4 Langkah Mudah Merawat Penyakit Diabetes

Asuransi KesehatanHealth

Merawat penyakit diabetes itu tidak sulit yang dibayangkan. Ada langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan sendiri agar penyakit ini bukan menjadi hal yang menakutkan.

Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun, meskipun begitu Anda yang mengidap penyakit diabetes tidak boleh putus asa. Bukan berarti Anda mengindap penyakit diabetes semua kegiatan dan kebahagiaan Anda hilang begitu saja. Jika ada yang berpikir seperti itu, tentu salah besar dan harus dibuang jauh-jauh.

Menderita diabetes bukan berarti hidup Anda hancur dan tidak bisa lagi melakukan hal-hal yang Anda inginkan. Anda masih bisa melakukan semua yang Anda inginkan kok. Namun, memang ada beberapa yang harus dibatasi bahkan dihilangkan, salah satunya mengaja pola hidup. Anda yang sudah didiagnosa menderita penyakit diabetes, meskipun masih ringan, tetap saja harus menjaga pola hidup menjadi lebih sehat lagi. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat penyakit diabetes.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sebenarnya mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya untuk orang yang mengidap penyakit diabetes saja, tetapi Anda yang kondisi tubuhnya masih sehat bugar pun perlu memulai hidup sehat. Namun, bedanya untuk merawat penyakit diabetes pola makannya harus teratur seperti terapi nutrisi medis. Anda harus mengkonsumsi makanan bergizi, rendah lemak, kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah. Lalu, jenis makanan apa yang harus dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang cocok untuk merawat penyakit diabetes, seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, sayuran yang direbus atau dikukus, ganti gula dengan pemanis rendah kalori, dan buah-buahan yang segar. Ada keuntungan yang lebih jika Anda mengkonsumsi makanan sehat. Selain untuk menjaga kaddar gula darah, Anda juga bisa menjaga berat badan dan mendegah penyakit jatung.

Olahraga Teratur

Untuk merawat oenyakit diabetes tentu olahraga yang teratur menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Sebab, manfaat dari olahraga untuk Anda penderita diabetes adalah membantu menjaga beran badan turun, menurunkan gula darah dengan mudah, serta membantu jantung dan paru-paru agar bekerja dengan baik.  Tidak perlu berat-berat dalam melakukan olahraga. Anda bisa memulai dengan berlari kecil disekililing rumah, bersepeda, berenang, atau rajin membersihkan rumah pun menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan.

Periksa Gula Darah Setiap Hari

Kambuh atau tidaknya penyakit Anda didasari dari gula darah. Oleh karena itu, dalam merawat penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk Anda memeriksa atau mengetes kadar gula darah setiap hari. Sebab, jumlah kadar gula yang dihasilkan dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. kadar gula yang tinggi tentu bisa menjadi petanda bahwa tubuh Anda dalam kondisi yang kurang prima.

Minum Obat Secara Rutin

Jangan pernah menyepelekan obat-obatan yang diberikan dokter. Tentu dengan meminum obat secara rutin termasuk salah satu cara untuk merawat penyakit diabetes Anda. tujuan dari mengkonsumsi obat ini untuk mengatasi pertumbuhan pesat penyakit Anda, memertahankan keseimbangan kadar gula darah, dan juga meminimalisirkan risiko komplikasi.

Comments are closed.