masa aktif yang sama. Contohnya, asuransi perjalanan yang masa aktifnya hanya berlaku selama Anda melakukan perjalanan Anda.

Itulah pernyataan-pernyataan yang wajib Anda tanyakan sebelum membeli asuransi. Namun, jika Anda memiliki pertayaan lain diluar ini, Anda boleh mempertanyakan semua yang dirasa masih membingungkan sebelum nantinya Anda merasa tertipu atau dipermainkan.

Comments are closed.